Merawat Jok Elektrik Dan Biaya Perbaikan Saat Rusak

10/06/2020 | Abdul

Jok elektrik sejatinya tidak mudah mengalami kerusakan, beberapa spesialis jok mobil pun mengatakan jok jenis ini dapat bertahan alias minim kerusakan hingga penggunaan di atas lima tahun. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan dan merawat jok elektrik pada mobil kamu!

Nah bagi kamu yang ingin tahu bagaimana tips dan cara merawat kursi elektrik pada mobil, berikut ini kami sajikan seperti dikutip dari berbagai sumber.

Gambar ini menunjukkan jok pengemudi dan penumpang depan

Pengaturan kursi lebih mudah dengan jok elektrik

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

Penggunaan Jok Elektrik Yang Baik Dan Benar

Beberapa ahli mengatakan saat menggunakan jok elektrik seperti melakukan sliding, reclining atau hendak menaikkan serta menurunkan jok, lebih baik digunakan saat mesin mobil berhenti. Hal ini agar komponen motor elektrik pada jok tetap terjaga dan terus berfungsi secara maksimal. Selain itu, agar tidak terjadi malfungsi dalam komponen yang ada di jok elektrik.

Merawat Jok Elektrik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jok elektrik sangat minim mengalami kerusakan. Mobil yang berusia di atas lima tahun biasanya hanya akan mengalami penurunan kinerja kursi jok seperti kurang responsif saat disetel. Atau terjadi error di beberapa komponen. Bahkan masalah yang paling ringan biasanya ditemukan karena switch pengatur yang lepas.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan pengaturan jok mobil

Tidak semua jok mobil menggunakan pengaturan elektrik

>>> Beberapa Tips Dalam Memilih Cover Jok Mobil

Oleh sebab itu, perawatan jok elektrik tergolong mudah dan jelas tidak sesulit ketika membersihkan jok manual. Kamu hanya perlu menjaga kebersihan, khususnya di jok dan area-area sekitar ketika sudah digunakan.

Selain debu, kamu juga harus memperhatikan sisa-sisa makanan. Pastikan juga tidak ada hewan seperti serangga yang membuat sarang di area jok elektrik pada mobil kamu.

Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan silicone spray yang banyak dijual di toko otomotif, caranya dengan menggunakan sikat dan semprot di sela-sela tombol. Setelah itu keringkan menggunakan semprotan angin sebelum digunakan.

Biaya Perbaikan Jok Elektrik

Bagaimana dengan jok elektrik yang kadung mengalami rusak? Menurut ahli, biaya perbaikan jok elektrik cukup mahal. Untuk mobil-mobil keluaran Asia saja rata-rata perbaikan mulai di angka dua ratus ribu rupiah. Sedangkan biaya komponen berkisar di antara dua ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah tergantung dari merk dan tipe mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjjukkan mekanik sedang memegang jok mobil

Biaya perbaikan jok elektrik cukup mahal

Sedangkan mobil pabrikan dari Eropa, biaya cek jok elektrik mulai dari lima ratus ribu rupiah hingga dua juta rupiah. Sedangkan biaya komponen berkisar di antara dua juta rupiah hingga sepuluh juta rupiah tergantung dari merk dan tipe mobil yang kamu gunakan.

Itulah beberapa tips dan cara merawat jok elektrik pada mobil. Dengan biaya servis yang cukup menguras dompet, tentunya kamu tidak mau keluar uang sebanyak itu, kan? Nah, meskipun perawatannya sederhana kamu tidak boleh luput dari menjaga kebersihan jok elektrik mobil kamu ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 01/05/2022 | Padli

    Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

    Kembali dari perjalanan jauh, cek aki mobil Ertiga Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari. Berikut penjelasan mengenai kapan harus mengganti aki dan harganya.

  • 26/04/2022 | Padli

    Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

    Berapa harga aki mobil Calya? Jika terpaksa, apakah aki mobil MPV 7-seater milik Toyota ini bisa diganti dengan aki kembarannya, Daihatsu Sigra?

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.