Inilah 3 Resiko Yang Dapat Terjadi Ketika Mobil Overpower

01/06/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Overpower alias kelebihan tenaga memang mengasyikkan, apalagi jika Anda senang mengemudi mobil secara kencang. Namun, ada hal yang perlu jadi perhatian Anda ketika sudah membangun mesin yang tenaganya besar. Inilah 3 resiko yang dapat terjadi ketika mobil overpower.

Membuat mesin kelebihan tenaga mungkin mengasyikkan bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda yang membuat mesin tersebut dan senang ngebut. Namun, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika Anda sudah menggunakan mobil dengan mesin yang outputnya overpower. Horsepower alias tenaga kuda yang besar akan membuat mobil semakin mudah untuk berlari kencang.

>>> Bisa Dicoba, Begini Tips Mencegah Rem Mobil Bermasalah Untuk Keamanan

Tampak mesin standar 3NR-VE diberi turbocharger

Mesin standar yang di tune hingga overpower akan merusak komponen bergerak lainnya non mesin

Sejatinya, pabrikan mobil sudah memperhatikan dan menghitung usia pakai suatu sparepart atau komponen dengan tenaga yang dihasilkan. Maka menambah tenaga mobil hingga overpower tentunya akan membuat beberapa komponen lebih cepat aus. Berikut ini adalah 3 resiko yang dapat terjadi ketika mobil overpower. Perlu diingat, ini adalah kejadian biasa untuk mesin yang output tenaganya sudah berlebih.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak kaki-kaki mobil Skoda Fabia R5

Kaki-kaki serta sistem pengeremnan rawan rusak jika mobil overpower

1. Kaki-Kaki Menjadi Lebih Cepat Rusak

2. Rem Menjadi Lebih Cepat Habis

3. Garansi Pabrik Hilang

So, itulah 3 resiko yang dapat terjadi ketika mobil overpower. Nanti akan kami bahas lebih dalam mengenai ketiga hal ini, simak terus artikel teknik di website nomor satu seputar teknik kendaraan Mobilmo.com ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca