Mengemudi Sportcar Perlu keahlian Agar Tidak Terjadi Masalah

09/04/2020| Abdul

Dalam dunia permobilan terdapat banyak segmen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, dari mulai MPV hingga Sportcar. Bila kita membahas tentang Sportcar tentunya pikiran akan tertuju dengan sebuah mobil balap yang mempunyai tenaga buas. Oleh sebab itulah mengemudi Sportcar perlu keahlian supaya tidak terjadi masalah di jalan seperti kecelakaan.

gambar ini menunjukkan mobil supercar Toyota warna hitam

Mobil sportcar terkenal akan kecepatannya

>>> Baca Juga, Mobil Sedan BMW Seri M Terbaru Diluncurkan Secara Virtual Melalui Zoom

Berkaitan dengan hal tersebut diungkapkan oleh Sony Sumana selaku Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) seperti dilansir dari laman iNews pada 6/4/2020.

"Perlu diingat, karakteristik Sportcar adalah melaju dengan kecepatan tinggi namun stabil. Saat melaju di kecepatan 150 km/jam, pengemudi akan merasakan seperti sedang membawa mobil biasa di kecepatan 80 km/jam," kata Sony.

Pihaknya Sony memberikan tambahan, bahwasanya mengemudi Sportcar terdapat beberapa syarat yang perlu dipunyai oleh pengemudi saat melaju dalam kecepatan tinggi. Salah satunya yang menjadi poin cukup penting adalah kesiapan mental yang dimiliki. Jadi ketika pedal diinjak dengan dalam maka adrenaline pengemudi akan meningkat dan secara otomatis muncul rasa was-was. Jika sudah begitu maka bisa menyebabkan kepanikan datang. Oleh sebab itulah mental yang siap jadi salah satu hal yang cukup berperan.

Syarat selanjutnya adalah fisik dan kemampuan perlu disiapkan seperti dalam hal respons yang cepat pada saat mengontrol keseimbangan kendaraan pada kecepatan tinggi. Pihak Soni menyebutkan bahwa pengemudi harus tetap fokus dan juga berkonsentrasi  serta menjaga respons supaya tetap fokus ketika melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Selanjutnya yang menjadi syarat dalam mengemudikan mobil sport adalah mengenali fitur yang terdapat pada mobil Sportcar. Seperti pada bagian keselamatan dan juga keamanan, hal tersebut menjadi salah satu pendukung supaya kecelakaan yang berat dapat diminimalisir.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil supercar warna merah tampak depan dan samping kanan

Mengemudi mobil sportcar tidak boleh sembarangan

"Keberadaan fitur-fitur tersebut untuk mempermudah pengemudi dalam mengendalikan mobil. Kemudian kenali fitur keamanan dan keselamatannya agar risiko cidera saat terjadi kecelakaan dapat diminimalkan," ujar Soni.

Dengan mengetahui beberapa syarat mengemudi Sportcar seperti yang diungkapkan oleh Soni, maka keamanan dan keselamatan lebih meningkat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International