Selalu Ketakutan Saat Naik Mobil, Jangan-Jangan Anda Terkena Amaxophobia!

28/02/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Sifat takut sebenarnya alamiah dan sangat manusiawi, tiap orang pasti memilikinya meski dalam porsi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Namun kalau terlalu berlebihan, bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres. Seperti Anda yang selalu ketakutan saat naik mobil, jangan-jangan Anda terkena Amaxophobia.

Memiliki ketakutan terhadap sesuatu sebenarnya merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila rasa takut tersebut menjadi berlebihan tentunya akan membuat para pengidapnya merasa tidak nyaman. Misalnya saja pada penderita Amaxophobia yang selalu merasa ketakutan berlebihan ketika mengendarai kendaraan bermotor ataupun mobil.

Apa Itu Amaxophobia?

Foto ilustrasi ketakutan saat naik mobil

Ketakutan kadang muncul tanpa sebab yang jelas

Amaxophobia merupakan salah satu jenis ketakutan atau phobia yang ada di dunia. Namun, Amaxophobia ini unik dikarenakan para penderitanya akan memiliki ketakutan tersendiri ketika menaiki suatu kendaraan.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya Amaxophobia ini dalam diri seseorang yang mengidapnya. Misalnya saja, disebabkan oleh trauma dengan kejadian di masa lampau seperti kecelakaan, kehilangan keluarga, ataupun masa depannya. Namun, faktor yang paling utama yang menyebabkan timbulnya Amaxophobia adalah akibat adanya hal menyakitkan yang terjadi di masa lampau sehingga menyebabkan pengidapnya merasa trauma dan memiliki ketakutan yang berlebihan.

>>> 8 Perilaku Pengemudi Ini Bikin Gemas dan Geregetan

Gejala Yang Bisa Diperhatikan Pada Pengidap Amaxophobia Ketika Naik Mobil

Pengidap Amaxophobia ini biasanya bisa diamati dari beberapa gejala yang timbul. Selain itu, biasanya mereka mempunyai masalah pada phobia lain, misalnya seperti panik dan merasa takut akan kehilangan kontrol pada kendaraan yang bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Foto seorang penumpang mobil terlihat gelisah

Pengidap Amaxophobia bisa dilihat dari sikapnya yang selalu gelisah saat naik mobil

Kepanikan yang bisa diamati apabila seseorang mengidap Amaxophobia seperti tubuh berkeringat, badan menjadi gemetar, denyut nadi dan detak jantung meningkat, hilang kontrol, dan kehilangan pikiran rasional ketika akan berkendara dengan menggunakan mobil atau kendaraan bermotor lainnya. Umumnya, para pengidap Amaxophobia ini merasa kesulitan dalam mengatasi permasalahan tersebut sehingga menyebabkan mereka merasa frustasi dan diluapkan kedalam bentuk tangisan. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut atau panik yang berlebihan.

>>> Perhatikan tips pengemudian lainnya di sini

Mereka yang mengidap Amaxophobia biasanya akan sebisa mungkin menghindari untuk bepergian dengan menggunakan mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya. Mereka akan cenderung menggunakan kendaraan lain seperti kereta ataupun sepeda. Hal ini dikarenakan mereka akan merasa gelisah dan tidak nyaman ketika menggunakan mobil, lalu sebisa mungkin menghindarinya dikarenakan perasaan takut yang berlebihan.

Penyebab Dari Terjangkitnya Amaxophobia

Amaxophobia ini umumnya disebabkan oleh faktor traumatis yang terjadi di masa lampau seperti kecelakaan atau murni masalah psikis. Orang yang pernah mengalami atau bahkan hanya melihat kecelakaan ketika berkendara, umumnya akan lebih berpotensi untuk terjangkit Amaxophobia ini. Mereka menjadi mengasosiasikan kejadian menyeramkan tersebut kedalam keadaan aktual ketika mereka berkendara menggunakan mobil sehingga muncul lah perasaan takut yang berlebihan.

Adapun penyebab Amaxophobia lainnya yaitu misalnya dari masalah psikis. Masalah psikis ini misalnya seperti gangguan kepribadian, skizofrenia, gangguan kecemasan umum, ataupun penyakit mental lainnya dapat memicu terjangkitnya seseorang akan Amaxophobia. Ketakutan yang dirasakan para pengidapnya pun berbeda-beda.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Foto mobil menabrak sepeda motor hingga hancur

Mengalami kecelakaan menjadi salah satu penyebab Amaxophobia

Apa Yang Seharusnya Dilakukan Oleh Pengidap Amaxophobia Ketika Naik Mobil?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pengidap Amaxophobia untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan phobianya, yaitu :

  • Berpikir positif, karena akan lebih meningkatkan rasa percaya diri ketika berkendara menggunakan mobil
  • Harus berhati-hati, namun jangan sampai memiliki ketakutan yang berlebihan dan cenderung membuat diri sendiri kesusahan ketika naik mobil
  • Jangan mengendarai mobil sendirian, mintalah teman atau keluarga untuk mendampingi Anda
  • Konsultasi dengan psikiater agar mendapat solusi dan penanganan lebih lanjut.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Foto pengemudi wanita sedang tersenyum

Pecaya diri dan perpikir positif solusi mengatasi ketakutan saat naik mobil

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.