Ingin Modifikasi Mobil, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

06/12/2019 | Abdul

Dalam melakukan modifikasi mobil, banyak opsi yang bisa dipilih. Sesuaikanlah dengan selera agar tidak terjadi kekecewaan di kemudian hari. Namun terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum melakukan modifikasi. Dengan begitu bisa mendapat yang benar-benar pas dan tampilannya menarik.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat melakukan modifikasi pada mobil yang dimiliki.

1. Memilih Tema

Gambar ini menunjukkan mobil modifikasi warna ungu

Pemilihan tema menjadi awal dalam melakukan modifikasi pada mobil kesayangan

Pemilihan tema saat melakukan modifikasi sangat diperlukan. Sehingga nantinya akan ada pandangan mengenai bentuk dan penggantian yang perlu dilakukan. Bahkan saat melakukannya asal-asalan tanpa adanya tema mau dibuat kaya gimana, hasilnya kurang begitu menarik.

Setiap kendaraan mempunyai tema berbeda, meskipun dari segi model kendaraan terbilang sama. Sebagai contohnya 2 mobil Honda Jazz yang sedang dilakukan modifikasi, tentunya akan mempunyai tema berbeda meskipun bersamaan dalam melakukannya. Mengingat selera setiap orang berbeda-beda. Bahkan kalau temanya untuk event maka akan melakukan modifikasi yang kadang ekstrim.

>>> Baca Juga, Modifikasi Mobil Tidak Lapor, Asuransi Ogah Tanggung Kerusakan

2. Melakukan Riset Sebelum Eksekusi

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil tampak samping terlihat ceper

Riset diperlukan sebelum melakukan modifikasi

Modifikasi mobil bisa jadi sesuatu yang sulit dan tidak dapat dilakukan sembarangan. Apabila sembarangan dalam melakukannya bisa berakibat fatal, mengingat komponen di dalam kendaraan terdapat banyak jenis. Bahkan terdapat pula sistem kelistrikan yang tentunya akan sulit diubah jika tidak punya keahlian. Bahkan jika pemakaian lampu dan juga sistem audio yang terlalu berlebih bisa  membuat aki lebih cepat tekor.

Jika seorang modifikator tidak melakukan riset atau tidak mempunyai pengetahuan mengenai spesifikasi kendaraan maka bisa menjadi salah satu kesalahan. Sebagai contoh adalah mobil Honda Jazz yang ingin menjadikannya lebih ceper, maka perhatian perlu ditujukan pada per Honda Jazz. Yang mana per ini penurunannya maksimal adalah 5 cm untuk bagian depan dan belakang. Hal ini perlu diketahui supaya modifikasi berjalan lancar tanpa kendala.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Memperhatikan Budget Yang Dimiliki

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang uang 100 ribuan dan banyak lagi didepannya

Semakin banyak budget yang disediakan semakin keren mobil yang dimodifikasi

Salah satu hal yang terbilang vital saat melakukan modifikasi mobil adalah budget. Mobil akan semakin menarik dengan budget yang lebih banyak. Meskipun begitu, tetap utamakan kenyamanan dan keamanan berkendara. Jangan asal keren tapi hal tersebut jadi terlupakan, tentu hal tersebut tidak direkomendasikan. Kecuali untuk mobil kontes yang perlu modifikasi full agar tampil maksimal dan tergolong ekstrim.

Jika hanya sedikit modifikasi, tentu biayanya juga sedikit. Sebagai contoh adalah mobil Honda Jazz yang ingin membuat ceper, maka pemotongan per diperlukan. Untuk pemotongan per dan juga shock abs biayanya sekitar Rp. 400 ribu sampai Rp. 800 ribuan tergantung tipe mobil dan kesulitannya. Ditambah lagi pelek juga diganti dengan nomor 2 lebih tinggi dan perlu biaya juga untuk pembelian.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Memilih Bengkel Modifikasi Terpercaya

Gambar ini menunjukkan mobil warna kuning di depan bengkel modifikasi

Pilih bengkel spesialis dan terpercaya

Modifikasi mobil tidak semua dapat dilakukan sendiri di rumah dengan peralatan seadanya. Apabila punya alat lengkap tidak masalah, namun jika tidak lebih baik membawa ke bengkel modifikasi. Selain lebih lengkap alatnya, hasil yang didapat juga maksimal. Hanya saja biasanya bengkel modifikasi punya keunggulan sendiri-sendiri. Sebagai contoh bengkel A lebih spesialis dalam mengerjakan audio dan bengkel B lebih ke pemasangan bodi dan cat mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 25/01/2020 | Fatchur Sag

    Remote Keyless Kena Hujan, Bisa Mati?

    Produk kendaraan bermotor zaman now banyak yang pakai remote keyless sebagai ganti kunci colokan. Bagaimana jika kehujanan, bisa rusak atau bahkan mati?

  • 22/01/2020 | Fatchur Sag

    Ini Untungnya Pasang Talang Air Pada Kaca Mobil

    Pasang windows visor alias talang air pada kaca mobil melindungi interior dari hujan. Tapi bukan itu saja, ada banyak keuntungan lain selain penampilan yang menarik.

  • 17/01/2020 | Abdul

    Jangan Khawatir, Melakukan Tune Up Mobil Sendiri Dapat Dilakukan

    Melakukan tune up mobil merupakan salah satu dari bagian perawatan yang perlu dilakukan. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh montir, namun Sobat bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya saja membutuhkan waktu luang untuk melakukannya.