Ada Banyak Faktor, Inilah Tips Memilih Ban Untuk MPV

31/03/2019 Mahmudi Restyanto Perawatan mobil

Memilih ban untuk MPV tidak boleh asal tunjuk. Daya muat yang besar dan bodi yang tinggi, Anda tidak boleh asal dalam memilih ban untuk MPV. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih ban untuk MPV yang tepat.

Karakter mobil keluarga seperti daya angkut atau akomodasi yang banyak dan bodi yang tinggi membuatnya mudah limbung. Potensi itu tidak bisa dielakkan dari sebuah mobil MPV. Terlebih ketika mobil diisi muatan penuh. Distribusi beban yang sulit diprediksi tersebut membuat tingkat keausan telapak ban tidak merata. Idealnya keseimbangan antara kenyamanan dan kemapuan manuver seimbang, termasuk pengereman. Berikut beberapa hal yang wajib diteliti ketika memilih ban untuk MPV.

>>> Baca juga: Ban Kempis Jauh Dari Tambal Ban Dan Lupa Bawa Serep, Ini Yang Sebaiknya Anda Lakukan

1. Dimensi Ban

Perhatikan dimensi ban sesuai pelek yang dipakai oleh MPV Anda

Perbedaan dimensi ban bisa berbahaya saat Anda bermanuver

Bila Anda masih menggunakan pelek asli, pastikan untuk memilih ban yang ukurannya sama dengan ban pabrikan. Ban yang berbeda dimensinya akan membuat banyak hal berubah ketika Anda salah memilih ban untuk MPV. Baik itu kenyamanan, pengendalian, braking ability, maupun kemampuan ban lainnya. Sebagai contoh Anda mengganti ban yang lebih lebar tanpa mengubah lebar pelek akan berdampak pada menurunnya performa kestabilan saat bermanuver. Selain itu pembacaan odometer akan kacau akibat perubahan diameter total ban.

>>> Mau Ganti pelek Mobil, Ini Perbedaan pelek Alloy dan pelek Kaleng

2. Load Index

Pastikan load index pada ban baru sama dengan ban lama

Load index pada ban juga wajib diperhatikan mengingat mobil MPV berpotensi membawa banyak barang dan penumpang

Hal kedua adalah load index yang menyatakan beban maksimal yang dapat dipikul oleh sebuah ban. Ketika Anda memilih ban untuk MPV maka akan ada momen beban penuh dan melampaui batas maksimal yang boleh dipikul. Dalam kondisi ini, dinding ban akan melentur (defleksi) secara berlebih dan terus menerus. Akibatnya, mobil jadi mudah oleng dan sulit dikendalikan. Kenyamanan juga tereduksi karena dinding ban terlalu elastis. Disini aspek keselamatan dikorbankan dan dalam jangka panjang, beban berlebih akan membuat benang di dinding ban putus dan timbul benjolan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Pola Telapak Ban

Pola telapak ban juga punya pengaruh pada performa MPV Anda

Pola telapak ban mempengaruhi performa apakah mobil MPV menjadi irit atau lebih nyaman

Terdapat beberapa pola telapak ban ketika Anda memilih ban untuk MPV. Paling umum adalah pola telapak ban konvensional yang lebih mengutamakan harga dan kepraktisan. Seperti kemudahan pemasangan karena bisa dipakai di sisi mana saja. Biasanya level performa ban ini tidak terlalu bagus. Ada pula pola telapak ban one direction yang fokus pada satu aspek. Misalnya, fokus pada performa maka cenderung berkurang kenyamanannya. Atau pola telapak ban kering yang akan mengalami kesulitan saat melintasi jalan basah. Pola terakhir adalah asimetris yang sudah banyak diterapkan oleh pabrikan ban. Pola telapak ban ini punya banyak keunggulan meskipun mempunyai harga yang relatif mahal.

>>> Meski Jarang Dipakai, Tetap Perhatikan Tekanan Udara Ban Cadangan

4. Konstruksi dan Kompon Ban

Konstruksi dalam ban tiap pabrikan berbeda-beda

Setiap pabrikan mempunyai teknologi yang berbeda dalam merancang konstruksi ban

Perkembangan teknologi membuat produsen ban bisa membuat hal yang tidak mungkin di masa lalu, menjadi mungkin saat ini. Seperti ban dengan profil tipis yang lebih empuk ketimbang profil tebal. Kunci dari teknologi ini adalah inovasi pada konstruksi ban dan kompon ban. Ketika Anda memilih ban untuk MPV kedua ha ini memang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Tapi Anda bisa menanyakan pada penjual ban atau browsing mencari informasi sedetail mungkin di internet. Pelajari secara singkat konstruksi dan kompon yang disematkan pada ban incaran Anda. Semoga panduan dari kami bisa membuat Anda memilih ban untuk MPV yang tepat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mobil Tanpa LSD Dipasang LSD, Apa Bisa?
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Tanpa LSD Dipasang LSD, Apa Bisa?

    23/04/2019

    Limited Slip Differential atau lebih beken disingkat LSD tidak hanya untuk kegunaan balap atau drifting saja, Melainkan, LSD dapat menjadi alat bantu untuk mobil tertentu. Lantas mobil tanpa LSD hendak dipasang LSD apakah bisa?

  • Ini Penyebab Kaki-Kaki Isuzu Panther Sering Rusak
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Ini Penyebab Kaki-Kaki Isuzu Panther Sering Rusak

    22/04/2019

    Isuzu Panther merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia. Durabilitas, model, serta iritnya sempat menjadikannya primadona di pasar mobil Indonesia. Namun, tak ada gading yang tak retak, Isuzu Panther juga menyimpan masalah sendiri. Dan salah satunya akan kami bahas, ini penyebab kaki-kaki Isuzu Panther sering rusak.

  • Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Mobil
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Mobil

    21/04/2019

    Melepas stiker di mobil baik di kaca maupun di bodi sering kali meninggalkan bekas lem yang membuat penampilan kurang menarik. Spesialis stiker di Jakarta memberikan tips bagaimana menghilangkan bekas lem stiker di mobil dengan mudah tanpa merusak cat.