Tingkatkan Kewaspadaan, Ini Tanda Rem Mobil Blong Yang Perlu Diketahui

09/09/2019 | Abdul

Dengan mengetahui tanda rem mobil blong maka pengemudi bisa menepikan kendaraan dan tidak meneruskan perjalanan. Tujuannya adalah melakukan pengecekan pada sistem pengereman dan segera dilakukan perbaikan dengan memanggil mekanik dari bengkel resmi atau umum.

Berikut ini merupakan beberapa tanda rem mobil blong yang dapat diperhatikan dan bisa menjadi salah satu informasi penting untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

1. Saat Menginjak Pedal Rem Terlalu Ringan

Gambar ini menunjukkan 2 kaki sedang menginjak pedal rem dan kopling

Saat rem bermasalah biasanya terasa berbeda ketika menginjak pedal rem

>>> Lihat Juga, Tips Mengatasi Rem Blong Pada Mobil Transmisi Manual

Pastinya pengemudi akan paham mengenai kondisi mobilnya seperti kebiasaan dalam menekan pedal gas, kopling dan rem. Saat terlalu ringan tentu akan merasakan perbedaan dibandingkan biasanya. Sehingga pengemudi perlu lebih waspada jika terjadi perbedaan tersebut. Pedal rem yang lebih ringan tidak seperti biasanya umumnya dikarenakan minyak rem pada mobil sudah berkurang kuantitasnya dan cenderung telah habis. Apabila sudah kehabisan meka injakan pada pedal rem akan menjadi lebih ringan dan bahkan bisa saja hilang.

Hal tersebut disebabkan oleh minyak rem yang tidak dapat meneruskan tekanan yang dilakukan pengemudi melalui pedal rem dalam menekan kampas rem. Selain itu, penyebab lainnya adalah adanya angina yang  terdapat pada sistem pengereman dan perlu segera dikeluarkan.

2. Saat Rem Mobil Diinjak Terasa Tertarik Sebelah

Dalam kondisi ini, saat pengemudi menginjak pedal rem maka mobil seperti tertarik ke satu sisi, baik itu sebelah kiri ataupun kanan. Hal ini dapat dirasakan melalui kemudi mobil yang juga terasa tertarik dan membuat pengemudi perlu menahan kemudi agar mobil tidak berbelok sendiri. Umumnya masalah ini terjadi disebabkan adanya masalah pada bagian saluran distribusi tekanan minyak rem. Selain itu juga bisa dikarenakan oleh kebocoran yang terjadi pada salah satu silinder piston sistem pengereman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang melihat jalanan

Saat terjadi rem blong dan tidak bisa mengendalikannya nyawa jadi resikonya

>>> Baca Juga, Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil Matic

3. Pedal Rem Terasa Lebih Keras

Tanda rem mobil blong selanjutnya adalah saat menginjak pedal rem terasa lebih keras. Jadi tidak hanya terasa ringan saja, saat pedal rem terasa lebih keras dari biasanya bisa menjadi tanda ada masalah. Umumnya hal tersebut terjadi karena saluran fluida tersumbat, kampas rem terkena oli, silinder roda macet atau selang vacuum yang pecah.

4. Rem Terasa Bergetar

Tanda ini muncul ketika kondisi sepatu rem yang telah mengeras ataupun rem yang terkena oli. Apabila oli yang terkena rem tidak segera dilakukan pembersihan, maka bisa menjadi penyebab terjadinya rem blong. Selain hal tersebut, rem mobil yang bergetar bisa juga disebabkan oleh piringan cakram ataupun tromol yang kondisinya sudah tidak rata. Sehingga dapat membuat kinerjanya melemah dan menjadikan tekanannya hilang saat melakukan kerja berat.

5. Muncul Suara Gesekan Pada Sistem Pengereman

Hal ini dapat terjadi apabila kampas atau sepatu rem yang telah aus. Biasanya permukaan kampas telah habis dan belum dilakukan penggantian. Hasilnya gesekan terjadi antara tromol atau piringan cakram dengan pegangan kampas. Jika sudah begitu maka rem akan menjadi panas dan daya cengkramnya jadi hilang membuat sistem pengereman jadi blong atau gagal fungsi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalanan

Jarak pengereman yang terlalu dekat bisa beresiko menabrak kendaraan di depannya

6. Saat Melakukan Pengereman Jaraknya Bertambah

Mungkin bagi pengemudi sudah tahu akan jarak saat melakukan pengereman dengan mobil di depan agar tidak menabraknya. Apalagi mobil itu miliknya sendiri yang sudah sering digunakan. Namun ketika jaraknya bertambah maka perlu waspada, karena bisa jadi salah satu tanda rem mobil blong. Jadi alangkah baiknya untuk segera melakukan pengecekan sistem pengereman saat mengalaminya. Jika ternyata kondisinya baik-baik saja tidak masalah, setidaknya sudah melakukan langkah pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Apabila mengalami beberapa tanda rem mobil blong di atas sebaiknya segera menepikan kendaraan untuk dilakukan pengecekan. Jika tidak yakin akan performa sistem pengereman yang dimiliki sebaiknya memanggil mekanik bengkel resmi terdekat atau bengkel umum di sekitar pemberhentian Sobat. Mencegah lebih baik daripada harus mengalaminya di jalan dan berakibat fatal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik