Mobil Listrik Aman Menerjang Banjir?

09/01/2020 | Fatchur Sag

Meski tidak disarankan untuk menerjang banjir maupun genangan air bagi mobil konvensional, banyak pengendara yang nekat dan tetap lewat. Ada yang sukses hingga di tempat seberang, tapi juga tidak sedikit yang gagal. Mobil mengalami mogok karena mesin dan komponen vital lain kemasukan air. Walhasil, pemilik menghadapi kerugian yang lebih besar untuk biaya perbaikan.

Muncul pertanyaan, bagaimana jika menggunakan mobil listrik? Apa iya lebih menakutkan karena pengendara bisa kesetrum, mengingat air adalah penghantar listrik yang baik.

Foto menunjukkan kondisi mesin mobil Suzuki Swift usai kebanjiran

Terendam banjir, siap-siap keluar banyak uang untuk perbaikan

Soal terjang menerjang banjir atau genangan air tinggi tidak disarankan, begitu pula dengan mobil listrik juga tidak disarankan untuk dipakai menembus banjir. Namun soal keamanan jika tergenang air atau berbasah-basah terkena hujan yang sangat lebat, mobil listrik tidak perlu diragukan.

Mengutip pemberitaan Express.co.uk (2/1/2010), perwakilan Jaguar menuturkan, mobil listrik didesain sedemikian rupa demi menjamin keamanan dan keselamatan pengendara. Sistem kelistrikan, terutama baterai yang menjadi sumber tenaga dibuat terisolir dari objek lain. Tempatnya disekat dengan segel atau seal untuk memastikan tidak kemasukan air meski hanya setetes. Sebelum diluncurkan pun, mobil sudah melewati tahap uji menghadapi cuaca ekstrem.

>>> 10 Mitos Yang Membuat Orang Enggan Beralih ke Mobil Listrik

Foto menunjukkan pengemudi nekat menerjang banjir dengan mobil sedannya

Meski aman, tidak disarankan mobil listrik menerjang genangan air untuk menghindari risiko buruk

"Tindakan pencegahan harus dilakukan oleh pengemudi, saat melewati genangan air di mobil apa pun," tuturnya seperti ditulis Express. "Namun, EV tidak memiliki air intake, yang berarti sistem penggerak tidak terpengaruh saat tenggelam dalam air seperti mesin konvensional," tambahnya.

Selain komponen vitalnya terlindungi dengan ketat, sistem kelistrikan juga dilengkapi auto shutdown, yaitu pemutusan otomatis saat kondisi darurat. Sistem ini bekerja berdasarkan sensor. Lalu ada Ground Fault Detection System, untuk mematikan pasokan listrik ke komponen bertegangan tinggi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Lihat gambaran cara kerjanya pada video berikut!

Ada sistem auto shut down pada sistem kelistrikan mobil listrik saat kondisi darurat

Jadi, soal keamanan mobil listrik tidak perlu diragukan kalau sekadar melewati jalanan dalam kondisi hujan deras, bahkan melewati genangan air. Namun demikian sangat tidak disarankan sebab risiko buruk menerjang genangan tak melulu faktor kendaraan. Bisa saja mobil terperosok lubang yang tidak terlihat di bawah air yang membuat tidak bisa bergerak. Atau jika memaksakan diri menerjang banjir mobil bisa terseret arus dan tidak bisa dikendalikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 02/04/2020 | Fatchur Sag

    Pemerintah Longgarkan Kredit Kendaraan Bermotor 1 Tahun, Ini Syaratnya!

    Meringankan dampak ekonomi karena virus Corona (COVID-19), Presiden Joko Widodo memberikan keringanan berupa penangguhan kredit kendaraan bermotor selama satu tahun.

  • 23/03/2020 | Abdul

    Beberapa Alasan Dilarang Merokok Saat Mengemudi Mobil

    Ada alasan dilarang merokok saat mengemudi mobil. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang melakukannya dengan alasan masing-masing. Untuk kali ini adalah sisi negatif yang disebabkan karena merokok selama mengemudikan kendaraannya.

  • 26/02/2020 | Abdul

    Belajar Mengemudi Mobil Manual, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Panik

    Mengemudi mobil sekarang bukan sesuatu yang asing. Berbeda di jaman dahulu, hanya terdapat beberapa orang saja yang bisa mengemudikan mobil, itu pun yang memiliki kendaraan saja. Mobil ada yang menggunakan transmisi manual dan otomatis, yang pasti kalau soal pengoperasian lebih mudah yang otomatis (matic). Bagi Sobat yang belajar mengemudi mobil manual jangan terlalu panik.