Kenali Misalignment Poros Roda dan Cara Menanganinya

29/11/2018| Fatchur Sag

Apakah Anda pernah merasakan mobil yang terasa bergoyang ketika Anda sedang berkendara di jalan? Kalau iya, hal tersebut jelas-jelas menandakan ada masalah pada komponen mobil Anda, seperti masalah pada mesin, rem yang terlalu keras, kondisi permukaan ban yang tidak mulus lagi, maupun masalah pada roda mobil Anda. Dan dari berbagai masalah penyebab timbulnya perasaan bahwa mobil Anda bergoyang saat melaju di jalan, salah satunya adalah adanya masalah misalignment poros roda mobil, alias poros roda yang tak lagi sejajar.

Foto poros roda mobil

Kondisi poros roda mempengaruhi kondisi kendaraan dan kenyamanan berkendara

Sekilas Tentang Misalignment pada Poros Roda Mobil

Adanya misalignment poros roda atau masalah lainnya pada komponen yang sama akan menimbulkan adanya gesekan antara roda dengan komponen mobil yang lainnya. Dan jika kendaraan Anda bawa melaju di kecepatan yang tinggi, kondisi tersebut akan menjadi semakin parah.

Ada berbagai alasan mengapa misalignment pada poros roda mobil terjadi, seperti efek dari tabrakan. Karena itulah Anda yang sudah berniat untuk membeli mobil bekas wajib bermata jeli dan teliti agar Anda dapat mengenali tanda-tanda mobil bekas tabrakan supaya tidak dirugikan di kemudian hari. Sebab, masalah poros roda mobil yang tak sejajar jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah yang dapat membahayakan keselamatan Anda sendiri!  Apalagi goyangan atau getaran pada mobil yang diakibatkan masalah ini akan meningkat begitu kecepatan mobil juga bertambah. Karena itu, masalah ini harus diperhatikan sungguh-sungguh ketika Anda akan membawa mobil berkendara untuk perjalanan jarak jauh, seperti ketika mudik. Apalagi jika Anda melewati jalan tol, di mana Anda pasti akan melajukan kendaraan pada kecepatan tinggi.

>>> Ketahui Penyebab Mobil Goyang dalam kecepatan tinggi

Gambaran kondisi poros roda

Gambaran efek misalignment

Gambaran kondisi misalignment dan efeknya terhadap ban mobil

Faktor lain yang dapat memicu mobil bergetar atau bergoyang karena misalignment poros roda mobil adalah kondisi garden mobil. Hal ini dikarenakan perputaran garden yang cepat untuk memberi dorongan pada as roda. Apabila bentuk garden tak lagi normal, maka getaran atau goyangan yang muncul saat mobil dikendarai pun jadi terasa. Karena itu, ketika Anda melakukan servis rutin, jangan lupa untuk mengecek kondisi gardannya juga. Atau, Anda bisa belajar sendiri bagaimana cara memeriksa dan bahkan memperbaiki garden mobil agar dapat Anda lakukan sendiri jika sewaktu-waktu kondisinya darurat dan bantuan teknisi bengkel sulit untuk diperoleh.

>>> Analisa Kerusakan Gardan, Bunyi Dengung Yang Bikin Bingung

Menangani Masalah Poros Roda Mobil

Untuk mengatasi masalah tersebut, jangan lupa untuk melakukan jenis perawatan khusus untuk roda mobil Anda, yaitu spooring dan balancing. Untuk poros roda sendiri, balancing adalah perawatan yang dibutuhkan.

Foto seorang mekanik menggunakan alat khusus

Mendeteksi kondisi poros roda bisa dilakukan dengan sistem komputerisasi

Balancing merupakan proses di mana seluruh roda, baik kanan-kiri maupun depan-belakang, diseimbangkan supaya mobil dapat berjalan lurus ketika setir lurus ke depan, bukannya belok ke kanan atau ke kiri. Untuk mengatasinya, Anda bisa percayakan pada teknisi yang sudah terpercaya dan profesional. Teknisi nantinya akan memasang sensor pada keempat roda, kemudian sensor tersebut bekerja kala mesin dinyalakan. Setir mobil lantas akan dimainkan oleh teknisi, yang juga memperhatikan posisi roda mobil yang ditampilkan di sebuah layar. Hal ini dilakukan untuk memutuskan seperti apa setting poros roda dan setir yang perlu dilakukan agar kembali sejajar atau lurus lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa proses balancing dapat dilakukan hanya apabila kondisi kaki-kaki roda mobil Anda masih kokoh dan baik, alias tidak ada kerusakan. Jika terdapat kerusakan, maka proses balancing belum bisa dilakukan karena perbaikan atau penggantian onderdil kaki roda yang dibutuhkan harus dilakukan terlebih dahulu. Baru setelah itu proses balancing baru dapat dilakukan.

>>> Inilah Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring Dan Balancing

Foto mobil sedang spooring balancing

Spooring untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International