Kapan Kendaraan Perlu Dilakukan Overhaul Mesin Mobil?

26/08/2021 | Abdul

Overhaul menjadi salah satu hal yang dilakukan pada kendaraan. Tujuan mobil dilakukan overhaul adalah untuk membuat performa mobil kembali ketika telah menurun. Bahkan dapat juga untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil.

Apa Itu Overhaul Mesin Mobil?

Overhaul adalah istilah bahasa Inggris yang mempunyai makna pemeriksaan. Untuk dunia otomotif overhaul berarti membongkar mesin untuk dilakukan pemeriksaan serta perbaikan jika terdapat komponen yang bermasalah. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengan belah mesin atau turun mesin.

Gambar ini menunjukkan mesin Twincam Toyota

Overhaul dilakukan untuk membuat performa mobil kembali optimal

Overhaul mempunyai 2 jenis meliputi major dan minor. Untuk major dilakukan secara menyeluruh sedangkan untuk minor hanya beberapa komponen saja yang dilakukan pemeriksaan. Biasanya untuk minor overhaul pemeriksaan dilakukan namun blok silinder tidak dibongkar.

Waktu Perlu Overhaul

Terkait waktu mobil perlu dilakukan overhaul adalah pada saat performa kendaraan telah menurun. Mobil perlu dilakukan overhaul jika mengalami beberapa hal di bawah ini:

1. Mesin Cepat Panas

Memang ketika mobil digunakan mesin panas merupakan hal yang wajar. Hal tersebut dikarenakan adanya pergantian energi ketika mobil digunakan. Akan tetapi jika mesin terlalu panas pada saat mobil dipakai maka bisa menjadi tanda bahwa mesin perlu dilakukan overhaul.

Dengan begitu kerusakan dapat diketahui dan bisa diperbaiki. Jika dibiarkan saja bisa merugikan penggunanya karena beresiko di kemudian hari bermasalah.

>>> Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

Gambar ini menunjukkan indikator suhu pada mobil

Saat suhu mesin panas dengan cepat tidak seperti biasanya menandakan ada masalah

2. Keluar Asap Putih Dari Knalpot

Tanda lain kendaraan perlu dilakukan overhaul mesin mobil adalah di bagian knalpot keluar asap putih. Biasanya knalpot mengeluarkan asap yang tidak berwarna. Jadi apabila saat mobil digunakan melaju kencang atau saat berakselerasi keluar asap putih pekat menandakan ada masalah.

Jika sudah begitu sebaiknya membawanya ke bengkel untuk dilakukan overhaul atau hal lainnya tergantung para mekanik bengkel.

3. Busi Kerap Diliputi Oli

Untuk mengetahui apakah mobil perlu dilakukan overhaul atau tidak dapat melihat busi mobil. Jika busi kerap diliputi oleh olu maka overhaul bisa dilakukan untuk mesin dibongkar. Hal ini menjadi indikasi bahwa oli ikut menuju ke bagian ruang kompresi. Apabila dibiarkan saja maka oli bisa lebih cepat kehabisan.

4. Air Radiator Lebih Cepat Habis

Adapun tanda selanjutnya mobil perlu overhaul adalah air radiator cepat habis atau menyembur pada saat mesin mobil dinyalakan. Kemungkinannya ada kerusakan pada bagian komponen radiator.

>>> Lihat Juga, Kenali Sinyal Peringatan Kerusakan Kipas Radiator

Gambar ini menunjukkan tutup radiator mobil

Radiator mobil bertugas untuk mendinginkan mesin mobil

5. Mesin Sering Mati Secara Mendadak

Apabila mesin mobil kerap mati pada saat digunakan dan itu terjadi secara mendadak maka menandakan ada masalah. Untuk penyebab mesin bisa mati mendadak salah satunya adalah overheating. Akan tetapi apapun penyebabnya jika mesin kerap mati merupakan masalah yang serius. Dengan begitu overhaul bisa dilakukan agar mesin mobil dapat kembali bekerja dengan maksimal.

Demikianlah informasi mengenai waktu untuk melakukan overhaul mesin mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya di Mobilmo.com.

Berita sama topik

  • 01/05/2022 | Padli

    Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

    Kembali dari perjalanan jauh, cek aki mobil Ertiga Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari. Berikut penjelasan mengenai kapan harus mengganti aki dan harganya.

  • 26/04/2022 | Padli

    Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

    Berapa harga aki mobil Calya? Jika terpaksa, apakah aki mobil MPV 7-seater milik Toyota ini bisa diganti dengan aki kembarannya, Daihatsu Sigra?

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.