Cek And Ricek, Memastikan Airbag Berfungsi Dengan Baik Pada Mobil

15/06/2018| Abdul

Fitur airbag menjadi salah satu fitur keselamatan standar pada Mobil Toyota, bahkan produsen lain juga memiliki pemikiran yang sama. Sehingga Mobil keluaran terbaru sudah ada fitur ini dan juga fitur pendukung keselamatan lainnya. Pada umumnya airbag diletakkan pada bagian kemudi dan dashboard, akan tetapi untuk kelas Mobil premium yang terbilang mewah biasanya terdapat di berbagai sisi Mobil untuk penumpang dan bagian kabinnya. Namun disamping hal tersebut, memastikan airbag berfungsi dengan baik perlu dilakukan.

Berikut ini beberapa tips untuk memastikan airbag berfungsi dengan baik, supaya saat terjadi benturan dapat melakukan tugasnya dengan maksimal.

Gambar ini menunjukkan boneka percobaan saat terkena airbag yang mengembang di dalam kendaraan

Salah satu fitur keselamatan di dalam Mobil adalah Airbag

Pada Mobil Toyota mempunyai airbag yang telah dilengkapi dengan lampu indikator di bagian dashboard. Fungsinya adalah untuk melakukan pengecekan bahwa fitur tersebut masih bekerja. Seperti misalnya kode 12 yang dimana lampu akan berkedip 12 kali, maka hal tersebut menunjukkan bahwa baterai lemah. Sedangkan kode 13 yang berarti adanya masalah pada bagian papan sirkuit airbag atau terjadi korsleting.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Selanjutnya adalah kode 14 atau lampu indikator berkedip 14 kali, yang menunjukkan bahwa terdapat masalah pada bagian sensor benturan, sedangkan kode 21 menunjukkan bahwa pemasangan airbag tidak dilakukan dengan benar. Terdapat pula kode 22 yang menunjukkan bahwa sensor benturan tidak berfungsi dikarenakan baterai lemah. Dan yang terakhir adalah kode 23 yang memiliki makna adanya masalah pada bagian sirkuit sensor benturan.

Jadi diharapkan pengemudi mengetahui kode tersebut, supaya bisa mengetahui masalah yang terjadi pada mobilnya. Dengan begitu untuk memastikan airbag berfungsi dengan baik terbilang mudah bukan. Anda tidak perlu repot harus membongkar atau mengutak atik bagian tempat airbag hanya untuk melakukan pengecekan.

Gambar ini menunjukkan 6 langkah saat airbag sedang mengembang pada bagian kemudi Mobil

Airbag melindungi pengendara saat mobil terjadi benturan keras

>>> Baca juga, Pemeriksaan Masalah Airbag Hyundai Dilakukan Setelah Dua Orang Meninggal yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Oleh sebab itu apabila terdapat masalah yang terjadi pada airbag sesuai dengan kode di atas yang diberikan oleh lampu indikator, maka disarankan untuk membawanya ke bengkel. Selain itu terdapat pula syarat-syarat tertentu supaya airbag dapat mengembang, diantaranya adalah masalah kecepatan yang harus mencapai minimal 22 kilometer per jam. Kecepatan tersebut merupakan batas airbag mengembang.

Bahkan pada beberapa merek Mobil  juga ada yang mempunyai batas minimal mengembang dalam kecepatan 12 kilometer per jam. Selain itu ada pula yang sudah lebih canggih, yakni sistem airbag dapat mendeteksi lokasi penumpang. Dengan begitu airbag akan mengembang hanya pada tempat yang terdapat penumpangnya saja. Tidak hanya itu saja, airbag yang mengembang juga yang terkena benturan atau dari arah benturan. Semisal benturan yang terjadi dari arah samping maka airbag yang mengembang hanya bagian samping saja. Jadi untuk airbag bagian kemudi atau dashboard tidak akan mengembang.

>>> Mungkin tertarik, Hadir Dengan Fitur Keselamatan Airbag, Ini Harga Datsun GO Terbaru

Gambar ini menunjukkan interior Mobil yang mewah dengan banyak airbag di dalamnya

Memastikan airbag berfungsi dengan baik memang harus dilakukan untuk keamanan

Melihat hal tersebut tentunya memastikan airbag berfungsi dengan baik sangat diperlukan. Mengingat prosesnya sangat mudah dan juga demi keamanan dalam berkendara.

Demikian informasi mengenai tips dalam memastikan airbag berfungsi dengan baik pada Mobil untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Berniat Membeli atau Menjual Mobil, Kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com!

Berita sama topik

International