Tips Mengatasi Rem Blong Pada Mobil Transmisi Manual

13/03/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Rem blong merupakan salah satu hal yang tidak ingin dialami oleh semua pengemudi Mobil. Bahaya yang terjadi saat mengalami sangatlah fatal jika tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Rem blong merupakan salah satu hal yang tidak ingin dialami oleh semua pengemudi Mobil. Bahaya yang terjadi saat mengalami sangatlah fatal jika tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Jadi sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala pada sistem pengereman dan juga komponen Mobil lainnya. Mobil manual merupakan kendaraan yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Jika terjadi rem blong ada beberapa hal yang perlu dilakukan, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tips mengatasi rem blong pada Mobil transmisi manual di bawah ini. Sebelum masuk dalam cara mengatasinya terlebih dahulu Saya tekankan beberapa hal. Dalam proses menanggulangi terjadinya kerusakan sistem pengereman saat keadaan melaju terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan. Adapun 4 hal tersebut meliputi fokus atau tetap tenang, engine brake, hand rem dan lampu hazard. 4 hal ini harus dipadukan supaya bisa memberhentikan Mobil ketika terjadi rem blong.

Mengatasi rem blong pada Mobil manual dibutuhkan ketenangan

Pada saat Anda mengetahui bahwa ternyata kondisi Mobil Anda mengalami rem blong saat perjalanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Tenang yang dimaksud disini supaya bisa mengambil langkah selanjutnya. Walaupun tidak dipungkiri lagi bahwa saat terjadi rem blong pasti akan panik. Namun cobalah mengingat langkah-langkah mengatasinya.

Lampu Hazard berguna untuk memberitahu pengendara lain jika ada masalah

Setelah Anda mengingat sesuatu yang harus dilakukan, nyalakanlah lampu hazard pada Mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk memberitahu kendaraan lain bahwa Mobil Anda sedang mengalami masalah. Mungkin jika jalanan menanjak hal ini tidak masalah, akan tetapi jika menurun pasti berbahaya. >>> Mungkin tertarik, Belajar Menginjak Pedal Mobil Manual Yang Benar Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi rem blong pada Mobil transmisi manual setelah menyalakan lampu hazard adalah menekan pedal kopling sambil menarik hand rem secara perlahan. Kemudian masukkan gigi di bawahnya. Misalkan Anda dalam posisi gigi 4 maka masukkan menuju 3. Setelah itu lepaskan kopling dan Mobil seperti agak tertarik ke belakang karena engine brake yang terjadi. Setelah itu ulangi langkah tersebut hingga sampai pada gigi 1. Jika posisi gigi sudah di 1 maka Mobil akan berjalan secara perlahan dan Anda bisa meminggirkan Mobil Anda untuk berhenti.

Engine brake berguna untuk memperlambat laju Mobil

Perlu diperhatikan, saat menarik hand rem diharapkan jangan terlalu bernafsu sampai menarik secara penuh. Hal ini dapat mengakibatkan Mobil terpanting jika dalam kecepatan tinggi. Selain itu jika terdapat Mobil di depan yang berjalan pelan atau sedang berhenti. Maka Anda bisa menarik hand rem lebih keras namun tidak secara spontan. Kalau bisa nyalakan klakson terlebih dahulu agar Mobil di depan mempercepat lajunya atau meminggirkannya supaya Anda bisa lewat. >>> Klik di sini untuk mengeupdate Tips pengemudian lainnya Pastikan juga kontrol kemudi Anda dalam kondisi yang baik supaya bisa berbelok dengan lancar. Dengan begitu saat Anda mengatasi rem blong bisa dilakukan dengan sempurna. Setelah Mobil berhenti sebaiknya Anda turun dari Mobil dan mencari minuman terlebih dahulu sebelum ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan supaya kondisi Anda kembali normal tidak panik ataupun gemetaran.

Rem tangan merupakan alternatif pengereman selain rem kaki

Mungkin jika keadaan jalanan yang datar, menggunakan hand rem sudah cukup untuk memberhentikan Mobil. Yang terpenting adalah tetap konsentrasi, tenang dan jangan lupa menyalakan lampu hazard. Jika tidak dinyalakan maka kendaraan lain tidak tahu bahwa Mobil yang Anda kendarai sedang mengalami masalah yang serius. Jika Anda sedang bersama teman atau keluarga di perjalanan, usahakan untuk menyuruhnya tenang. Apabila mereka berteriak maka bisa mengganggu konsentrasi Anda saat akan mengatasi rem blong pada Mobil transmisi manual yang Anda kemudikan. >>> Klik di sini untuk mengeupdate Tips dan Trik lainnya Itulah tips yang bisa Saya sampaikan tentang mengatasi rem blong pada Mobil transmisi manual. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya. bagi Anda yang ingin membeli Mobil bekas untuk dijadikan kendaraan pribadi ataupun keluarga, bisa mengunjungi Cintamobil.com.

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.