Ini City Car Guys, Jangan Digeber Kayak Mobil Sedan

06/04/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Ada yang harus diperhatikan saat Anda mengemudi, yaitu memahami jenis mobil yang Anda bawa. Kalau itu sebuah city car, Anda tidak bisa sembarangan dengan menggeber layaknya sedan atau mobil balap.

Meski memiliki fungsi yang sama sebagai sarana transportasi, ada banyak perbedaan dari berbagai jenis mobil yang beredar dan dijual di pasaran. Antara SUV, MPV, City Car, maupun sedan semuanya beda baik dari sisi dimensi, kelengkapan fitur hingga kapasitas mesin. So, dengan perbedaan-perbedaan ini cara mengemudikannya pun berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Pertama yang harus Anda pahami adalah soal dimensi

Hyundai Santro memiliki dimensi kurang dari 4 meter, sangat mumpuni ketika bermanufer di jalan-jalan sempit

Mengetahui dimensi mobil bisa memberikan manfaat dalam memperhitungkan spasi yang dibutuhkan saat bermanufer

Salah satu perbedaan berbagai jenis mobil,  City Car misalnya punya dimensi mungil sebab dirancang untuk mudah dikendarai dan bermanuver di jalanan perkotaan yang punya lalu lintas cukup ramai. Dengan dimensinya yang mungil city car juga mudah menjangkau jalanan komplek yang tidak terlalu lebar atau gang-gang sempit. Pemahaman terhadap dimensi mobil berlaku juga buat mobil-mobil jenis lain seperti sedan, MPV atau mobil besar macam truk agar mudah memperkirakan seberapa besar spasi yang dibutuhkan untuk menyalip, berbelok hingga memutar arah.

>>> Wajib Dipakai di Tanjakan, Begini Cara Menggunakan Gigi 1 Mobil Transmisi Manual

Kedua pahami luas kabin dan kapasitas bagasi

Foto kabin Hyundai Grand i10 yang hanya bisa memuat 5 penumpang dengan bagasi terbatas

Demi kenyamanan, jangan paksakan mobil memuat penumpang lebih banyak dari yang disarankan

Anda tidak boleh memaksakan diri membawa barang-barang bawaan dalam jumlah besar jika kapasitas bagasi sangat terbatas. Begitu pula Anda jangan memaksakan membawa penumpang melebihi kapasitas tempat duduk. Seperti City Car yang hanya muat maksimal 5 penumpang, jangan dipaksakan membawa enam penumpang atau lebih. Selain tidak nyaman, hal ini bisa mempengaruhi performa mobil. Shockbreaker yang amblas membuat tampilannya jadi ceper dan membuat mobil kurang responsif. Lebih-lebih jika melewati jalanan rusak, bisa berakibat buruk pada shockbreaker.

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas? Dapatkan Berbagai Listing Dari Cintamobil.com

3. Ketiga pahami kapasitas mesin.

Foto Hyundai i10 saat sedang melaju di jalan raya, tidak boleh digeber seperti mobil balap

City car punya kapasitas mesin kecil, bukan untuk digeber layaknya mobil balap

Ini yang sangat penting, dengan memahami kapasitas mesin, Anda seharusnya tidak mempersamakan cara mengemudi satu mobil dengan yang lain. City Car punya kapasitas mesin yang kecil antara 1000 cc hingga 1300 cc. Pembawaannya harus lebih santai dan kalem, Anda disarankan tidak menggeber seperti layaknya mobil sedan dengan kapasitas mesin 2.000 cc atau lebih. Jika itu dipaksakan justru performa mobil bakal menurun.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca