Jika Tanda Ini Muncul Berarti Sudah Waktunya Ganti Ban Mobil

26/08/2019 | Fatchur Sag

Hampir seluruh komponen kendaraan bermotor seperti mobil memiliki batas pemakaian. Dengan alasan keamanan dan kenyamanan harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru. Kapan waktunya, itu disesuaikan dengan kondisi komponen itu sendiri dengan mempertimbangkan seberapa sering dan seberapa intens digunakan.

Ganti ban mobil di bengkel resmi

Ban mobil punya peranan besar terhadap keselamatan banyak orang

Ban mobil adalah salah satu komponen penting dan memiliki kinerja paling tinggi. Bukan sekadar menggerakkan mobil agar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ban mobil berperan besar terhadap keselamatan dan kenyamanan para penumpang. Jadi harus benar-benar dalam kondisi terbaik.

Pemilik bisa menggunakan mobil dimanapun dan kapanpun, tapi kalau tanda-tanda berikut sudah muncul, itu menandakan sudah waktunya ganti ban mobil.

1. Usia Ban Lebih Dari 3 Tahun

Ban terbuat dari karet yang memiliki sifat elastis atau lentur. Seiring berjalannya waktu sifat lentur ini bakal berubah semakin menurun hingga lama-lama menjadi getas. Jika sudah demikian ban akan kehilangan daya cengkeramnya terhadap permukaan jalan. Usia ideal ban mobil adalah 3 tahun untuk pemakaian wajar. Jika sudah melebihi waktu tersebut berarti sudah waktunya ganti ban meski kembangannya masih terlihat dalam.

>>> 8 Suku Cadang Ini Sebaiknya Diganti Setelah 5 Tahun Beroperasi

2. Sudah Dipakai Menempuh Jarak 40.000 km

Foto odometer sudah menunjukkan jarak tempuh lebih dari 55.000 km

Sudah menempuh jarak jauh, sudah waktunya ganti ban

Terkadang karena pemakaian yang sangat intens belum sampai 3 tahun mobil sudah menempuh jarak yang sangat tinggi. Nah, kalau mobil sudah melewati jarak 40.000 km berarti ban sudah mengalami keausan meski masih terasa lentur. Sebaiknya ganti dengan ban baru agar tidak semakin menipis.

3. Sudah Mencapai Batas TWI

Semua jenis ban mobil memiliki indikator TWI (Tread Wear Indicator) atau indikator batas keausan. Biasanya ada dua jenis TWI yaitu berupa segitiga kecil di area bawah kembangan ban dan tonjolan kecil di bagian telapak ban di sela-sela kembangan. Baik di samping atau di telapak kalau permukaan ban sudah menyentuh indikator tersebut, itu artinya sudah waktunya ganti ban karena sudah sampai batas maksimal keausan yang diizinkan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Ban Gundul

Foto ban mobil dalam kondisi gundul

Masih merasa nyaman dengan ban gundul?

Terkadang pemilik enggan atau belum berkesempatan mengganti ban meski ketiga tanda tersebut di atas sudah muncul. Namun untuk yang satu ini dimana ban sudah dalam kondisi gundul pemilik 'wajib' mengganti dengan ban baru. Ban gundul berisiko tinggi terhadap keselamatan baik penumpang, pengemudi, maupun pengguna jalan yang lain.

5. Muncul Benjolan

Dalam beberapa kasus pada ban mobil diketemukan benjolan. Ini bisa terjadi salah satunya karena ada anyaman benang atau kawat kontruksi ban yang putus. Sudah tentu karena kawat penguatnya putus daya tahan ban juga tidak sebagus sebelumnya, ban akan mudah pecah akibat tidak kuat menaan tekanan udara.

Bila tanda-tanda tersebut di atas sudah muncul artinya sudah tiba waktunya ganti ban mobil dengan ban yang baru. Pemilik bisa datang ke bengkel resmi untuk melakukan penggantian atau datang ke diler ban resmi dari pabrikan seperti Bridgestone, Goodyears, Michelin atau yang lain.

>>> Ada Banyak Faktor, Inilah Tips Memilih Ban Untuk MPV

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 10/08/2019 | Arfian Alamsyah

    Ini Pentingnya Spooring Untuk Mobil Anda, Bisa Hemat Ban Dan BBM

    Spooring atau wheel alignment ternyata penting bagi mobil Anda karena bisa menghemat ban dan BBM. Mengapa demikian? Simak bahasan kami ini,

  • 03/04/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Hal Harus Diperhatikan, Pelajari Tips Ganti Pelek

    Banyak cara yang sah untuk mempercantik kendaraan, salah satunya adalah dengan mengganti pelek aftermarket dengan tampilan beragam. Tapi jangan sampai salah mengganti, bila Anda tidak ingin karakter mobil berubah. Agar tetap aman dan nyaman, pelajari dulu tips ganti pelek dari Mobilmo.com.

  • 31/03/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada Banyak Faktor, Inilah Tips Memilih Ban Untuk MPV

    Memilih ban untuk MPV tidak boleh asal tunjuk. Daya muat yang besar dan bodi yang tinggi, Anda tidak boleh asal dalam memilih ban untuk MPV. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih ban untuk MPV yang tepat.