Tahapan Mengurus SIM Hilang Melalui Sistem Online

07/12/2020| Abdul

Pandemi Covid-19 masih ada di Indonesia, hal tersebut terbukti dengan pengumuman yang diberikan terkait jumlah orang yang terkena virus tersebut. Meskipun begitu, kemudahan ditawarkan oleh beberapa pihak salah satunya adalah dalam pengurusan dokumen resmi. Seperti dalam mengurus SIM hilang yang dapat dilakukan secara online.

Daripada penasaran, berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengurus SIM yang telah hilang dengan menggunakan sistem online dilansir dari laman resmi Daihatsu..

1. Melakukan Registrasi

Gambar ini menunjukkan situs pendaftaran SIM online

Dengan sistem online pengurusan SIM jadi lebih praktis dan mudah

>>> Baca juga, Bagaimana Jika Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil Saat Hujan?

Dengan pengurusan secara online membuat semuanya jadi lebih mudah dan praktis. Seperti dalam mengurus SIM, pihak Korlantas juga menerapkan sistem online. Sobat bisa melakukan registrasi dengan melalui situs Korlantas. Jadi para pemohon tidak perlu antri untuk melakukan pendaftaran. Registrasi yang dapat dilakukan seperti pembuatan SIM baru, perubahan data, penggantian SIM yang hilang atau rusak dan perpanjangan masa berlaku.

2. Melakukan Pengisian Data Nomor SIM

Saat seseorang kehilangan SIM maka yang perlu diperhatikan adalah data SIM sebelumnya. Jika terdapat salinannya seperti scan ataupun fotocopy tentu pengurusan lebih mudah. Tidak hanya hilang saja, hal ini juga diberlakukan pada SIM yang sudah mengalami kerusakan. Tentunya dengan pengurusan secara online membuatnya dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang terpenting adalah koneksi internet sehingga bisa melakukan registrasi dan mengisi data-data terkait kehilangan SIM. Untuk lebih mudah dan cepat dalam prosesnya bisa disiapkan bukti kehilangan atau kerusakan SIM.

3. Membayar Melalui ATM BRI

Setelah 2 hal di atas selesai dilakukan, maka dalam mengurus SIM hilang selanjutnya adalah melakukan pembayaran dengan melalui EDC atau ATM BRI. Untuk langkah ini bisa melalui ATM, M-Banking dan lainnya dengan praktis. Jika sudah melakukannya maka untuk proses bisa dilanjutkan dalam tahapan verifikasi secara offline.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan pembayaran SIM melalui ATM BRI

Pembayaran juga dapat emlalui ATM BRI

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Jadwal Pengambilan SIM Baru

Apabila proses pembayaran telah diverifikasi maka sudah dapat melakukan pemilihan jadwal mengambil SIM. Dengan pemilihan ini pemohon bisa menyesuaikan waktunya dengan aktivitas keseharian untuk mengambil yang sedang dalam kondisi free atau monom aktivitas. Untuk pengambilannya bisa melakukan pemilihan waktu, tanggal dan juga tempatnya.

5. Proses Pengambilan

Untuk tahapan terakhir adalah mengambil SIM. Dalam pengambilannya bisa melalui SIM Keliling ataupun lokasi Satpas. Pada tahapan ini perlu dilakukan secara langsung untuk melakukan verifikasi data diri dan juga mengambil foto  terbaru yang nantinya terdapat pada SIM barunya. Proses verifikasi yang dilakukan biasanya adalah pengambilan tanda tangan, sidik jari dan juga memeriksa identitas pemohon. Selain itu, apabila ada dapat membawa surat kehilangan, fotokopi SIM, fotocopy KTP dan juga KTP asli.

>>> Lihat Juga, Ingin Perpanjang SIM Di Layanan Gerai SIM Mall Jakarta, Ini Jadwalnya

Gambar ini menunjukkan SIM Keliling dengan banyak orang

Pengambilan SIM juga bisa melalui SIM keliling sekaligus foto

Dengan adanya sistem online maka mengurus SIM hilang dan lainnya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tapi ingat, jika masih dalam masa pandemi jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    06/01/2021| Abdul

    Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    Apabila membicarakan soal fitur keselamatan tentunya Sobat pasti tahu yang namanya Seat belt atau sering dikenal dengan nama sabuk pengaman. Fitur ini dapat melindungi pengendara dan penumpang supaya tidak terpental ketika terjadi kecelakaan. Untuk jenisnya ada 2 yaitu seat belt 3 titik (3-Point-Seatbelt) dan 2 titik (Two Point-Seatbelt).

  • Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Di Malam Hari Supaya Aman

    05/01/2021| Abdul

    Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Di Malam Hari Supaya Aman

    Mengemudi mobil jarak jauh di malam hari terdapat hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah demi keamanan dan keselamatan selama berkendara. Dengan begitu pengendara dan penumpang bisa sampai tujuan dengan aman dan selamat tanpa ada masalah di jalan.

  • Tahapan Mengurus SIM Hilang Melalui Sistem Online

    07/12/2020| Abdul

    Tahapan Mengurus SIM Hilang Melalui Sistem Online

    Mengurus SIM hilang dapat dilakukan secara online. Jadi kemudahan ditawarkan oleh pihak kepolisian dalam pengurusan. Apalagi di masa pandemi kali ini, yang mana masyarakat diharapkan memperhatikan protokol kesehatan dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu.

International