Do It Yourself : Membersihkan Komponen Mobil Dengan Baby Oil

02/11/2018 Mahmudi Restyanto Perawatan mobil

Terkadang saat membersihkan mobil, Anda membeli banyak bahan cairan pembersih untuk masing-masing komponen. Padahal beberapa komponen bisa dibersihkan hanya dengan bahan yang bisa Anda beli dengan murah dan mudah ditemukan seperti baby oil.

Manfaat baby oil ialah untuk merawat kulit bayi yang cenderung sensitif. Tidak disangka ternyata bahan cairan ini bisa digunakan untuk perawatan ringan pada beberapa bagian mobil Anda. Sifat baby oil sebagai pelembab mampu mencegah kusam dan getas pada material seperti plastik dan karet. Cara ini terbilang serba guna dan cukup ampuh untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Ruang Mesin

Membersihkan ruang mesin dengan baby oil

Jangan semprotkan air bertekanan tinggi pada ruang mesin, cukup gunakan kain lap lembut (microfiber) dan baby oil

Ketika memasuki musim hujan, ruang mesin akan lebih cepat kotor. Tidak jarang ruang mesin ini luput dari kebersihan si pemilik mobil. Untuk membersihkannya pun tidak bisa sembarangan karena ada banyak komponen elektrik yang bisa saja merusak sistem elektrik pada mobil. Hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi karena bisa merusak kabel-kabel elektrik di sekitar ruang mesin. Cukup menggunakan lap basah lalu dicampur baby oil dan keringkan dengan lap chamois agar hasil terlihat bersih dan aman. Selain membuat komponen mesin dari plastik dan karet jadi lebih bersih, baby oil juga membuat komponen tidak mudah pecah-pecah dan kusam.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaru dan terlengkap di sini

Karet Wiper

Bersihkan karet wiper dengan baby oil

Karet wiper bisa dibersihkan dan dirawat menggunakan baby oil

Komponen pertama yang bisa Anda rawat dengan menggunakan baby oil adalah karet wiper. Cairan lembut tersebut bisa menjadi alternatif untuk pelembab karet sehingga tidak cepat getas. Mengingat harga pelembab karet yang mahal dan jarang dijual di toko, maka baby oil bisa menjadi alternatif. Tidak perlu khawatir, kandungan baby oil aman untuk digunakan.

>>> Ingin Berkendara Saat Hujan Deras? Jangan Nekat, Perhatikan Dulu Tipsnya Supaya Aman

Dasbor

Membersihkan dasbor dengan baby oil

Bahan plastik pada dasbor tetap aman bila dibersihkan menggunakan baby oil

Bila Anda membeli mobil bekas, kondisi dasbor terkadang terlihat kusam. Tapi tenang saja, dengan menggunakan baby oil, bisa tampak seperti dasbor mobil baru. Proses pembersihannya pun cukup mudah, hanya membutuhkan tisu dan baby oil. Basahi tisu dengan baby oil, dan usapkan pada bagian dasbor hingga merata. Bila ukuran dasbor mobil Anda sangat besar, maka akan membutuhkan banyak tisu. Pastikan seluruh bagian dan sisi dasbor terpoles dengan baby oil, karena bila ada yang tertinggal bisa menimbulkan efek belang. Aroma baby oil yang tidak terlalu menyengat juga aman untuk digunakan di interior.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

Cat Doff

Beberapa bagian pada mobil memiliki warna cat doff. Bila membeli mobil kondisi bekas terkadang ada bercak putih dan debu menempel yang telrihat jelas. Untuk menghilangkannya ternyata cukup menggunakan baby oil. Cukup tuang baby oil ke kain lap lembut seperti microfiber, lalu oleskan pada seluruh permukaan yang berwarna doff. Lakukan secara merata dan berputar dengan sedikit tekanan agar hasilnya optimal. Setelah selsai, bersihkan dengan tuntas sisa-sisa baby oil yang masuk menempel di permukaan bodi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca