Antena Sirip Hiu Pada Mobil, Selain Tampil Menarik Juga Memiliki Fungsi Penting!

12/03/2019 Abdul Perawatan mobil

Mobil merupakan kendaraan yang terbilang sangat nyaman. Beragam fitur diberikan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Dari mulai yang terlihat biasa sampai fitur mumpuni dengan teknologi canggih. Salah satu bagian mobil yang kadang tidak diketahui fungsinya adalah sirip hiu pada mobil.

Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan mobil masa kini sudah diberikan layar yang berfungsi untuk mengoperasikan fitur pada kendaraan. Salah satunya adalah sistem navigasi yang dapat membantu pengendara dalam menentukan arah kendaraan. Dalam navigasi ini umumnya adalah GPS (Global Positioning System). Untuk ketepatan posisi maka dibutuhkan penangkap sinyal atau pemancar, oleh sebab itulah dipasangkan sirip hiu atau yang sering dikenal dengan Shark Fin.

Gambar ini menunjukkan sirip hiu yang menempel pada bodi mobil warna putih

Sirip hiu memiliki fungsi penting dan tidak hanya sebagai aksesori saja

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Shark Fin merupakan aksesoris pengganti antena yang bertugas untuk  menangkap sinyal. Memang banyak yang mengira bahwa komponen ini menjadi salah satu aksesoris untuk meningkatkan tampilan mobil lebih menarik. Hal tersebut juga tidak salah, karena dengan adanya aksesoris tersebut tampilan menjadi lebih sporty.

Bahkan fungsi dari sirip hiu tidak hanya digunakan sebagai penyokong GPS saja, akan tetapi juga dapat meningkatkan kinerja pada fasilitas lain. Sebagai contoh adalah TV atau Radio yang posisinya berada pada bagian head unit. Dengan adanya Shark Fin yang berfungsi sebagai antena menjadikan gambar dan juga suara yang dihasilkan jadi lebih bersih dan berkualitas. Alhasil penumpang dan pengemudi dapat hiburan lebih menyenangkan selama perjalanan.

Perlu diketahui, bahwa antena Shark Fin  mempunyai modul dasar yang memiliki ukuran 16 mm. Rancangan yang diberikan juga disesuaikan dengan kelengkungan pada bagian atap kendaraan. Apabila dilihat secara global, sejak tahun 2012 pihak Toyota telah mengeluarkannya yang diberikan pada mobil Toyota Corolla salah satunya.

Gambar ini menunjukkan sirip hiu yang terhubung dengan kabel pada mobil

Umumnya sirip hiu terhubung menggunakan kabel konektor

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Untuk menghubungkan antara head unit dengan antena Shark Fin melalui kabel konektor yang berkualitas. Dengan begitu gelombang GPS, Personal Communication Service (PCS), Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS) dan juga Advance Mobile Phone Services (AMPS) dapat disalurkan. Memang pada beberapa mobil masih menggunakan model antena yang bentuknya panjang dan menjulang ke atas. Kalau menurut saya mobil dengan antena seperti itu bisa disamakan dengan mobil remote control. Sama-sama mempunyai antena dan berfungsi sebagai penerima gelombang.

Adapun mengapa antena sirip hiu ini digunakan bukan tanpa alasan, tentunya akan ada dasar yang dimiliki dan juga kuat. Jadi dengan bentuk yang dibuat tipis dan juga desain meruncing membuat tampilan mobil tidak akan berkurang dari segi aerodinamika kendaraan. Bahkan dengan adanya aksesori tersebut tampilannya juga tampak lebih menarik.

Sebagai tambahan informasi, terdapat 5 jenis antena pada kendaraan yang umumnya digunakan. Adapun yang pertama adalah jenis antena besi yang biasanya ditempatkan pada bagian pilar A kendaraan di bagian atap. Sobat bisa menemukan antena model ini pada mobil Suzuki APV, Toyota Avanza generasi pertama dan lainnya. Jenis selanjutnya adalah fixed, yang mana untuk jenis ini tidak dapat dilakukan pengaturan dari segi panjang dan juga pendeknya. Untuk mobil yang memakai antena model tersebut adalah Nissan X-Trail dan juga Honda Jazz generasi pertama.

>>> Lihat Juga, Ingat! Jangan Asal Dalam Memilih Aksesori Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menunjuk pada layar head unit pada mobil

Antena terhubung dengan head unit pada mobil

Model antena selanjutnya yang sedang trend adalah sirip hiu, yang mana fungsi lain yang dimiliki dapat meningkatkan tampilan mobill sehingga lebih bergaya. Jadi dari segi bentuk memang sama dengan sirip yang dimiliki oleh ikan hiu. Untuk posisinya biasanya di bagian atap belakang. Jenis antena berikutnya dan merupakan paling canggih adalah printed glass, yang mana untuk bentuknya hanya berupa garis saja seperti defogger. Namun jika membicarakan kecanggihan ada jenis terakhir yang juga canggih yakni motorized. Antena jenis ini dapat naik dan turun secara otomatis, jadi ketika mesin hidup maka otomatis naik dan jika mesin mati maka akan turun. Ada juga model yang dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol saja.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah antena sirip hiu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca