Kenali Berbagai Komponen yang Jadi Penyusun Aki Mobil

07/03/2019| Fatchur Sag

Bagi Anda yang tertarik dalam dunia otomotif, seperti mobil, tentu ada banyak hal menarik yang perlu Anda pelajari. Selain mengenal berbagai spesifikasi mobil sesuai trend, Anda tentu perlu untuk memiliki pengetahuan lain terkait komponen - komponen penyusunnya. Beberapa komponen listrik paling penting dalam mobil salah satunya adalah aki, yang penting untuk menghasilkan tenaga listrik untuk akselerasi mobil. Bagi Anda yang penasaran, ini bagian-bagian penyusun aki mobil yang perlu Anda ketahui.

Foto aki mobil dijual di toko aki

Beragam merek aki mobil dijual di pasaran

Komponen Penyusun Aki Mobil

1. Kotak baterai

Komponen pertama yang merupakan penyusun aki mobil adalah kotak baterai. Fungsi dari kotak baterai ini memiliki fungsi sebagai pelindung komponen - komponen lain yang ada di dalamnya, seperti sel, plat baterai, penghubung dan pemisah sel, dan lain - lain. Tak hanya itu, kotak baterai juga memiliki fungsi sebagai ruang endapan pada bagian bawah kotak baterai. Anda dapat dengan mudah mengetahui kondisi dan jumlah cairan elektrolit yang ada di dalamnya karena baterai berwarna transparan.

>>> Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

2. Plat baterai

Plat baterai juga bagian penyusun aki mobil. Di dalam aki, terdapat dua plat baterai yang terbuat dari paduan timah, yaitu plat positif dan plat negatif. Hal penting yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan baterai dalam mengalirkan arus listrik dalam mobil adalah ukuran dan jumlah plat baterainya. Bila plat baterai yang digunakan berjumlah banyak atau berukuran besar, maka arus listrik yang dapat dialirkan pun semakin besar. Bagian plat baterai merupakan komponen yang sering cepat kering. Untuk menghindari masalah lebih lanjut pada mobil, Anda perlu untuk mengenali tanda aki mobil mulai kering agar segera dapat diatasi tanpa menimbulkan masalah berarti.

3. Tutup baterai

Komponen selanjutnya dalam aki mobil adalah tutup baterai. Selain sebagai penutup bagian atas dari aki mobil, tutup baterai ini juga memiliki fungsi lain di antaranya sebagai tempat lubang ventilasi dan tempat dudukan untuk terminal baterai.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Penyekat atau separator

Penyekat atau separator ini menjadi komponen penting untuk memisahkan plat positif dan plat negatif, agar menghindari adanya hubungan singkat pada plat baterai. Separator merupakan komponen berpori - pori, yang memungkinkan larutan elektrolit dalam baterai dapat melaluinya.

Peralatan pemeriksaan aki mobil

Berbagai peralatan untuk memeriksa kondisi aki

5. Sel

Komponen listrik paling penting dan menjadi salah satu penyusun aki mobil selanjutnya adalah sel. Elemen yang ada pada aki ini terdiri dari plat positif dan negatif, di mana keduanya dibatasi dengan penyekat atau separator. Sel - sel yang ada dalam aki ini dihubungkan secara seri. Besarnya tegangan baterai yang dihasilkan oleh aki tergantung dari jumlah sel baterai yang digunakan pada komponen aki mobil tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

6. Penghubung dan pemisah sel

Di antara sel - sel yang tersusun, dihubungkan dengan plat logam yang kemudian disusun sedemikian rupa dengan rangkaian seri. Sementara pemisah sel merupakan komponen pemisah setiap sel. Tanpa adanya komponen ini, aki mobil tidak dapat berfungsi dengan baik.

7. Larutan elektrolit

Larutan elektrolit merupakan salah satu komponen listrik paling penting di dalam aki mobil. Larutan elektrolit yang menjadi cairan dari baterai ini merupakan gabungan dari air (H2O) dan asam sulfat (H2SO4) yang akan bereaksi dengan bahan aktif yang ada pada plat baterai. Reaksi dari larutan elektrolit dan plat baterai akan menghasilkan listrik yang digunakan untuk dapat menjalankan mobil. Bila baterai aki dalam keadaan terisi penuh, kadar air yang ada di dalamnya adalah sekitar 64% dan 36% sisanya merupakan asam sulfat.

>>> Mengetahui Cara Membaca Kode Aki Mobil Dengan Mudah

Proses pengisian air aki mobil

Aki harus harus selalu dijaga kondisinya tetap prima

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International