Beberapa Fitur Pada Jok Mobil Yang Dapat Menambah Keamanan & Kenyamanan Berkendara

15/03/2019 Abdul Perawatan mobil

Pembahasan kali ini tertuju pada bagian yang mendukung kenyamanan saat di dalam mobil yakni jok. Yang mana bagian ini memiliki peranan penting yakni tempat untuk menopang tubuh pengemudi dan penumpang. Semakin berkembangnya zaman beberapa teknologi dikembangkan supaya lebih nyaman saat diduduki. Sehingga sekarang telah banyak fitur pada jok mobil yang diberikan.

Selain untuk menopang badan, dengan adanya jok mobil dapat meredam kejutan yang terjadi saat melintasi jalanan yang tidak rata. Hasilnya penumpang dan juga pengemudi tetap merasa nyaman selama perjalanan. Berikut ini merupakan beberapa fitur pada jok mobil yang mendukung dalam pengaturan serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

1. Teknologi Active Head Rest System

Gambar ini menunjukkan jok mobil dengan headrest ditinjuk dengan anak panah merah

Fitur yang diberikan sebagai pendukung keamanan dan kenyamanan berkendara

Adapun fungsi dari head rest adalah dipakai untuk sandaran kepala. Pada beberapa mobil terdapat pengaturan ketinggian  yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi atau penumpang. Dengan adanya Active Head Rest System dapat memberikan perlindungan pada pengendara dari cedera leher yang bisa saja terjadi saat kendaraan ditabrak dari arah belakang. Jadi system ini akan menaikkan sedikit headrest, dengan begitu kepala akan ditahan dari gaya belakang. Hasilnya adalah meminimalisir terjadinya cedera parah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

2. Fitur Auto Adjuster Seat

Untuk fitur ini dapat memberikan kemudahan saat melakukan pengaturan jok mobil yang dapat disesuaikan dengan postur pengemudi dan penumpang. Dengan Adanya pengaturan auto adjuster seat memungkinkan pengendara serta penumpang bisa merasakan kenyamanan selama perjalanan. Jadi hanya dengan menekan tombol power seat control maka secara otomatis motor power seat bekerja. Untuk auto adjuster seat terdapat beberapa pilihan yakni:

  • Seat Slide

Untuk fitur ini berfungsi untuk mengatur jok mobil ke arah maju ataupun mundur. Tujuannya adalah supaya jarak antara kursi dan pedal dapat diatur sehingga dapat menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pengendara.

  • Reclining

Sedangkan fungsi dari fitur reclining adalah untuk pengaturan posisi sandaran jok mobil menuju ke arah belakang ataupun depan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

  • Front vertical

Fungsinya adalah untuk pengaturan pada ketinggian bagian depan dari jok mobil.

  • Seat Lifter atau Rear Vertical

Adapun fungsi dari Seat Lifter adanya sebagai pengatur ketinggian jok mobil secara menyeluruh. Dengan begitu dapat disesuaikan dengan postur pengemudi mobil.

Gambar ini menunjukkan fitur pengaturan jok mobil di bagian samping

Beberapa pengaturan jok mobil untuk pengemudi dapat mendapat posisi yang menyenangkan

>>> Lihat Juga Berapa Tips Dalam Memilih Cover Jok Mobil

3. Fitur Ottoman Function

Fitur pada jok mobil selanjutnya adalah ottoman function yang biasanya diberikan pada mobil kelas premium. Untuk perbedaan dengan jok mobil biasa adalah adanya sandaran betis yang diberikan. Bahkan sebagai penambah kenyamanan, bagian tersebut dapat dilakukan pengaturan pada ketinggiannya. Bahkan pada beberapa kendaraan telah dilengkapi dengan fitur pijat elektrik. Dengan adanya fitur ini perjalanan menjadi lebih nyaman.

4. Seat Temperature

Adapun fitur yang satu ini bertugas untuk melakukan pengaturan pada temperatur jok mobil. Terdapat beberapa pilihan seperti mendinginkan atau menghangatkan kursi pada mobil. Dengan adanya fitur ini tentunya dapat lebih menambah kenyamanan dalam berbagai cuaca.

>>> Baca Juga, Utamakan Selamat, Berikan Kenyamanan Agar Anak Betah Duduk Di Jok Belakang

5. Isofix

Adapun pada jok mobil selanjutnya yang sangat berguna ketika membawa balita atau anak kecil adalah ISOFIX. Yang mana fitur tersebut menjadi tempat untuk meletakkan kursi bayi. Untuk caranya hanya dengan mengaitkannya saja yang menjadikan keamanan sang buah hati menjadi lebih terjaga. Umumnya fitur ini ditempatkan pada baris kedua yang menjadi tempat nyaman untuk sang buah hati.

6. Captain seat

Gambar ini menunjukkan jok mobil warna hitam 2 buah dengan Captain Seat

Captain seat berguna untuk menambah kenyamanan penumpang

Penggunaan captain seat bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang. Umumnya letaknya pada baris kedua, jadi dengan adanya fitur ini jok mobil yang biasanya diduduki 3 orang hanya dapat dipakai 2 orang saja. Tentunya dengan adanya fitur ini dapat menambah kenyamanan penumpang karena tidak perlu berdesak-desakan dengan penumpang di sampingnya.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai fitur pada jok mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mudik Lebaran: Yuk Servis Kendaraan Dulu

    15/05/2019

    Mau mudik pakai mobil atau sepeda motor, Anda bebas memilih. Namun satu yang tak boleh diabaikan Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. So servis kendaraan sebelum mudik adalah kebutuhan.

  • Jenis-Jenis Kerusakan Turbo
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Jenis-Jenis Kerusakan Turbo

    30/04/2019

    Memasang sistem induksi udara paksa kedalam mesin memang menjadi salah satu cara oleh pabrikan mobil untuk dapat menggapai tenaga dengan instan. Namun, tak ada gading yang tak retak, semua buatan manusia tidak akan sempurna. Berikut ini kami beberkan beberapa jenis-jenis kerusakan turbo.

  • Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Mobil Dengan Sistem Power Steering Elektrik Lebih Lemah Dari Hidrolik? Ini Penjelasan Teknisnya

    25/04/2019

    Power Steering Elektrik atau yang akrab disebut EPS memang meringankan kerja mesin, namun sudah menjadi rahasia umum juga jika mobil dengan sistem power steering elektrik itu lebih lemah dari power steering hidrolik. Mengapa demikian? Ini penjelasan teknisnya