Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

12/09/2020 | Abdul

Di dalam mobil terdapat jok yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Kursi memiliki beberapa fitur yang mempunyai fungsi penambah kenyamanan seperti ISOFIX, Captain Seat, Seat Temperature, Ottoman Function, Seat Side, Reclining dan Active Headrest. Beberapa fitur tersebut ada yang digunakan untuk merebahkan jok mobil.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan saat berniat merebahkan kursi yaitu soal etika. Apalagi di dalam kabin mobil terdapat penumpang lain, berikut beberapa etika saat berniat memakai fitur reclining pada jok mobil.

Gambar ini menunjukkan kaki berada di bagian dashboard

Kaki di dashboard cukup bahaya terutama saat terjadi kecelakaan

>>> Baca Juga, Merawat Jok Elektrik Dan Biaya Perbaikan Saat Rusak

1. Tidak Menempatkan Kaki Di Dashboard

Pada saat berada di samping pengemudi memang akan nyaman ketika merebahkan kursinya dengan kaki diselonjorkan di dashboard. Namun hal tersebut tidak direkomendasikan karena tidak sopan dan bisa berbahaya karena terutama pada mobil yang sudah ada airbag di bagian ini. Saat terjadi benturan dan    terjadi pengembangan pada airbag dengan kuat maka bisa membuat kaki  terhempas yang beresiko cedera parah.

2. Permisi Atau Izin Pada Penumpang Belakang

Etika merebahkan jok mobil selanjutnya adalah meminta izin penumpang di belakang jika ada. Kalau tidak ada sih bebas, namun saat ada penumpang di belakang mintalah izin apakah dikehendaki atau tidak. Jika tidak diizinkan jangan memaksa melakukannya demi kenyamanan bersama.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan jok mobil yang direbahkan

Jangan merebahkan jok terlalu rendah

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

3. Mengatur Tidak Terlalu Rendah

Meskipun diizinkan tapi jangan merebahkan kursi terlalu rendah. Karena jika memaksakannya maka penumpang di belakang akan terlalu mepet dengan jok depan sehingga kenyamanan tidak akan didapatkan oleh penumpang belakang.

4. Meminta Maaf Dan Berterima Kasih

Setelah jok mobil direbahkan jangan lupa untuk meminta maaf serta mengucapkan terima kasih karena diberikan izin. Hal tersebut memang tampak sepele, akan tetapi jika melakukannya bisa membuat perasaan negatif penumpang belakang jadi hilang.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang mengatur jok mobil

Pengaturan jok mobil perlu memperhatikan kenyamanan penumpang lain

5. Mengembalikan Ke Posisi Semula Jika Ingin Keluar Mobil

Mengembalikan jok mobil seperti sedia kala bertujuan untuk membuat tampilan kabin mobil tetap menarik. Berbeda lagi jika ditinggalkan dalam kondisi masih direbahkan, maka tampilannya terlihat kurang rapi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai etika merebahkan jok mobil. Semoga bermanfaat dan bisa membuat perjalanan lebih terasa nyaman untuk semua penumpang di dalam mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 01/05/2022 | Padli

    Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

    Kembali dari perjalanan jauh, cek aki mobil Ertiga Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari. Berikut penjelasan mengenai kapan harus mengganti aki dan harganya.

  • 26/04/2022 | Padli

    Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

    Berapa harga aki mobil Calya? Jika terpaksa, apakah aki mobil MPV 7-seater milik Toyota ini bisa diganti dengan aki kembarannya, Daihatsu Sigra?

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.