Ingat! Begini Cara Membersihkan Spakbor Bahan Karpet Dengan Mudah

09/06/2018 Abdul Perawatan mobil

Tampilan Mobil yang bersih dan terhindar dari segala jenis kotoran akan membuatnya lebih menarik. Oleh sebab itu pihak pemilik terkadang harus melakukan pencucian secara berkala untuk menjaga kebersihan kendaraan tersayangnya. Namun perlu diperhatikan, kadang terdapat bagian yang terlupakan. Salah satunya membersihkan spakbor bahan karpet yang terdapat pada Mobil.

Tidak dipungkiri, letaknya yang berada di dekat ban serta warnanya yang hitam kadang terlupakan untuk dilakukan pembersihan. Selain itu, apabila terkena air maka spakbor terlihat sudah bersih. Padahal sebenarnya masih ada kotoran yang menempel yang tidak terlihat dengan jelas. Dengan begitu membersihkan spakbor bahan karpet perlu dilakukan dengan baik.

Berikut ini merupakan beberapa langkah dalam membersihkan spakbor bahan karpet pada Mobil yang baik dan benar.

1. Persiapan sikat halus dan air sabun

Sebelum melakukan proses pembersihan alangkah baiknya menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Tujuannya supaya saat sedang eksekusi tidak kebingungan mencari alat yang dibutuhkan. Tidak banyak peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan spakbor, cukup dengan sikat halus dan air sabun saja.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menambahkan air pada air sabun dalam ember

Jangan gunakan sabun colek atau batangan untuk membersihkan spakbor Mobil

Untuk bahan air sabun bisa dibuat dengan detergen cair yang digunakan untuk mencuci pakaian dicampur dengan air secukupnya. Ingat! Jangan menggunakan sabun batangan ataupun sabun colek.

 “Bila menggunakan sabun colek dan dioleskan ke karpet berpotensi membekas putih sehingga merusak penampilan. Sementara untuk sabun cair tidak membekas,” papar Daniel.

Bahan yang digunakan selanjutnya adalah sikat halus. Anda bisa menggunakan sikat yang kerap digunakan untuk mencuci pakaian. Bahkan untuk mendapatkannya sangat mudah, biasanya di toko dekat rumah banyak yang jual. Sangat tidak disarankan menggunakan sikat yang kasar, karena berpotensi untuk merusak spakbor dari bahan karpet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

2. Mencopot roda

 Saat membersihkan spakbor bahan karpet perlu diperhatikan. Apabila aksennya terbatas dan area kotor bagian dalam tidak dapat dijangkau maka disarankan untuk mencopot roda. Namun jika dengan keadaan roda terpasang sudah dapat menjangkau semuanya, maka hal tersebut tidak masalah.

gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci untuk melepas roda mobil

Pencopotan Ban Mobil dilakukan jika tidak dapat membersihkan spakbor dengan maksimal

Apabila terasa ribet karena harus menggunakan dongkrak  untuk melepas roda atau hanya mengangkat Mobil saja, maka jalan satu-satunya adalah membawa ke salon Mobil. Namun untuk hasil maksimal pastikan tempat cucinya mempunyai lift untuk mengangkat Mobil sehingga pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal. selain itu Anda juga bisa reques kepada operator agar menggunakan sikat yang lembut dalam proses pembersihannya.

>>> Baca juga, Ukuran Ban Serep Mobil Lebih Kecil Tak Masalah, Asal Kamu Perhatikan 3 Hal Ini yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Basahi karpet

Tahapan selanjutnya jika memutuskan untuk melakukan pembersihan sendiri adalah dengan membasahi karpet. Anda bisa menyemprotnya dengan tekanan yang sedang supaya karpet tidak mengalami kerusakan. Untuk proses yang satu ini air yang digunakan tidak ada campuran sabun dan lainnya. tujuannya adalah saat nanti dilakukan penyikatan, maka kotoran dapat terangkat dengan mudah.

Gambar ini menunjukkan roda mobil dan spakbor serta bagian lain dalam kondisi basah

Spakbor Mobil rawan kotor terutama saat musim hujan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

4. Menyemprotkan air pada area yang kotor

Sangat disarankan ketika membersihkan sparbot bahan karpet air sabun yang digunakan dimasukkan ke wadah semprotan. Meskipun dengan diguyur juga bisa, namun soal hasil tetap maksimal yang disemprot. Jadi ketika terdapat bekas noda ataupun noda dengan jumlah banyak bisa dilakukan  penyemprotan air sabun lebih banyak dengan tujuan kotoran mudah terangkat saat disikat.

gambar ini menunujukkan sebuah mobil warna hitam diangkat menggunakan lift sedang dicuci

Pastikan kotoran yang menempel pada spakbor hilang sepenuhnya

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat mencuci Mobil

5. Proses penyikatan

Adapun langkah terakhir dalam membersihkan spakbor Mobil bahan karpet adalah melakukan penyikatan secara searah. Tujuannya adalah supaya bulu-bulu pada karpet tidak mengalami kerusakan.

gambar ini menunjukkan 2 orang sedang mencuci mobil warna silver

Penyikatan pada bagian spakbor dilakukan searah untuk menghindari terjadinya goresan

Perlu diingat, jangan sampai karpet peredam yang berada di spakbor atau bagian kolong Mobil mengalami kerusakan karena kurang perawatan. Karena untuk harganya terbilang cukup mahal pada komponen yang original. Jadi sangat diperlukan kewaspadaan dan hati-hati dalam melakukan perawatan.

Mungkin anda ingin baca

  • Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang

    02/01/2019

    Masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Apakah bikin boros BBM, atau mungkin meningkatkan performa kendaraan. Simak ulasan berikut!

  • Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil

    30/12/2018

    Gunung Anak Krakatau kembali aktif pasca bencana tsunami Selat Sunda beberapa hari lalu, menyebarkan abu vulkanik hingga sampai ke daerah pemukiman. Layak dicermati bagi pemilik mobil apa dampak buruk abu vulkanik ini dan bagaimana cara membersihkannya.

  • Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

    26/12/2018

    Mobil dengan desain - desain terkini banyak menggunakan fitur sunroof, di mana menghasilkan tampilan mobil yang jauh lebih berkelas dibandingkan dengan atap mobil biasanya. Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli. Tetapi banyak pula yang mempertanyakan benarkah sunroof bisa meledak.