Ada Gejala Berikut Menandakan Ring Piston Bermasalah

24/08/2019| Fatchur Sag

Ring piston atau biasa disebut ring seher merupakan komponen mesin berbentuk bulat melingkar seperti cincin yang berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah kebocoran kompresi dan oli diantara samping piston dengan dinding silinder, selain itu juga untuk memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.

Foto menunjukkan seorang mekanik sedang melepas ring piston untuk pemeriksaan

Meski kecil dan pipih, ring piston sangat vital bagi kinerja mesin

Ring piston termasuk salah satu komponen yang tahan lama, tidak cepat rusak dan tidak cepat aus. Hal ini karena ring piston terbuat dari bahan berdaya tahan tinggi seperti perunggu, aluminium, fosfor dan stainless steel yang punya kemampuan menahan temperatur panas tinggi. Meski demikian ada masanya ring piston mengalami penurunan akibat digunakan dalam waktu lama. Gejalanya bisa diketahui dari menurunnya performa kendaraan atau polusi udara yang timbul dari ruang bakar.

>>>  Mengetahui Fungsi Piston Mobil Dan Perawatannya

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, keausan ring piston adalah kondisi dimana bagian samping dari ring mengalami pengikisan. Pengikisan ini akan memperkecil diameter total dari ring sehingga celah pada silinder akan semakin melebar. Gejala-gejala berikut menandakan ring piston bermasalah dan harus dilakukan penanganan:

1. Oli mesin cepat habis

Seharusnya, ring piston mampu merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tidak ada aliran oli dari penampung oli ke ruang bakar. Tetapi jika ring piston aus, oli akan lebih mudah masuk ke ruang bakar ketika piston bergerak naik turun. Pergerakan naik turun piston bisa menyebabkan oli di bak oli bergejolak. Gejolak ini akan membuat oli naik ke ruang bakar karena celah ring yang membesar, sehingga oli akan ikut terbakar dan volume oli mesin akan semakin berkurang.

>>> Telat Ganti Oli, Ini Risiko Yang Harus Ditanggung

Foto menunjukkan ring piston mobil sedang diperiksa kondisinya oleh mekanik

Oli mesin cepat habis, bisa jadi karena ring piston bermasalah

2. Keluar asap putih dari knalpot

Asap putih adalah hasil dari oli yang terbakar di dalam ruang bakar. Ini artinya, tanda yang satu ini masih ada hubungannya dengan tanda yang pertama. Jika terlihat asap putih tipis (agak kebiruan) muncul dari dalam knalpot saat mesin hidup, coba cek volume oli mesin. Jika olinya berkurang maka dipastikan sudah terjadi keausan ring piston.

3. Suara mesin sedikit lebih kasar

Suara mesin yang normal itu halus, namun jika ada kebocoran kompresi maka suara mesin menjadi lebih kasar. Suaranya akan terasa tidak nyaman untuk didengar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Seorang wanita heran dengan suara mesin mobilnya yang terdengar kasar

Sangat tidak nyaman jika suara mesin mobil terdengar kasar

Jika gejala-gejala tersebut sudah muncul, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dan solusinya secara tepat sebab bisa saja bukan ring piston bermasalah tapi komponen lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International