2 Hal Menyebabkan Knalpot Ngebul

24/06/2020 | Fatchur Sag

Dibanding mobil keluaran lama, mobil-mobil keluaran terbaru lebih bersahabat dengan lingkungan. Mobil-mobil lama lebih banyak menimbulkan polusi karena lebih banyak asap yang keluar dari saluran pembuangan alias knalpot. Sedangkan mobil-mobil sekarang tidak mengeluarkan asap dalam jumlah besar.

Foto Polusi udara Kota Jakarta

Kendaraan bermotor berkontribusi besar terhadap pencemaran udara

Meski hanya mengeluarkan sedikit asap, tingkat polusi yang ditimbulkan karena pembakaran kendaraan bermotor nyaris sama saja dengan dulu. Tetap tinggi dan merusak kualitas udara. Hal ini tak lepas dari semakin banyaknya populasi kendaraan bermotor yang beredar di jalanan.

Penyebab knalpot ngebul

Terlepas dari perbedaan dulu dan sekarang, menarik untuk diketahui mengapa knalpot bisa ngebul atau mengeluarkan asap. Mengutip laman Suzuki, hanya ada 2 hal yang menyebabkan knalpot ngebul.

Pertama; pembakaran

Terjadinya pembakaran di ruang mesin menimbulkan emisi dan emisi harus dikeluarkan. Satu-satunya jalur yang disiapkan untuk membuang emisi yaitu knalpot. Proses semacam itu hanya terjadi pada mobil-mobil konvensional atau berbahan bakar minyak. Dan hal tersebut dianggap wajar. Kemajuan teknologi membuat mobil-mobil terkini tak terlihat mengeluarkan asap. Selain melalui pembakaran yang lebih sempurna, emisi langsung terurai saat keluar dan bercampur dengan udara luar.

>>> Modifikasi Mesin Jadi Yang Tercepat, Ford Mustang 1965 Dijual Rp. 15 Miliar

Foto menunjukkan mobil mengeluarkan asap saat di jalanan

Tanpa pembakaran tidak akan ada asap

Meski tak menampakkan asap pekat, sisa pembakaran yang keluar dari mobil ber-BBM tetap mencemari udara. Kondisi ini berbeda dengan mobil listrik. Karena tidak ada pembakaran bahan bakar mobil listrik tidak mengeluarkan emisi atau disebut zero emission.

Kedua; ada masalah

Knalpot ngebul bisa menjadi indikasi masalah sistem pembakaran. Diantaranya kebocoran oli, baik dari merembes dari seal maupun dari gasket kepala dan silinder. Lalu bisa juga karena kelebihan BBM yang masuk ruang silinder, karburator tidak disetel dengan baik, air coolant masuk ruang mesin, injektor mesin aus, kerusakan pada PCV (Positif Crankcase Ventilation) dan yang lain.

>>> Bukan Hanya Teknis, Ini Alasan Knalpot Bocor Harus Segera Diperbaiki

Foto knalpot mengeluarkan asap hitam

Indikasi adanya masalah bisa diketahui dari warna asap knalpot

Jika point kedua ini yang menyebabkan knalpot ngebul, harus segera dilakukan penanganan. Pemilik bisa melakukannya sendiri di rumah asal punya pengetahuan terkait masalah yang ada serta punya peralatan yang dibutuhkan. Jika tidak, solusi paling direkomendasikan adalah bawa ke bengkel resmi. Selain mereka memiliki mekanik-mekanik ahli, bengkel resmi memiliki peralatan yang lebih lengkap untuk mendukung penanganan serta menyediakan suku cadang jika ada part yang harus diganti.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.