Perhatikan Hal Ini Ketika Ingin Kursus Mengemudi

03/09/2018| Abdul Kosim

Dengan mengambil kursus mengemudi tentunya akan lebih bebas dan rasa tidak enak akan hilang. Alasannya karena kita membayar untuk berlatih mengemudi. Namun sebelumnya jangan senang dulu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar kursus mengemudi di sekitar kediaman sobat.

1. Mempersiapkan biaya

Gambar ini menunjukkan selebaran daftar harga untuk kursus mengemudi Mobil

Biaya kursus bervariasi ada yang murah ada yang mahal tergantung dari pihak penyedia jasa kursus (Foto: ROYAL Kursus Mengemudi Google plus)

Persiapan biaya untuk kursus pada saat ini cukup mahal. Biaya yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa kursus juga bervariasi dan terdapat beberapa paket. Yang pasti sekarang sudah berada di atas angka 1 jutaan. Oleh sebab itu sobat harus mempersiapkan biaya yang lebih supaya dapat memilih paket yang sesuai.

Harga yang ditawarkan juga kadang ada yang lebih rendah, tergantung pihak penyedia jasa apakah sudah memiliki nama atau belum. Biasanya penyedia jasa kursus yang masih baru akan mematok harga lebih murah ataupun ada diskon yang didapat dengan pelayanan maksimal.

>>> Baca juga, Perlengkapan Dan Biaya Memoles Mobil Sendiri Tanpa Mesin

2. Memastikan benefit yang nantinya akan didapat

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang berdiri disamping Mobil warna merah di depan tempat kursus mengemudi Mobil

Biaya kursus juga dapat lebih mahal jika ada pelayanan pembuatan SIM (Foto: bangka.tribunnews)

Pada saat mendaftar kursus mengemudi biasanya akan ada beberapa penawaran atau paket yang bisa dipilih. Biasanya akan ada paket dimana siswa akan mendapatkan SIM setelah selesai kursus dan ada juga yang tidak mendapatkannya.

Dalam hal ini sebaiknya dilakukan pertimbangan dan perhitungan. Apakah biaya yang dikeluarkan saat dengan mendapatkan SIM terpaut terlalu jauh atau tidak. Perkirakan biaya jika membuat SIM sendiri di Samsat.

Apabila ternyata setelah dihitung ternyata biaya terpaut terlalu jauh atau lebih mahal di penyedia kursus maka lebih baik hanya kursus saja dan SIM buat sendiri.

>>> Baca juga, Biaya Tes Psikologi Pemohon SIM, Berapa Besarnya?

3. Menyesuaikan jam kursus dengan kegiatan Anda

Gambar ini menunjukkan lembaran yang didapat saat kursus mengemudi dengan jam kursus yang telah disepakati

Pastikan jam kursus menyetir Mobil tidak berbenturan dengan kegiatan sobat (Foto: nyonyamalas)

Pada saat melakukan kursus mengemudi kadang waktu bisa membuat pusing karena saling berbenturan. Oleh sebab itu melakukan manajemen waktu sangat diperlukan. Pilihlah jam setiap harinya yang tidak ada acara lain dan harus konsisten. Selain itu antara  hari pertama dan selanjutnya sampai terakhir jangan terpaut terlalu jauh, hal tersebut bertujuan agar pelajaran yang diberikan tidak lupa. Mengingat dalam kursus hanya beberapa pertemuan saja dan dituntut sudah harus bisa.

>>> Ingin lebih paham mobil, klik di sini untuk mencari tahu mengenai mobil terbaru hadir di Indonesia

4. Malu bertanya sesat di jalan

Gambar ini menunjukkan 2 orang di dalam Mobil di bangku depan sedang mengemudi Mobil dan yang satu mengarahkannya

Jika belum paham segera bertanya pada pengawas di samping sobat (Foto: kursusmengemudisidoarjo )

Pada saat melakukan kursus dan belajar mengemudi bukan berarti harus membawa tas, buku dan bolpoin untuk mencatat instruksi yang diberikan. Apabila ada yang terlupa lebih baik menanyakan langsung kepada pihak pengawas atau guru mengemudi sobat. Jangan takut ditolak karena sobat membayar dan pihak pengawas wajib memberikan arahan dengan baik.

Begitu juga sebelum melakukan kursus, tanyakan mengenai keamanan saat kursus berlangsung dan juga apakah ada diskon dan lain sebagainya.

Ingat! Bersedia menerima calon siswa juga berarti mengizinkan siswa untuk bertanya perihal mengemudi Mobil.

>>> Jangan abaikan daftar harga mobil terbaru dan terlengkap hanya ada di Mobilmo.com

5. Jangan absen dan juga telat

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna hitam dan terdapat pengendara di dalamnya terlihat dari samping

Saat masuk jam kursus jangan telat atau absen karena merugikan diri sendiri (Foto: peluangusaha.kontan)

Tempat kursus biasanya memperhatikan masalah ketepatan waktu. Bukan karena terlalu banyak siswa, tetapi kadang dari pihak pengajar juga mempunyai schedule waktu tersendiri. Oleh sebab itu bagi para siswa sebaiknya juga jangan sampai terlambat apalagi absen. Karena jika terjadi yang rugi juga dari calon siswa yang waktu latihan menjadi berkurang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

6. Jangan takut dengan jalan raya

Gambar ini menunjukkan jalan raya saat dalam kondisi sepi terlihat dari dalam Mobil

Ketika sudah waktunya belajar di jalan raya sebaiknya tetap tenang dan bertanya pada pengawas jika ada masalah (Foto: karimunestilo)

Pada saat kursus mengemudi ada saatnya akan dihadapkan dengan jalan raya dengan didampingi pengawas. Oleh sebab itu jangan sampai grogi ataupun takut akan sesuatu. Yakinlah bahwa sobat telah siap untuk melintasi jalanan raya karena telah dipercaya dari pihak pengajar.

Tidak dipungkiri lagi melaju di jalan raya sangat berbeda. Siswa akan langsung dihadapkan dengan semrawutnya jalan dan juga kendaraan lain yang kadang mengagetkan. Selain itu lampu lalu lintas juga harus diperhatikan. Nah dalam hal ini sobat bisa melakukannya sambil bertanya pada pengawas mengenai langkah yang tepat dalam menghadapi pengendara lain dalam segala situasi.

Oh iya Sobat, apabila sudah selesai melakukan kursus mengemudi jangan lupa segera dipraktekkan supaya lebih mahir.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International