Ingin Melakukan Perawatan Di Salon Mobil? Ada Beberapa Jenis Lho

23/06/2021| Abdul

Ketika mempunyai sebuah kendaraan tentu membutuhkan perawatan. Jadi tidak hanya digunakan terus menerus namun dibiarkan begitu saja. Setidaknya servis berkala perlu dilakukan, selain itu menjaga tampilannya tetap menarik juga penting. Sobat bisa mencucinya sesekali atau jika mobil tampak kotor. Tidak hanya itu, melakukan perawatan di salon mobil juga bisa dijadikan salah satu pilihan.

Gambar ini menunjukkan mobil warna biru tampak kinclong

Mobil bersih dan kinlong akan membuat tampilan mobil menarik

>>> Baca Juga, Perlengkapan Dan Biaya Memoles Mobil Sendiri Tanpa Mesin

Terdapat beberapa perawatan yang dilakukan di salon mobil yang dapat dipilih. Jadi ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Istilah dalam masing-masing perawatan yang dilakukan terdapat perbedaan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa metodenya:

1. Metode Fogging & Fumigator

Dalam metode ini perawatan dilakukan di bagian interior. Dimana metode yang digunakan adalah fogging dan juga fumigator. Untuk fogging bertujuan untuk menjaga kabin mobil  supaya tidak ada bakteri. Sistem kerjanya menggunakan AC dan juga hembusan angin. Sementara fumigator berfungsi untuk mencegah serangga berada di dalam kabin. Pada prosesnya membutuhkan waktu 30 menit untuk masing-masing metode yang dilakukan.

2. Melakukan Coating

Di salon mobil ada perawatan yang namanya coating. Dimana untuk perawatan ini adalah memberikan perlindungan pada bodi secara ekstra. Jadi mobil akan diberikan lapisan supaya zat-zat yang beresiko bisa buat bodi karatan tidak terdapat pada bodi mobil. Kalau membicarakan masalah coating terdapat 2 jenis yang biasa terdapat di pasaran yang meliputi ceramic coating dan nano coating.

>>> Lihat Juga, Begini Cara Kerja Eco Coating Technology Di AC Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menempelkan benda pada bodi mobil

Coating merupakan perlindungan mobil secara ekstra

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Untuk ceramic coating, pengerjaannya dengan melakukan pelapisan pada bodi mobil mengandalkan cairan yang mempunyai kandungan bahan ceramic. Sedangkan nano coating pelapisannya mengandalkan cairan yang berukuran nano. Salah satu kelebihan ceramic coating adalah bodi mobil dapat terlindungi dari karat yang disebabkan oleh air hujan.

3. Detailing

Perawatan di salon mobil selanjutnya adalah detailing. Dimana dalam prosesnya adalah dilakukan polish dan juga waxing. Ketika melakukan polish maka cat mobil yang kondisinya kusam akan dilakukan pengikisan kemudian diganti dengan cat yang baru. Sobat bisa memilih ini apabila cat sudah pudar dan ingin membuat cat mobil jadi baik kembali.

Apabila sudah dilakukan polish dilanjutkan dengan proses waxing. Dengan proses ini maka tampilan cat menjadi lebih cerah dan dapat terlindungi dari beberapa masalah seperti jamur, baret dan juga karat.

4. Cleaning

Perawatan yang terakhir dan kerap dilakukan oleh para pemilik mobil adalah cleaning. Dalam pengerjaannya dilakukan dengan mengandalkan shampoo khusus dan air. Jadi dalam prosesnya ini ditujukan pada bagian eksterior kemudian interior dan mesin kendaraan. Pada saat membersihkan bagian mesin dari pihak salon akan melakukan pengerjaan dengan hati-hati agar ruang udara tidak kemasukan air. Dalam cleaning pad salon terdapat beragam seperti hanya mencuci mobil biasa, snow washing dan dry washing.

>>> Baca Juga, Mencuci Mobil, Jangan Lupa Membersihkan Gril Depan

Gambar ini menunjukkan pencucian mobil dan berbusa

Mencuci mobil menjadi salah satu perawatan pada mobil

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang  beberapa perawatan di salon mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat dan jaga kondisi kendaraan dengan baik supaya bisa nyaman dan menyenangkan ketika menemani perjalanan ke tempat tujuan yang diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International