Ternyata Bahaya Mematikan Mesin Mobil Secara Tiba-tiba

27/02/2018| Mobilmo.com

Mesin Mobil memang membutuhkan perawatan seperti servis secara berkala dan juga melakukan pengecekan pada bagian-bagian lainnya. Meskipun begitu terdapat hal yang sering dilakukan tanpa menghiraukan akibatnya. Hal tersebut adalah mematikan mesin Mobil secara tiba-tiba, yang dimana dapat menyebabkan kerusakan pada Mobil walaupun sudah dilakukan perawatan secara rutin. Saat mematikan Mobil kondisi Ac Mobil masih menyala dan audio juga sama, hal ini dilakukan dengan alasan terburu-buru atau bisa jadi sudah kebiasaan. Dengan melakukan hal tersebut tentunya bisa menyebabkan kerusakan karena saat mesin Mobil masih terdapat pergerakan sistem pelumasan sudah berhenti. Akibatnya komponen di dalam mesin bergesekan secara kasar tanpa adanya pelumas yang melumurinya. Pada saat mesin menyala maka pelumasan dan kerja mesin seperti biasa, namun jika tiba-tiba mesin dimatikan maka kerja sistem pelumasan akan menurun secara drastis sementara mesin Mobil masih menghabiskan sisa gerakan yang terjadi. Jadi sebaiknya saat ingin mematikan mesin Mobil jangan sampai menggeber gas supaya lebih aman. Lantas bagaimana langkah yang benar untuk mematikan mesin? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Mematikan mesin mobil harus dilakukan dengan benar

  Sebelumnya perlu diketahui bahwa mesin Mobil merupakan komponen yang sangat penting. Tugasnya sendiri adalah sebagai sumber dari Mobil untuk dapat berjalan dan melakukan tugasnya. Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan menuju poros roda yang menggerakkan roda Mobil. Memang mematikan Mobil adalah hal yang terbilang sepele, namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa berakibat fatal dan untuk mengatasinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. >>> Baca juga: Cara melintasi Belokan 180 Derajat dengan Aman Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya tentang bahaya mematikan mesin Mobil secara tiba-tiba dan cara melakukannya yang benar di bawah ini. Untuk mematikan mesin yang baik dan benar memang sangat diperlukan, adapun caranya yaitu ketika akan memberhentikan Mobil sebaiknya mengurangi kecepatan Mobil. Hal ini bertujuan supaya mesin bisa menyesuaikan pergerakan dengan tepat. Apabila Mobil telah berada di tempat pemberhentian yang pas seperti lokasi parkir dan lainnya dimana Anda akan berhenti, berikanlah waktu sejenak sebelum mesin dimatikan. Waktu yang dibutuhkan tersebut digunakan untuk melakukan pengecekan pada komponen yang terdapat dalam Mobil. Jadi matikan komponen yang masih menyala seperti AC, audio dan lainnya. hal tersebut dikarenakan jika komponen masih menyala sementara kondisi mesin mati bisa menjadikan aki Mobil cepat tekor.

Mematikan mesin mobil secara tiba-tiba bisa menjadikan kerusakan

Biasanya pengendara memang tidak memperhatikan hal tersebut. Komponen yang sering terlupa adalah AC Mobil yang masih dalam keadaan menyala saat mesin dimatikan. Jika masih dalam keadaan menyala maka dapat mempengaruhi kinerja kompresor AC yang akan terhentak akibat mesin MobilĀ  mati secara mendadak. Bahkan audio Mobil juga sering terlewat karena terlalu asik mendengarkan lagu kesukaan, padahal jika itu dilakukan bisa merusak audio Mobil itu sendiri. Sehingga pada saat Mobil dihidupkan audio juga ikut menyala, sementara daya listrik yang pertama dihasilkan oleh aki tidaklah stabil. Dengan tidak mematikan mesin Mobil secara tiba-tiba bisa memperpanjang umur Mobil. Selain itu hal ini juga merupakan langkah perawatan yang perlu diterapkan. Mesin Mobil serta audio dan komponen lainnya menjadi ikut terjaga kondisinya saat menerapkan cara mematikan mesin Mobil yang benar. Jadi sebaiknya mulai saat ini yang belum mempraktekkannya sebaiknya segera untuk melaksanakan. Jangan menunda-nunda karena sudah menjadi kebiasaan, karena hal tersebut dilakukan untuk kepentingan Anda sendiri dan yang memperoleh keuntungan Mobil lebih terawat juga pemilik Mobil. >>> Klik di sini untuk melihat tips dan trik lainnya! Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan tentang bahaya mematikan mesin Mobil secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International