Mengetahui Fungsi Ban Mobil Yang Sebenarnya

31/03/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Ban merupakan salah satu komponen kaki-kaki pada kendaraan terutama Mobil. Bagian ini yang bersentuhan langsung dengan jalanan sehingga tergolong sangat penting dan membutuhkan perawatan.

Ban merupakan salah satu komponen kaki-kaki pada kendaraan terutama Mobil. Bagian ini yang bersentuhan langsung dengan jalanan sehingga tergolong sangat penting dan membutuhkan perawatan. Ban Mobil terdapat 2 buah lapisan yakni lapisan luar dan dalam. Lapisan ini saling berkombinasi agar perjalanan menjadi nyaman dan kondisinya tetap terjaga. Lantas apa sebenarnya fungsi ban Mobil sehingga perlu perhatian yang lebih.

Ban Mobil rawan akan terkena benda tajam di jalanan. Selain itu kadangkala ada orang jahil yang sengaja memasang paku di jalanan. Oleh sebab itulah mengapa komponen ini membutuhkan perawatan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi ban Mobil bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

  1. Penahan beban

Untuk fungsi yang pertama adalah menahan beban semua yang ada pada kendaraan seperti Mobil itu sendiri, barang bawaan dan juga penumpangnya. Jika sudah masuk tahapan ini maka tekanan angin pada ban memiliki peranan yang sangat penting. Namun sangat disarankan untuk membawa beban yang telah direkomendasikan, jangan terlalu berat. Jika berat yang dibawa berlebihan ditambah udara di dalam ban tidak pas membuat keseimbangannya menjadi tidak stabil. Selain itu resiko terberatnya adalah ban meletus atau bocor.

Barang yang terlalu berlebih dalam Mobil bisa menyebabkan ban Mobil pecah

  1. Sebagai peredam kejut

Seperti yang sudah diketahui, bahwa untuk meredam kejut saat melintasi jalanan yang bergelombang atau berlubang shockbreaker yang memiliki peranan penting. Akan tetapi sebenarnya ban Mobil yang pertama melakukan tugas tersebut karena berbenturan langsung dengan jalanan. Jadi kondisi ban Mobil harus tetap prima, jangan sampai kondisinya sudah terdapat kerusakan atau ban gundul.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Masalah Pintu Geser Mobil Yang Perlu Diperhatikan

Dengan ban Mobil yang berkualitas menjaga kenyamanan saat melintasi jalanan berlubang

  1. Meneruskan tenaga mesin dan pengereman

Jadi fungsi ban Mobil selanjutnya adalah sebagai penyalur tenaga. Tenaga mesin yang dihasilkan kemudian membuat ban berputar, karena berhadapan langsung dengan jalan menjadikan Mobil dapat berjalan. Selain itu, tenaga pengereman juga disalurkan oleh ban Mobil sehingga dapat melambat ataupun berhenti. Bayangkan jika ban Mobil dalam keadaan gundul, maka saat berada di jalanan yang licin akan terjadi selip. Selain itu saat melakukan pengereman Mobil tetap berjalan meskipun roda telah berhenti. Melihat hal tersebut tentunya sangat berbahaya dan membuat panik pengendara lain di sekitar. Jadi ketika diketahui kondisi ban sudah menipis segera dilakukan pergantian.

ban yang sudah gundul kurang maksimal saat melakukan pengereman

  1. Meneruskan kontrol stir

Pada saat kemudi diputar diharapkan Mobil dapat berbelok seperti arah kemudi. Hal ini dapat terjadi berkat perantara dari ban Mobil. Dengan menggunakan ban yang bagus dan berkualitas menjadikan handling lebih baik dan akselerasi meningkat. Selain itu keuntungan lainnya adalah hemat bahan bakar dan tidak mudah tergelincir.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Kondisi Ban Mobil juga berpengaruh saat melintasi belokan

Bahan Material ban Mobil

Pada ban luar terbuat dari karet yang disertai dengan serat kain ataupun kawat. Perbedaan yang dimiliki oleh ban jika dilihat dari material terbagi menjadi 3 jenis yakni ban bias, ban radial dan yang terakhir ban  tanpa tube.

Perbedaan antara ban bias dengan ban radial terletak pada bagian belt dan breaker yang terdapat dalam lapisan yang terbuat dari karet. Untuk ban bias, serat yang dimiliki menggunakan bahan kain atau benang tekstil. Sedangkan untuk ban radial bahan yang digunakan adalah kawat. Kedua tipe tersebut mempunyai kelebihan masing-masing yang tentunya untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Selain hal tersebut, perbedaan ban bias dan ban radial juga mempengaruhi kemampuan dalam meredam benturan yang terjadi saat menghadapi jalanan yang berlubang atau bergelombang. Dalam masalah ini ban radial memiliki kemampuan lebih unggul dibandingkan dengan ban bias. Sedangkan tipe yang terakhir adalah ban tanpa tube atau yang dikenal dengan sebutan ban tubeless. Untuk model ini tidak perlu menggunakan ban dalam, soal kontruksinya sangatlah rumit dibandingkan dengan kedua tipe di atas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

Demikianlah informasi tentang fungsi ban mobil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

 Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.