Beberapa Tips Untuk Menjaga Performa Mobil Selama Masa WFH

11/04/2020| Abdul

Pemerintah mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) bertujuan supaya ruang gerak jadi terbatas. Dengan begitu kendaraan yang dimiliki seperti mobil akan berkurang penggunaannya. Jika begitu, maka bisa membuat mobil mengalami penurunan performa jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itulah menjaga performa mobil diperlukan.

 Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan supaya performa mobil tetap terjaga :

1. Menghidupkan Mesin Mobil Dengan Rutin

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memutar kunci mobil

Lakukan pemanasan secara rutin

Saat mobil tidak digunakan dalam jangka lama maka bisa membuat performa mobil mengalami penurunan. Oleh sebab itulah beberapa tindakan perlu dilakukan, salah satunya adalah menghidupkan mesin mobil secara rutin. Bisa juga dibuat jalan-jalan sekitar rumah Sobat dalam waktu 10 menit. Akan tetapi perlu diingat, hindarilah mampir ke tempat yang tidak perlu terutama di kerumunan.

Dengan melakukan hal tersebut maka sirkulasi oli tetap terjaga dan aliran listrik juga tetap aman. Perlu diingat, pada saat pertama kali mesin mobil dihidupkan pastikan AC dalam keadaan mati. Tujuannya adalah supaya kerja mesin mobil jadi lebih ringan.

>>> Baca Juga, Ciri Dan Tips Mengganti Baterai Remote Keyless Entry Yang Mulai Melemah

2. Pengecekan Kondisi Mobil

Gambar ini menunjukkan pegecekan tekanan angin ban mobil

Saat cek tekanan angin hindari mobil dalam keadaan membawa beban

Selanjutnya dalam menjaga performa mobil adalah dengan melakukan pengecekan pada beberapa bagian seperti aki, oli rem, tekanan ban dan air radiator. Sementara untuk pengecekan tekanan angin ban mobil dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali tanpa ada muatan berlebih di mobil.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Cuci Mobil

Gambar ini  menunjukkan penyemprotan mobil

Tampilan mobil tetap menarik jika kondisinya bersih

Mencuci kendaraan menjadi salah satu yang cukup efektif untuk mengisi waktu luang selama masa WFH. Jadi bukan hanya produktivitas saja, namun tampilan mobil jadi tetap kinclong. Dalam proses pembersihan, bagian yang sulit dijangkau juga perlu dilakukan. Jika tidak dikhawatirkan dapat menimbulkan karat dan jamur kedepannya.

>>> Lihat Juga, Mencuci Mobil, Jangan Lupa Membersihkan Gril Depan

4. Membersihkan Interior Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan mengelap dashboard mobil

Interior mobil yang bersih bisa menambah kenyamanan berkendara

Selain mencuci mobil bagian luarnya, di bagian interior juga perlu diperhatikan kebersihannya. Dengan begitu kebersihan dan kenyamanan akan lebih terasa saat berada di dalamnya baik untuk pengemudi ataupun penumpang. Untuk pembersihan yang dilakukan bisa mulai dari jok mobil, plafon, karpet dan juga dashboard mobil. Membuat kabin tetap segar bisa mengandalkan anti bau atau soda kue.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Memperhatikan Tempat Parkir Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil berada di garasi mobil

Saat punya mobil perlu menyiapkan garasinya

Himbauan terhadap masyarakat di Indonesia untuk tetap berada di rumah supaya rantai penyebaran virus corona bisa terputus. Dalam hal ini sebaiknya memarkirkan mobil di tempat yang berada dalam jangkauan. Jadi dengan melakukannya potensi terjadi kejahatan dapat dihindari.  Memang seharusnya jika mempunyai sebuah mobil juga harus memiliki garasi supaya tidak parkir di pinggir jalan atau tempat lainnya bukan milik sendiri.

Tidak hanya itu saja, usahakan parkir di tempat yang ada atapnya supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Dengan begitu cat mobil akan tetap terjaga, jika terpaksa parkir di tempat terbuka sebaiknya menggunakan cover mobil.

Demikianlah informasi mengenai tips menjaga performa mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International