Jangan Remehkan Tutup Pentil, Ini Fungsi Pentingnya Bagi Kendaraan

30/06/2019 | Fatchur Sag

Foto ban mobil dalam kondisi kinclong

Ban mobil memiliki banyak komponen penting

Kaki-kaki kendaraan bermotor yang berupa roda memiliki banyak sekali komponen. Mulai dari ban luar, ban dalam, pelek, hingga valve caps atau yang lebih dikenal dengan tutup pentil. Masing-masing memegang peranannya sendiri dan memiliki fungsi penting bagi kendaraan.

Sayangnya, piranti kecil berupa tutup pentil lebih sering diabaikan dibanding yang lain. Sebagian pemilik tidak menganggapnya sebagai barang penting sehingga saat hilang mereka terlalu santai dan tidak segera menggantinya. Lalu apa fungsi tutup pentil bagi kendaraan?

Dikutip dari Seva.id tutup pentil memiliki tugas sangat penting yaitu membantu menjaga tekanan angin ban agar tidak keluar dari celah kecil katup pentil. Cukup bisa dimengerti karena tekanan angin ban harus senantiasa sesuai ukuran yang dianjurkan. Tidak boleh berlebihan apalagi sampai kekurangan karena tekanan angin ban berkaitan langsung dengan performa kendaraan, kenyamanan berkendara hingga keselamatan.

>>> Mengapa Tekanan Angin Ban Mobil Harus Pas?

Foto menunjukkan ban dengan tutup pentil warna biro

Harus ada tutup pentil agar udara dalam ban tidak keluar dari celah

Fungsi lain tutup pentil adalah mencegah masuknya benda-benda kecil, kotoran, hingga debu-debu ke dalam karet ban dalam dan pelek yang dapat merusak katup dan karet sil dalam pentil. Tutup pentil juga mencegah masuknya air ke dalam pelek yang memicu timbulnya karat atau korosi pada bagian logam yang terkena. Satu lagi tutup pentil juga penting untuk estetika. Ban mobil memiliki tutup pentil terlihat lebih rapi dibanding yang tidak.

Jadi, meski tidak ada aturan khusus yang mewajibkan adanya tutup pentil Anda harus senantiasa memastikan keberadaannya. Jika hilang segera ganti yang baru. Apalagi saat ini tutup pentil banyak tersedia di pasaran dengan harga yang sangat murah dan banyak pilihan dari yang standar hingga yang dekoratif.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto menunjukkan tutup pentil ban mobil yang banyak dijual di pasaran

Beragam tutup pentil dijual di pasaran dengan harga murah

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?