Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Di Malam Hari Supaya Aman

05/01/2021| Abdul

Melakukan perjalanan tidak hanya di siang hari. Kadangkala seseorang perlu mengemudi mobil saat malam hari dengan jarak yang jauh. Berbeda dengan siang hari, banyak kendaraan lain yang berseliweran dan toko, warung atau supermarket pada buka. Kalau malam hari hanya beberapa saja yang buka. Mengemudi mobil jarak jauh di malam hari tentunya menginginkan rasa aman dan nyaman.

Tidak dipungkiri bahwa menempuh perjalanan di malam hari terbilang cukup efektif. Hal tersebut karena kondisi jalan yang lebih lancar dan kadangkala pengemudi akan memacu kendaraannya lebih cepat sehingga bisa sampai tujuan dengan lebih cepat. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tetap lancar dan juga aman secara perjalanan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil jarak jauh di malam hari yang dibagikan Wuling Indonesia di situs resminya.

1.Memastikan Kondisi Optimal

Mengemudi mobil saat malam hari membutuhkan mobil dalam kondisi prima. Terutama pada bagian pencahayaan karena malam hari jalanan tampak gelap. Jadi jangan lupa mengecek bagian lampu seperti lampu depan, lampu rem, lampu sein dan lampu lainnya. Apabila mengalami masalah sebaiknya dilakukan perbaikan sebelum melakukan perjalanan. Tidak hanya itu saja, di  malam hari jarang sekali bengkel yang buka sehingga saat ada masalah akan sangat merepotkan.

Gamnbar ini menunjukkan lampu menyala pada mobil Toyota

Sebelum berangkat cek lampu dan bahan bakar

>>> Baca Juga, Tips Menghadapi Silau Sinar Lampu Kendaraan Dari Arah Berlawanan

2. Memperhatikan Kondisi Tubuh

Selain kendaraan kondisi tubuh juga perlu diperhatikan. Mengingat saat malam hari biasanya dibuat tidur, ini dibuat untuk mengemudi mobil jarak jauh. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah biasa tidak ada masalah. Nah ketika ingin menempuh jarak jauh sebaiknya di siang hari beristirahat dengan cukup.

3. Mengajak Teman Yang Bisa Mengemudi

Tips mengemudi mobil jarak jauh di malam hari selanjutnya adalah dengan mengajak teman yang bisa mengemudi mobil. Tujuannya adalah saat merasa letih bisa menjadi pengganti. Selain itu, dengan adanya teman rasa kantuk dapat hilang dengan mengobrol.

4. Memastikan Rute Yang Akan Dilalui

Pada saat melintasi jalanan yang sudah sering dilewati tentunya akan sedikit tahu atau bahkan hafal jalanan yang dilewati, baik itu berupa turunan, tanjakan dan belokannya. Namun berbeda dengan jalan yang baru pertama kali melewatinya. Sebaiknya kemudikan mobil dengan kecepatan yang wajar. Karena ngebut di jalanan yang baru pertama kali dilewati memiliki resiko cukup tinggi. Jadi biasanya pengemudi belum paham akan posisi jalan yang berlubang, tanjakan, turunan dan lainnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan rest area pada malam hari

Jangan paksakan berkendara saat timbul rasa kantuk

>>> Baca Juga, Melintas di Jalanan Gelap Minim Penerangan, Ini yang Harus Diwaspadai

5. Mengemudi Kemudian Timbul Rasa Kantuk

Jika mengemudi mobil sendiri atau teman tidak ada yang bisa menggantikan maka sebaiknya melakukan treatment saat muncul rasa kantuk. Hal tersebut dapat dilakukan dengan sejenak berhenti di rest area atau tempat aman lain dan melakukan pemanasan supaya rasa kantuk dapat hilang dari tubuh. Jika memang tidak hilang maka jalan satu-satunya adalah tidur sejenak.

6. Memakai Lampu Jauh Seperlunya

Tips mengemudi mobil jarak jauh di malam hari adalah menggunakan lampu jauh secukupnya saja. Hal tersebut disebabkan lampu jauh terbilang cukup sensitif untuk pengendara lain dari arah yang berlawanan. Sehingga mengganggu pengendara dari arah berlawanan yang berpotensi silau dan beresiko menyebabkan masalah.

7. Memperhatikan Jalanan Saat Sepi

Saat malam hari jalanan biasanya sepi. Dalam hal ini bukan saatnya untuk bersantai, meskipun jalanan lenggang sebaiknya tetap waspada dan jangan sampai lengah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan kecelakaan yang bisa saja terjadi. Perhatikan perilaku pengemudi lain jika mencurigakan. Selalu waspada dan siap dengan segala kemungkinan. Contohnya adalah memberikan ruang lebih saat ada pengemudi lain yang memacu mobilnya dengan kecepatan yang tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gamnbar ini menunjukkan jalanan malam hari dilihat dari dalam mobil

Tetap waspada walaupun jalanan dalam kondisi sepi

8. Berhenti Setiap 2 Jam

Adapun tips terakhir dalam mengemudi mobil jarak jauh di malam hari adalah dengan berhenti setiap 2 jam untuk beristirahat. Apabila sering berkendara di malam hari, jangan lupa melakukan pemeriksaan pada kesehatan matanya. Jangan lupa pula menjaga etika ketika berkendara di malam hari.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    06/01/2021| Abdul

    Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    Apabila membicarakan soal fitur keselamatan tentunya Sobat pasti tahu yang namanya Seat belt atau sering dikenal dengan nama sabuk pengaman. Fitur ini dapat melindungi pengendara dan penumpang supaya tidak terpental ketika terjadi kecelakaan. Untuk jenisnya ada 2 yaitu seat belt 3 titik (3-Point-Seatbelt) dan 2 titik (Two Point-Seatbelt).

  • Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Di Malam Hari Supaya Aman

    05/01/2021| Abdul

    Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Di Malam Hari Supaya Aman

    Mengemudi mobil jarak jauh di malam hari terdapat hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah demi keamanan dan keselamatan selama berkendara. Dengan begitu pengendara dan penumpang bisa sampai tujuan dengan aman dan selamat tanpa ada masalah di jalan.

  • Tahapan Mengurus SIM Hilang Melalui Sistem Online

    07/12/2020| Abdul

    Tahapan Mengurus SIM Hilang Melalui Sistem Online

    Mengurus SIM hilang dapat dilakukan secara online. Jadi kemudahan ditawarkan oleh pihak kepolisian dalam pengurusan. Apalagi di masa pandemi kali ini, yang mana masyarakat diharapkan memperhatikan protokol kesehatan dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu.

International