Review dan Test Drive Honda All New Brio RS 2018

15/08/2018 | Metodius Getan Plue

1. PENGANTAR

Tampak belakang tiga unit All New Honda Brio RS 2018

All New Honda Brio RS ditujukan untuk pribadi muda yang dinamis

Review Honda All New Brio RS 2018 - Tidak bisa dipungkiri bahwa Honda Brio memiliki peran yang cukup penting dalam mendongkrak penjualan Honda. Honda Brio sangat terkenal disemua kalangan, ada hal yang membuat mobil ini menjadi lebih terkenal lagi yaitu perubahan eksteriornya yang begitu memanjakan mata. Pertama kali Brio diperkenalkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun 2012, Brio menjadi peluncuran terakhir kala itu yang sebelumnya di isi oleh Toyota Agya dan juga Daihatsu Ayla. Sperti sudah mengetahui bahwa publik merindukan Brio yang terus bergerak dan berubah lebih baik, Honda All New Brio hadir di ajang GIIAS 2018, kini lebih sporty, fresh dan elegan. Tidak salah jika mobil ini sangat di gandrungi oleh muda mudi tanah air, simak review khas Mobilmo.com berikut.

2. EKSTERIOR

Ubahan positif kami temukan pada bagian eksteriornya, kami mengapresiasi usaha Honda melalui Brio terbarunya kali ini, seperti biasa kami akan melakukan review menyeluruh dari sisi luarnya.

Review Honda All New Brio RS 2018: Tampak Depan

Tampak depan sebuah All New Honda Brio RS 2018

Bagian Depan All New Brio RS 2018

Nampaknya kenal ya dengan bagian depannya Brio baru ini, kami melihatnya sangat mirip dengan Honda Mobilio, apakah Anda setuju dengan kami? Pada sisi depannya, memang menggunakan lampu yang sama dengan Honda Mobilio, lalu kesamaan terus hadir pada sisi grilnya, Brio RS ini memiliki grill hitam dengan emblem RS. Honda Brio kali ini memang terlihat semakin mirip dengan saudaranya Mobilio, “Tapi meskipun demikian, ubahan yang kami lakukan ini memperbaiki aerodinamika, dan memperkecil nilai Coeficient of drag, sehingga membuat Honda All New Brio semakin hemat dijalan, meski berat totalnya bertambah sekitar 20 kilogram,” sebut Tsutomu Harano, Large Project Leader of All-new Honda Brio, Honda R&D Asia Pasific.co,ltd. Jadi, kami juga tidak akan heran jika Anda tertukar dalam melihat Honda Mobilio dengan Brio dari bagian depan ini.

Review Honda All New Brio RS 2018: Tampak Samping

Tampak samping sebuah All New Honda Brio 2018

Sepintas sama, namun pada pilar B ke belakang adalah desain engineering baru

Kami melihat seklias memang Honda Brio RS terbaru ini tidak banyak perbedaan dari bagian samping ini. Pada bagian samping sekilas memang tidak ada perubahan dari Brio RS yang lama, tetapi dimensi jelas berbeda. Honda All New Brio RS 2018 ini memiliki wheelbase yang lebih panjang 60 mm, dan ada perubahan dari pilar B. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari pihak Honda yang menyatakan “Rangka dari pillar B ke belakang merupakan bagian yang sama sekali baru,” ujar Tsutomu Harano. Mobil ini bertambah panjang, dengan total 205 mm, hal ini seolah mengisyaratkan bahwa All New Brio RS memiliki kabin yang lebih luas. Power Retractable Door Mirror dengan LED Turning Sigal Lamp hadir mengisi bagian sampingnya, serta Side Under Spoiler begitu memberikan rasa yang lebih modern bagi All New Brio RS 2018, pelek Alloy Whells berukuran 15 inci mengisi bagian bawah Brio terbaru kali ini.

Review Honda All New Honda Brio RS 2018: Tampak Belakang

Tampak belakang All New Honda Brio RS 2018

Pada Bagian Ini Total Berubah Dari Sebelumnya

Jika Anda bertanya bagian mana yang benar-benar baru dan fresh dari All New Brio RS? Jawabannya ada pada bagian belakang ini. Perubahan ini berubah total dari varian RS sebelumnya, tampilan lebih sporty ada pada bagian rear combination lampnya, serta bumper belakangnya yang dilengkapi Diffuser.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Review Honda All New Brio RS 2018: Dashboard

Tampak layout interior All New Honda Brio RS 2018

Dashboard Dengan Sentuhan Aksen Warna Oranye

Memasuki kabinnya, kami merasa nyaman meski tetap sedikit kecewa karena improvement yang dilakukan terkesan setengah-setengah oleh Honda. Lihat saja desain dasbornya masih mirip dengan pendahulunya. Well, meski demikian kenyamanan tetap terpancar dari penyegaran di dashboard Brio RS terbaru ini. Desainer Honda sangat baik dalam memadukan warna, pada dashboardnya warna gelap disandingkan dengan garis warna orange sangat cantik terlihat. Lalu pada layar speedometer diberikan lambang RS yang menambah kesan sporty.

Review Honda All New Brio RS 2018: Desain Jok

All New Honda Brio RS 2018 Mendapat Jok Baru Dengan Pengaturan Headrest

Jok Baru Dari All New Brio RS 2018

All New Brio RS menjadi lebih baik, kini sandaran kepalanya dapat diatur secara manual, jadi ucapkan selamat tinggal pada sandaran kursi fixed yang dulu diadopsi oleh Honda Brio RS. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh dengan kenyamanan dan juga keamanan, ketika kabin lebih luas, kursi lebih empuk dan headrest dapat di atur, maka Brio RS terbaru ini akan menjadi lebih sempurna dimata calon konsumennya. Joknya memiliki desain terbaru, senada dengan bagian dashboardnya, kursi diberikan aksen orange stitch (jahitan dengan benang warna oranye).

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Review Honda All New Brio 2018: Fitur Hiburan dan Teknologi

Tampak tombol audio di setir pada All New Honda Brio RS 2018

Headunit Multimedia Brio RS dapat dikendalikan via tombol multifungsi di setir

Semakin kesini, pabrikan lebih konsen untuk memberikan beberapa terobosan baru dalam  hal fitur dan juga teknologi, tidak terkecuali pada All New Honda Brio RS 2018. Beberapa fitur yang dapat kami temukan adalah layar sentuh di sisi dashboard berukuran 6,1 inci yang support untuk AM/FM Radio, CD/DVD, iPod/iPhone, Bluetooth & USB Connection. Untuk menambah rasa yang lebih sporty, telah dibenamkan Tweeter Speaker.

Review Honda All New Brio RS 2018: Safety

All New Honda Brio RS 2018 Memiliki Banyak Fitur Keselamatan

Fitur Unggulan Honda Dalam Safety

Kini Honda sudah membekali Brio RS 2018 dengan banyak fitur keselamatan, tentu hal ini akan sangat penting karena konsumen bukan hanya mencari mobil yang nyaman dikendarai dan juga kaya fitur tetapi bagaimana mobil tersebut memberikan ketenangan dalam hal pengurangan cidera. Fitur-fitur keselamatan pada Brio RS 2018 adalah, struktur rangka G-CON + ACE, fitur ini akan meredam dan menyalurkan energi benturan bila terjadi tabrakan dan juga ACE yang akan melindungi kabin jika bertabrakan dengan kendaraan berbeda ukuran, ada pula ABS + EBD (untuk semua tipe), Pretentioner with Load Limiter Seatbelt, Dual Front SRS Airbags, seatbelt reminder dan dari fitur keamanan ada Alarm, Immobilizer dan Wave Key + Keyless Entry.

>>> Lihatlah review mobil Honda lainnya dengan klik sini

5. OPERASI

Tampak Brio Satya dan RS terbaru bermanuver slalom

All New Honda Brio Satya dan RS bermanuver di trek slalom 

Selain sudah ada beberapa perubahan dari beragam sektor, ada sisi yang tetap sama dan dipertahankan yaitu dapur pacunya. Honda Brio RS 2018 masih menggunakan mesin 1.200 cc berkode L12, mesin ini akan memberikan tenaga sebesar 90 PS pada puntiran 6.000rpm, serta torsi 110 Nm pada raungan 4.800 rpm. Namun apakah rasanya sama? Untuk alasan itulah, kami jauh-jauh terbang ke Bali dari kantor pusat Mobilmo.com di Jakarta untuk test drive All New Honda Brio RS 2018 ini. Oke, kunci konvensional yang disebut oleh Honda wave key sudah ditangan saya. Tidak ada beda signifikan dengan Brio lama, begitupun dengan posisi duduk, kami hanya merasa ada ubahan sedikit lebih baik. Yang kami kagum, bertambahnya sumbu roda menjadi 6 cm lebih panjang ternyata berdampak positif pada kestabilannya saat bermanuver cepat. Pun begitu dengan kestabilannya patut diacungi jempol, dipacu hingga kecepatan puncak di 150 km/jam mobil tetap anteng. Namun sangat disayangkan, road noise yang timbul dari ban atau bawah kolong sepatbor masih samar-samar terdengar di telinga kami.

Tampak tim Mobilmo sedang beraksi di lintasan slalom

Tim Mobilmo ikut beraksi di lintasan slalom yang sudah disediakan pihak PT. HPM

Say thanks untuk ban bawaan All New Honda Brio RS 2018 ini yang memakai Bridgestone tipe Potenza RE030. Ban dengan sidewall (dinding) agak rata ini ternyata memberikan cengkraman yang sangat baik ke tiap permukaan jalan yang kami lalui. Meski feedback dari setir yang menggunakan mekanisme Electronic Power Steering (EPS) ini tidak begitu baik karena licinnya permukaan jalan tidak langsung terasa di setir berpalang tiga ini. Namun setidaknya penggunaan ban tadi dapat mengobati pengendalian dari city car andalan pabrikan berlogo H ini. Ingat, Honda Brio untuk varian RS tidak masuk ke kelas LCGC ya, melainkan city car atau di negara kita ini lebih booming disebut small hatchback. Oh ya, sedikit tips dari kami ketika membawa mobil ini di jalan pegunungan yang naik turun, jangan sungkan untuk memainkan tuas transmisinya, geser antara D ke S atau bahkan L. Karena meskipun transmisi CVT mobil ini sudah dilengkapi dengan Grade Logic Control  (GLC) yang mampu membaca naik-turunnya elevasi jalan, namun sistem GLC-nya tidak sepintar kakak-kakaknya sesama produk Honda lainnya.

Ilustrasi transmisi matik All New Honda Brio RS

Melewati kontur jalan turun naik? Jangan ragu pindahkan posisi tuas transmisi ke S bahkan ke L

6. SPESIFIKASI

Kami telah menyiapkan spesifikasi dari Honda All New Brio RS 2018 dibawah ini.

Spesifikasi Honda All New Brio RS 2018

Mesin

Tipe Mesin

1.2L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Isi Silinder

1198 cc

Sistem Suplai Bahan Bakar

Fuel Injection

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimal

90 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimal

110 NM / 4.800 rpm

Transmisi

Manual / Otomatis CVT

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm

Jarak Sumbu Roda

2.405 mm

Radius Putar

4,6 meter

Berat Kosong

975 Kg

Kapasitas Penumpang

5 orang

Tanki

35 L

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ban

Bridgestone Potenza RE030 185/55/R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Layaknya mobil baru yang diluncurkan tetap ada beberapa kekurangan dari segudang kelebihannya, namun kekurangan ini sangat tipis dibanding kelebihannya yang besar.

Kelebihan

Kekurangan

Desain lebih sporty dari sebelumnya

Bagasi tidak terlalu besar

Kursi lebih nyaman

Interior minim ubahan dan masih membosankan

Hemat bahan bakar

Harga jual paling mahal dibanding rival

>>> Untuk tahu kelebihan dan kekurangan mobil lainnya, silakan klik sini

8. DAFTAR HARGA

Berikut harga All New Honda Brio RS 2018 :

Tipe mobil

Harga All New Honda Brio 2018

All New Honda Brio RS M/T 2018

Rp 175.000.000

All New Honda Brio RS CVT 2018

Rp 190.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Tampak sebuah All New Honda Brio RS 2018 di Bali

All New Honda Brio RS 2018 ini layak mengisi garasi rumah Anda

All New Brio RS 2018 memiliki perubahan yang sangat positif dan segar, HPM pun yakin dapat mendulang kesuksesan ketika mobil ini sudah resmi dijual. Tidak salah jika banyak pasang mata yang ingin melihat langsung Honda Brio RS terbaru ini. Bagi Anda yang penasaran dan ingin sekali memilikinya, tunggu sampai info harga resminya keluar dan segera pinang Brio RS ini ke rumah Anda.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Review mobil serupa

  • 28/06/2018 | Handy Goeyana

    Review Honda Brio 2017, Edisi Facelift Mobil Kompak Honda

    Setelah memperkenalkan varian biasa dan LCGC yang cukup sukses dipasaran, pada ajang IIMS 2016 silam kedua mobil ini diperkenalkan dengan bentuk baru yang jauh lebih sporty dan stylish sebelum dijual ke pasar otomotif Tanah Air. Selengkapnya bisa dibaca dalam Review Honda Brio 2017 dibawah ini.

  • 24/11/2017 | Mobilmo.com

    Review Honda Brio, Si Mungil Yang Selalu Unjuk Gigi

    Meskipun pasar mobil SUV dan MVP tengah marak dalam beberapa waktu belakanga, mobil dengan segmen Low Coast Green Car (LCGC) tetap memiliki marketnya sendiri. Mobil yang dikenal irit bahan bakar serta berharga cukup murah ini memang menjadi solusi bagi mereka yang memiliki budget minim untuk memberi kendaraan roda empat.

  • 17/10/2019 | Abdul

    Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    Kesuksesan yang dituai Honda Brio pada 2012 silam mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda Brio Satya pada 2013. Lain dari versi pendahulunya, kendaraan tersebut adalah versi LCGC (Low Cost Green Car) dari city car tersebut. Nah Untuk kali ini kami akan membahas spesifikasi Honda Brio 2015, mari kita simak.