Apa Boleh Mobil Matic Menggunakan Oli Transmisi Manual?

04/05/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Transmisi Mobil merupakan salah satu pendukung dalam sebuah kendaraan. Seperti saat ini banyak sekali yang menyenangi Mobil dengan transmisi matic dibandingkan manual.

Transmisi Mobil merupakan salah satu pendukung dalam sebuah kendaraan. Seperti saat ini banyak sekali yang menyenangi Mobil dengan transmisi matic dibandingkan manual. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyamanan yang ditawarkan serta kemudahan dalam pengoperasiannya. Dalam tiap komponen tersebut menggunakan pelumas untuk melancarkan kinerjanya. Lantas apakah boleh Mobil matic menggunakan oli transmisi manual?

Oli transmisi Mobil berfungsi untuk melumasi tiap bagian komponen dari transmisi agar dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. Harga oli untuk transmisi Mobil matic lebih mahal dan juga kapasitasnya lebih banyak dibandingkan untuk yang menggunakan transmisi manual. Kadang terpikir oleh pemilik Mobil, jika mengisi olinya dengan yang lebih murah milik Mobil manual apakah bisa?

Mobil matic dan manual memiliki oli transmisi sendiri-sendiri

Keterangan dari Shofwatuzzaki yang merupakan Technical Manager B2C Shell Lubricants menjelaskan. Bahwasanya oli transmisi yang digunakan pada Mobil matic mempunyai kekentalan yang lebih encer dan berguna untuk menggerakkan torque cionverter.

“Oli transmisi otomatic harus menggerakan torque converter sehingga poros transmisi bisa bergerak. Jadi dibutuhkan oli yang viskositasnya encer,” papar pria yang akrab dipanggil Zaki.

Pihaknya juga menambahkan bahwa kekentalan oli transmisi Mobil manual lebih kental daripada transmisi otomatic.

“Kebanyakan oli transmisi manual lebih kental bila dibandingkan oli khusus transmisi otomatic. Jadi bila transmisi otomatic diisi dengan oli transmisi manual, kinerjanya akan lebih berat” tambahnya.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Perbedaan Smart Entry Key dan Immobilizer Pada Mobil

Bahkan pihaknya juga menambahkan, apabila melakukannya maka bisa menjadikan performa Mobil menjadi menurun. yang lebih parah adalah timbulnya kerusakan yang tentunya harus mengeluarkan biaya guna melakukan perbaikan.

“Kalau kinerjanya berat, otomatis performanya menurun dan bila dibiarkan dalam jangka panjang dipastikan akan menimbulkan kerusakan,” tutupnya.

Oli transmisi manual memiliki kekentalan yang lebih dibandingkan oli transmisi Mobil matic

Pada umumnya oli Mobil matic menggunakan jenis CVTF, ATF, T-IV dan WS. Namun untuk Mobil dengan keluaran tahun 2000 ke atas biasanya menggunakan tipe Dextron VI. Akan tetapi untuk keamanan Anda bisa menggunakan yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Lihatlah pada buku panduan Mobil yang telah tertulis lengkap jenis oli apa yang cocok dengan Mobil kesayangan Anda supaya performa tetap terjaga dan awet.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Dalam melakukan pergantian oli transmisi untuk Mobil matic terdapat 2 istilah, yakni ganti oli transmisi dan kuras. Lantas apa sih sebenarnya yang membedakan antara kedua istilah tersebut.

Dalam ganti oli transmisi, hal yang dilakukan oleh pihak bengkel adalah membuka baut yang ada di bagian karter gearbos. Dengan begitu oli yang dikeluarkan hanya yang berada di dalam karter gearbos. Pada umumnya untuk daya tampung yang dimiliki pada komponen tersebut hanya sekitar 3 sampai 4 liter saja.

 Istilah dalam mengganti oli yang kedua adalah kuras. Dalam tahapan ini berarti pihak bengkel akan melakukan pengurasan seluruh oli transmisi yang berada di dalam mesin Mobil. dalam prosesnya terdapat 2 pilihan yang biasanya ditawarkan pihak bengkel, dengan catatan alatnya lengkap. Pilihan tersebut meliputi menguras dengan menggunakan alat khusus seperti ATF Charger atau menggunakan cara manual. Untuk oli yang dikeluarkan dalam pengurasan biasanya mencapai 7 sampai 10 liter.

Mobil matic membutuhkan oli lebih banyak dibandingkan Mobil transmisi manual

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Jadi, jika terdapat pertanyaan mengenai boleh tidaknya Mobil matic menggunakan oli transmisi manual jawabannya adalah tidak. Karena terlalu beresiko menyebabkan kerusakan yang fatal. Tentunya dari pihak prdusen sudah mengatur oli yang lebih tepat antara Mobil matic dan manual, supaya kondisi Mobil tetap terjaga dan selalu menemani pemilik dengan aman serta nyaman.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai boleh atau tidak Mobil matic menggunakan oli transmisi manual. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.