Beberapa Ciri Masalah Pada Busi Mobil Yang Perlu Diketahui

10/04/2019 Abdul Perawatan mobil

Salah satu komponen pada kendaraan yang mempunyai peranan cukup penting adalah busi mobil. Dalam Bahasa Inggris kerap disebut dengan nama spark plug dan tersedia dalam beberapa model dan merek. Busi termasuk dalam sistem pembakaran dengan tugasnya sebagai pemantik api sehingga dapat terjadi pembakaran. Masalah pada busi mobil bisa saja terjadi, sehingga pengecekan atau inspeksi perlu dilakukan.

Terdapat beberapa ciri-ciri masalah pada busi mobil yang dapat diketahui. Dengan mengetahuinya tentunya bisa mengerti akan kondisi busi, apakah masih bagus, perlu perawatan atau sudah saatnya melakukan penggantian. Paling tidak supaya bisa mengetahui apakan busi masih menyala atau sudah bekerja tidak maksimal. Untuk hal yang sepele adalah dengan melihat apakah masih ada percikan api atau tidak, serta tampilannya sudah gosong atau masih bagus.

Ternyata mengenai beberapa masalah yang terjadi pada busi tidak ada ciri khusus. Berikut ini merupakan tanda-tanda beberapa masalah yang bisa terjadi pada busi mobil.

1. Memiliki Warna Usang Atau Coklat

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang busi mobil

Busi memantikkan api di ruang bakar sehingga terjadi pembakaran

>>> Mungkin Tertarik, Memasang Busi Racing! Hati-Hati Ada Efeknya

Apabila saat sobat melakukan pengecekan dan didapati warna busi sudah mulai usang atau berubah warna jadi coklat, maka hal tersebut menandakan bahwa busi hamper pensiun. Dengan begitu maka pemilik harus peka dan segera dilakukan penggantian supaya saat perjalanan tidak beresiko mogok di jalan.

2. Berwarna Kemerah-merahan Atau Kekuning-kuningan

Pada saat busi berubah warna jadi agak kemerah-merahan atau kekuning-kuningan, maka hal tersebut pertanda bahwa terdapat hawa panas yang menuju bagian mesin dengan berlebihan. Pada umumnya masalah tersebut terjadi pada bagian pendingin mesin.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Gosong Atau Muncul Kerak

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang busi dalam kondisi gosong

Lakukan pengecekan supaya saat terjadi masalah dapat segera diatasi

Masalah pada busi mobil selanjutnya adalah adanya kerak atau busi sudah gosong menjadi pertanda bahwa terdapat indikasi akan adanya masalah pada pengaturan sistem bahan bakar. Untuk pengecekan dapat dilakukan pada bagian pengaliran bahan bakar dan juga piranti kelistrikan pada kendaraan.

4. Elektroda Busi Meleleh

Pada saat busi meleleh pada bagian elektrodanya atau gosong bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada bagian kompresi atau terdapat kebocoran mesin. Jadi terdapat oli yang ikut terbakar pada bagian ruang pembakaran.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

5. Muncul Kerak Pada Kepala Busi

Gambar ini menunjukkan busi mobil dalam kondisi kekuning-kuningan

Kerak pada busi mobil dapat mengganggu kinerjanya

Pada saat busi terdapat kerak di bagian kepala busi maka hal tersebut mengindikasikan bahwa pengaturan bahan bakar dalam kondisi buruk. Akibatnya adalah sill klep bisa mengalami kebocoran yang membuat busi kemasukan oli.

>>> Baca Juga, Mengencangkan Busi Tidak Boleh Sembarangan, Ini Dia Cara Yang Benar

6. Busi Dalam Kondisi Basah

Pada saat busi kondisinya basah itu diakibatkan oleh sisa pelumas yang menempel di bagian elektroda dan juga kepala busi. Dengan begitu pemeriksaan dapat dilakukan pada bagian timing atau ritme pengapian. Selain itu dapat juga dilakukan dengan memperbaiki bahan bakar, maksudnya adalah jika biasanya menggunakan premium maka bisa beralih ke pertamax.

Gambar ini menunjukkan 2 buah busi mobil dalam kondisi basah

Beberapa tanda pada busi bisa memberitahu masalah yang terjadi pada mobil

Berkaitan masalah busi, menggantinya dengan rutin merupakan perkara yang wajar. Ditambah lagi pada bagian jarak pemantik pada busi juga perlu diperhatikan dengan memastikan tidak terlalu jauh atau dekat. Apabila umur pemakaian sudah lama meka perlu dicek apakah ada kotoran atau oli yang menempel pada kepala busi. Hal tersebut bertujuan supaya listrik tidak terhalangi oleh kotoran atau karat yang menempel. Apabila kondisinya sudah parah jangan ragu untuk melakukan penggantian.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri masalah pada busi mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca