Bagaimana Cara Kerja NOS Menambah Tenaga Mesin?

24/01/2019 | Arfian Alamsyah

Bagi Anda yang pernah mengalami masa muda di era 2000-an awal, ataupun penyuka film layar lebar The Fast And The Furious dari seri pertama Anda pasti familiar dengan tabung NOS dan tentunya menark untuk mengetahui cara kerja NOS. NOS merupakan akronim alias kependekan dari gas Nitrous Oxide System. Ketika aliran gas NOS dialirkan ke mesin, seketika itu juga mobil seperti meledak tenaganya, dan proses akselerasi akan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara kerja NOS?

>>> Ini bedanya VTEC dengan i-VTEC

Tabung dan perangkat sistem NOS

NOS dapat menambahkan tenaga dengan instan ke mesin mobil

“Secara umum NOS adalah pembawa oksigen, jadi di tempratur tertentu yang agak tinggi, antara Nitrogen dengan Oksigen dapat terpecah menjadi dua. Nah apabila gas tersebut ditambahkan dengan jumlah bahan bakar yang pas, maka itu sama aja seperti kita memampatkan udara paksa ke mesin. Jadi intinya cara kerja NOS itu menambahkan udara kedalam mesin, makanya ketika udara tersebut tersuntik kedalam mesin, secara otomatis tenaga dari mesin menjadi berkali lipat. Namun instalasi NOS ke mesin harus benar, agar cara kerja NOS tadi dapat sempurna,” papar Yongki Prioutomo atau yang akrab disapa Om Turbo.

>>> Temukan ulasan mobil baru terbaik dan mendalam disini

NOS sangat dipengaruhi oleh film The Fast And The Furious

Penggunaan NOS juga dipopulerkan oleh film The Fast And The Furious

Lalu mengapa NOS tidak sepopuler turbocharger? Karena sesuai penjelasan cara kerja NOS tadi, lonjakan tenaga ketika NOS tersuntik kedalam mesin begitu instan dan enggak semua pengemudi mampu mengendalikan mobilnya ketika NOS in charge. Berbeda dengan turbocharger yang lonjakan tenaganya simultan dan terprediksi, makanya penggunaan NOS biasanya hanya populer di ajang adu kebut lurus alias drag race.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 05/06/2020 | Abdul

    Mengenal Jenis Kompresor AC Mobil Sebagai Tambahan Informasi

    Saat ini banyak yang menggunakan AC sebagai alat pendingin pada mobil. Salah satu alat kelengkapan pada mesin AC yaitu wajib menggunakan kompresor. Kompresor ibarat jantung AC yang berfungsi menghisap freon dari tekanan rendah kemudian didistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi.

  • 04/06/2020 | Abdul

    Fase New Normal, Menyemprot Mobil Dengan Desinfektan perlu Dilakukan

    Himbauan dari pihak kepolisian kepada pemilik kendaraan supaya menyemprot mobil dengan desinfektan. Hal tersebut dilakukan secara berkala dalam fase new normal dengan tujuan untuk mencegah virus corona.

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.