Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

29/09/2018 Abdul Kosim Jual beli mobil

Speaker pada Mobil merupakan salah satu bagian penting pada audio. Yang mana fungsinya adalah untuk mengeluarkan nada, suara dan juga ritme. Bahkan suara yang dikeluarkan dapat disamakan dengan mulut seseorang. Jadi ketika head unit harganya mahal, kualitasnya bagus tapi tanpa adanya speaker bisa menjadi percuma karena tidak bisa didengarkan. Bagi pemilik kendaraan harus mengetahui beda jenis speaker Mobil, supaya dapat diketahui kualitas serta suara yang dihasilkan.

Di jaman sekarang banyak sekali model speaker yang dijual di pasaran. Bagi pecinta audio Mobil rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat mobilnya dilengkapi dengan audio yang sesuai selera. Biasanya hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara di dalam mobilnya. Dengan begitu kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih mantap dan bikin geleng-geleng. Jenis speaker Mobil juga berpengaruh dalam masalah ini.

Sebagian pemilik kendaraan tidak mengetahui masalah ini dan bingung saat ingin membeli speaker atau sistem audio lainnya. Bahkan banyak merek dan harga yang bervariasi dijual dipasaran. Tentunya hal ini dapat membuat bingung ketika ingin membelinya. Oleh sebab itu perlu mengetahui beda jenis speaker supaya tidak kebingungan dalam pemilihan serta yang sesuai dengan selera.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang speaker pada Mobil

Speaker merupakan bagian dari audio yang mengeluarkan suara

Jenis speaker audio Mobil jika dilihat dari kategori hanya terdapat 2 saja yakni component dan full range. "Bila ditarik ada dua jenis tipe yang paling dasar, full range dan component. Membedakanya yang paling mudah adalah, yang satu sudah lengkap yang satu lagi terurai," ujar Rochim dari CAS Audio kepada Otomania.

>>> Tips jual beli lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Menurut pihak Rochim, untuk jenis speaker component telah dilengkapi dengan tweeter, midrange, midbass yang terpisah dan dijadikan speaker satu set sistemnya. Tidak hanya itu, untuk jenis ini juga telah dilengkapi dengan penggunaan crossover passive yang fungsinya adalah untuk membagi frekuensi agar suara yang dihasilkan menjadi lebih mantap.

Gambar ini menunjukkan speaker Mobil jenis component dengan beberapa model

Speaker component cocok untuk seseorang yang suka mengutak atik

"Untuk model ini, tweeter harus ditempatkan pada posisi yang baik karena berdampak pada hasil suara di dalam kabin. Tidak bisa asal pasang, umumnya posisinya berada di pilar A," ujarnya.

>>> Baca juga, Inilah Paket Khusus Audio Datsun Go Dengan Harga yang terjangkau

Untuk jenis audio Mobil full range juga mempunyai semua elemen seperti component. Hanya saja dalam penempatan midbass, tweeter dan juga woofer diletakkan dalam satu tempat saja. Untuk jenis full range sebenarnya paling banyak yang direkomendasikan. Alasannya adalah dari segi elemen telah lengkap dan pengaplikasiannya juga terbilang cukup mudah.

Gambar ini menunjukkan 3 buah speaker Mobil jenis Full rang

Speaker full range cocok untuk seseorang yang ingin kemudahan

Sudah tahu bukan mengenai beda jenis audio Mobil. Dengan begitu sobat bisa memilih antara kedua jenis tersebut sesuai keinginan. Perlu diketahui, bagi seseorang yang tidak ingin ribet dan suka barang yang praktis bisa memilih jenis full range. Akan tetapi bagi seseorang yang suka melakukan eksperimen dan menginginkan sesuatu yang sesuai keinginan dapat memilih jenis component.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Selain mengetahui jenis speaker Mobil, merawatnya juga diperlukan. Tujuannya adalah supaya suara yang dihasilkan maksimal. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada speakernya. Gunakanlah kain yang kering, karena jika basah bisa berakibat kerusakan. Audio yang kerap dilakukan pembersihan akan menghasilkan suara yang jernih.

Selanjutnya adalah menghindari terkena sinar matahari saat siang hari. Jadi dalam hal ini harus memperhatikan saat parkir kendaraan. Speaker yang bagian sponge terbuat dari kertas, jika terkena sinar matahari terlalu lama bisa membuat umurnya menjadi tidak awet.

Untuk yang terakhir dalam merawat speaker adalah dengan  berhati-hati dalam menutup pintu. Jangan sampai membanting terlalu keras karena beresiko baut pengunci speaker menjadi kendor.

Demikianlah informasi mengenai jenis speaker Mobil dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca