Apa Yang Terjadi Jika Metal Duduk Dan Metal Jalan Rusak Tidak Segera Diganti?

01/05/2019 | Arfian Alamsyah

Mungkin Anda pernah mendengar istilah metal jalan (thrust bearing), metal duduk (journal bearing atau main bearing). Kedua jenis bearing ini sangat penting perannnya di dalam mesin mobil. Tanpa adanya metal duduk dan metal jalan kruk as tidak akan sempurna dalam 'mengikat' connecting rod atau setang piston. Lantas, apa yang akan terjadi jika metal duduk dan metal jalan mengalami kerusakan dan tidak segera diperbaiki?

>>> Timing belt merupakan salah satu nyawa dari mesin mobil, ini alasan teknisnya

Disinilah letak metal duduk dan metal jalan

Disinilah letak metal duduk dan metal jalan pada mesin mobil

Jadi mudahnya begini, antara metal jalan dengan metal duduk itu ada yang namanya lapisan film atau oil film. Oil film bekerja pada gap (celah) tertentu. Apabila oil film sudah longgar maka oil film yang berfungsi sebagai pelumas guna melapisi kedua bearing atau metal tersebut tidak akan terbentuk. Jika lapisan oil film hilang, maka kedua metal tersebut beradu, alhasil akan membuat oil pressure (tekanan oli) loss atau oli jadi membuang kesamping.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Ilustrasi Metal duduk serta metal jalan

Oil film akan terbentuk dan melumasi semua bagian ini untuk menciptakan gap tertentu

Kedua metal yang saling beradu ini akan membuat celah menjadi semakin longgar, alhasil oli bisa gagal bersirkulasi. Efek parahnya lagi, jika metal duduk dan metal jalan rusak tidak segera diganti adalah metal jalan yang juga berfungsi memegang setang piston akan dapat terlepas, walhasil piston bisa nabrak ke klep (valve). Kalau sudah begini akan muncul istilah katastropik atau kerusakan parah yang terjadi merembet. 

>>> Ini dia kelebihan dan kekurangan sistem direct injection pada mobil

Tampak Letak thrust bearing dan main bearing

Jika thrust bearing gagal 'memegang' setang piston, piston bisa maju dan nabrak klep

Lantas bagaimana cara mengetahui kondisi metal duduk dan metal jalan yang sudah aus? Untuk metal duduk nyaris tak ada suara atau tanda apapun, namun untuk metal jalan akan ada bunyi tertentu seperti bunyi kreeeek... atau ketukan di putaran mesin tertentu. So, jika metal jalan sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan segera ganti bersamaan dengan metal duduknya ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?