Karpet Mobil Perlu Dibersihkan, Begini Caranya!

14/11/2019 | Fatchur Sag

Tak ada yang lebih penting untuk membuat kabin mobil terasa nyaman selain seluruh komponennya bersih dari noda dan kotoran, serta tidak bau apek, termasuk karpet mobil. Komponen yang satu ini lebih berfungsi sebagai aksesoris ketimbang komponen vital. Meski demikian kondisi kebersihannya harus diperhatikan sebab karpet menjadi penunjang utama kenyamanan. Karpet yang bersih bakal menghadirkan udara segar tanpa debu.

Foto karpet mobil terpasang rapi

Karpet mobil menunjang kenyamanan berkendara

Ada dua jenis karpet mobil yaitu karpet dasar dan karpet aksesoris atau karpet tambahan. Karpet dasar berada di bagian paling bawah untuk melapisi pelat dasar kendaraan. Semua mobil baru biasanya sudah dilengkapi dengan komponen ini langsung dari pabriknya untuk melindungi pelat dari terbentur benda keras dan lebih empuk saat dipijak.

Sedangkan untuk karpet tambahan atau aksesoris yaitu karpet after market yang hanya diletakkan di bagian lantai mobil untuk melapisi karpet dasar. Tujuannya selain mempercantik tampilan interior, melindungi karpet dasar, juga memudahkan pemilik membersihkan. Tinggal diangkat lalu dikibaskan atau disemprot dengan air tekanan tinggi kotoran langsung hilang. Ada banyak model serta bahan untuk karpet tambahan ini seperti sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC). Biasanya produsen juga menyertakan komponen karpet tambahan ini sebagai bonus pembelian kendaraan, namun ada juga beberapa mobil baru yang hanya menyertakan karpet dasar tanpa tambahan.

>>> 3 Langkah Sederhana Mengganti Alas Lantai Mobil

Foto Karpet mobil klasik warna merah

Tampilan Interior tambah keren dengan adanya karpet

Karpet dasar, agar bisa memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendara, kondisi kebersihannya juga harus diperhatikan. Secara teknis memang lebih sulit membersihkan karpet mobil bagian dasar ini dibanding karpet tambahan yang bisa diambil dan tinggal dikibaskan. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Untuk membersihkan karpet mobil bagian dasar ini bisa dilakukan dengan 4 cara:

  1. Gunakan sikat yang tepat. Tergantung dari bahan apa karpet mobil itu dibuat. Jika dari beludru halus gunakan sikat bulu yang halus agar tidak merusak permukaan beludru. Jika lebih kasar bisa menggunakan sikat bulu yang lebih padat. Tapi jika terbuat dari bahan karet atau sintetis, tidak harus menggunakan sikat bulu yang halus.
  2. Gunakan vacuum cleacer. Vacuum cleaner memudahkan pemilik mengangkat kotoran dan debu yang berada di sela-sela karpet, di lipatan-lipatan kecil, atau di sudut-sudut yang sulit terjangkau.
  3. Gunakan air dan sabun. Sebelum menggunakan air sabun, sebaiknya lepas dulu karpet dan keluarkan dari mobil. Lalu bersihkan dengan cara disikat atau disemprot dengan air tekanan tinggi. Gunakan air sabun saat menyikat, setelah itu bilas menggunakan air bersih. untuk kemudian dijemur hingga benar-benar kering.
  4. Bawa ke salon mobil. Ini merupakan cara instan bagi pemilik mobil yang malas bersih-bersih sendiri. Bawa mobil ke salon untuk dibersihkan secara menyeluruh bagian interior dan eksteriornya. Sebagai konsekuensi pemilik harus mengeluarkan biaya jasa pembersihan dengan nominal yang relatif, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

Foto Vacuum Cleaner untuk membersihkan lantai mobil

Untuk penghematan, bersihkan sendiri interior mobil

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.