Belajar Menyetir Mobil Manual Itu Tidak Sulit

25/01/2018| Mobilmo.com

Mengendarai Mobil merupakan salah satu hal yang bisa dipelajari dengan mudah apabila memiliki niat. Pada dasarnya jenis Mobil cara berkendaranya hampir sama. Hanya saja untuk pengoperasiannya yang sedikit berbeda. Apabila mengemudi di jalanan tentunya membutuhkan kemampuan serta tingkat hati-hati yang tinggi, supaya rasa aman didapatkan bagi Anda sendiri, penumpang dan pengendara lain. Seperti misalnya Mobil manual, menyetir Mobil manual tidak sesulit yang dibayangkan. Berkendara dengan Mobil manual perlu mengetahui tehnik dalam memasukkan gigi transmisi, rem, gas dan juga kopling. Perpaduan yang tepat membuat rasa nyaman akan didapatkan saat menyetir Mobil manual. Berikut ini informasi tentang tips menyetir Mobil manual dengan benar.

  • Memilih tempat yang tepat untuk latihan
  • Menyetir Mobil manual bagi yang lagi belajar sebaiknya mencari tempat yang tepat. Carilah tempat yang luas seperti lapangan guna untuk menghafal posisi dan juga cara memasukkan gigi serta lainnya. Apabila sudah hafal dan terbiasa dalam menyetir selanjutnya Anda bisa beralih di jalanan umum. carilah jalanan yang agak sepi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
    1. Selalu berkonsentrasi ketika menyetir Mobil manual
    Apabila sedang belajar menyetir Mobil sebaiknya dilakukan dengan konsentrasi penuh. Jadi saat Anda memasuki Mobil dan akan mengendalikannya sebaiknya yakin dan anggap saja sudah biasa. Jika tubuh Anda gemetaran maka sebaiknya diam sejenak untuk membuat rilex badan serta menenangkan pikiran. Apabila sudah tenang barulah Anda mulai berlatih mengemudi Mobil manual.

  • Mengetahui proses menyalakan mesin Mobil
  • Pada saat akan menyalakan mesin sebaiknya memastikan terlebih dahulu posisinya sudah netral. Setelah dipastikan netral barulah Anda bisa memutar kontak guna membuat mesin menyala. Setelah menyala sekarang Anda dihadapkan dengan 3 pedal yang meliputi gas, rem dan kopling.
    1. Mengatur gas dan kopling agar seimbang
    Pada saat Anda memasukkan gigi 1 tidak jalan, hal tersebut karena gas ditekan dan kopling juga ditekan. Untuk pembelajaran, bayangkan pedal dan kopling seperti jungkat jungkit. Jadi ketika Anda melepaskan kopling sambil menekan gas secara perlahan, dengan begitu Mobil Anda juga akan mulai berjalan secara perlahan. Memang langkah ini yang perlu pembelajaran lebih serta dilakukan terus menerus agar terbiasa. Apabila gas ditekan sementara kopling masih tertekan dalam, pastinya akan muncul suara kasar. Sedangkan jika kopling dilepas terlalu cepat maka bisa terjadi dua kemungkinan yakni tersendat dan mesin Mobil mati.
    1. Melakukan perpindahan gigi secara berulang
    Dalam melakukan perpindahan gigi memang paling sulit. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan perpindahan gigi harus seimbang antara gas dan kopling supaya tidak tersendat atau mesin Mobil mati.

  • Rem tetap siaga saat gas telah stabil
  • Bagi pemula memang harus selalu siaga dalam melakukan pengereman. Saat Mobil melaju dengan cepat maka sebaiknya dilakukan pengereman supaya Mobil melambat. Jadi kaki yang berada di pedal gas langsung berpindah menuju pedal rem. Berlatihlah juga untuk melakukan pengereman, karena langkah tersebut sangat perlu untuk dilakukan supaya aman ketika menyetir Mobil manual di jalanan.