Penggiat Keselamatan: Lampu Merah Bukan Tempat Bersantai, Jangan Biasakan Pakai Rem Tangan

21/10/2019| Fatchur Sag

Semua tahu kalau saat lampu merah kendaraan motor wajib berhenti sementara, bukan untuk parkir. Hanya saja sebagian pengendara suka berperilaku selayaknya sedang parkir, yaitu menarik rem tangan. Alasannya biar lebih nyaman karena kaki tak harus injak pedal rem terus. Haruskan demikian?

Foto mobil BMW Berhenti di lampu merah

Lampu merah, semua kendaraan wajib berhenti di belakang garis

>>> Betapa Pentingnya Fungsi Rem Tangan Pada Mobil

Sebenarnya tidak ada larangan saat berhenti di lampu merah mau injak rem kaki atau narik rem tangan, masing-masing ada plus minusnya. Tapi menurut penggiat keselamatan berkendara Sony Susmana, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) sebagaimana dikutip dari laman Suzuki Indonesia, pilihan menarik rem tangan bukan keputusan yang baik, alias sangat tidak disarankan. Dengan posisi rem tangan terangkat, pengemudi memang lebih santai dan bisa melakukan aktivitas lain seperti membuka pesan singkat, tapi justru itu yang membuat kewaspadaan berkurang.

Sony menyarankan pengemudi tetap menginjak pedal rem saat di lampu merah sebab dengan begitu fokus dan kewaspadaan akan lebih terjaga. Misalnya dari pengemudi yang biasanya nyelonong mengambil celah sempit di depan kendaraan. Manfaat lain pengguna jalan di belakang juga bakal tahu kalau pengemudi di depannya sedang melakukan pengereman.

Kalaupun ingin sedikit bersantai untuk melakukan aktivitas lain selain mengemudi, sebaiknya menepi dan berhenti, lalu selesaikan apa yang menjadi kebutuhannya. Kalau kurang nyaman posisi duduknya, atur ulang posisinya sampai ketemu yang ternyaman. Atau posisi setir yang kurang nyaman, kalau memang ada fitur tilt dan teleskopik atur naik turunnya atau maju mundurnya sesuai kebutuhan. Atau barangkali mau melihat pesan singkat yang masuk di smartphone, cek seluruhnya sampai tidak ada yang mengganjal saat mengemudi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto seorang pengemudi bersiap menonaktifkan rem tangan

Sebaiknya jangan mengaktifkan parking brake saat berhenti di lampu merah

Terkait rem tangan atau hand brake, fitur ini merupakan fitur wajib pada semua kendaraan roda empat atau lebih yang berfungsi menahan kendaraan agar tidak melaju meski pengemudi tak menginjak pedal rem. Rem tangan disebut juga rem parkir atau parking brake sebab waktu penggunaannya yang paling utama yaitu saat mobil diparkir.

Pada perkembangannya rem tangan juga jadi alat bantu saat mobil (transmisi manual) terjebak macet di tanjakan dan harus melaju dengan cara stop and go agar tak melorot. Sedangkan untuk mobil transmisi otomatis penggunaan rem tangan saat melaju ditanjakan sering tak dibutuhkan sebab umumnya mobil sudah dilengkapi fitur Hill Start Assist.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International