Ingin Membeli GPS Tracker Untuk Mobil Anda? Simak Tips Penting Berikut!

19/09/2019 | Fatchur Sag

GPS tracker atau yang biasa dikenal dengan pelacak GPS saat ini merupakan aksesoris yang banyak diminati pemilik mobil. Peralatan ini memang sangat berguna sekali dikarenakan memiliki fungsi yang mempermudah bagi pemilik mobil untuk melacak keberadaan mobil kesayangannya. Apalagi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mobil hilang, tersesat di jalanan yang sepi penghuni, dan lain-lain.

Foto sebuah bus bakal dipasang GPS Tracker

GPS Tracker mendeteksi keberadaan kendaraan

Melihat dari segi kemanfaatan yang ditawarkan tentunya peminatnya cukuplah banyak sehingga berbagai jenis GPS tracker dari berbagai merek semakin mudah ditemukan di pasaran. Baik GPS tracker buatan lokal maupun impor.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tips Memilih GPS Tracker

Nah bagi Anda pemilik mobil yang masih kebingungan saat ingin membeli GPS tracker karena saking banyaknya merek yang dijual dipasaran tidak ada salahnya jika Anda menyimak tips berikut ini.

  • Layanan purna jual atau after sales  

Pada saat Anda ingin membeli GPS tracker yang wajib Anda perhatikan adalah layanan purna jual beserta kelengkapan fitur yang ditawarkan. Percuma Anda membeli GPS tracker dengan harga mahal tapi pelayanan setelah pembelian kurang maksimal.

Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring, Ade Habibie menjelaskan pada saat membeli GPS tracker terlebih dahulu Anda harus memastikan fitur-fitur seperti apa saja yang ditawarkan.

"Tidak hanya dapat memantau atau melacak kendaraan saja, tapi sebuah GPS Tracker harus dapat memantau rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir," katanya seperti dikutip dari Liputan6, (26/8/2019).

Selain itu, pilih GPS tracker yang memiliki fitur kecepatan maksimal, suara yang cukup jelas di dalam kabin, memiliki sensor batas kecepatan, terdapat juga tombol darurat (SOS), memiliki fitur yang mampu mematikan mesin dari jarak jauh (engine cut off), dan lain sebagainya.

"Pastikan GPS Tracker mempunyai kemampuan pelacakan real time, dan keakuratan posisi kendaraan saat itu juga. Jangan sampai saat kita perlu mengejar kendaraan yang diambil maling, kita kesulitan karena tidak realtime." tambahnya.

>>> Jangan Risau Tak Ada GPS, Inilah 5 Penunjuk Jalan Lain Yang Bisa Digunakan

  • Dukungan aplikasi serta fitur-fitur yang mudah dipahami

Kedua usahakan memilih GPS Tracker yang sudah dilengkapi dengan system monitoring user friendly atau mudah dipahami penggunaanya serta memiliki dukungan aplikasi yang mudah diakses di berbagai perangkat seperti PC atau smartphone.

"Lalu histori lengkap kendaraan, mudah dibaca, dipahami, didownload dengan format yang mendukung, dapat didownload hingga di-print sehingga bisa dijadikan bukti valid atas aktifitas kendaraan," kata Habibie.

Gambaran keuntungan menggunakan GPS Tracker

Pilih GPS Tracker dengan fitur yang mudah dipahami

Selain itu Anda juga harus memilih GPS Tracker yang Server Centernya dikelola oleh perusahaan itu sendiri. "Usahakan tidak memilih GPS Tracker yang servernya menyewa pada penyedia hosting, bahkan ada juga yang numpang di hosting gratisan," jelasnya.

Alasannya, selain kuota penyimpanan yang disediakan sangat minim GPS Tracker yang servernya masih menyewa pada penyedia hosting akan menjadi lebih lambat ketika diakses. Mengapa bisa demikian? Karena data dan trafik yang masuk pada server terlalu tinggi dan secara bersamaan dengan pengguna lain. Jadi, semakin banyak pengguna kecepatan akses pun akan semakin lambat.

Terlebih lagi GPS Tracker yang server center masih numpang di hosting gratisan, pembatasan kuota penyimpanan serta tingginya data dan trafik yang masuk secara bersamaan akan menjadikan server kelebihan beban atau overload dan tidak bisa diakses sama sekali dalam kurun waktu tertentu.    

Kekurangan lainnya, dikarenakan tidak memiliki server sendiri konsumen akan dikenakan biaya untuk penyewaan hosting meskipun ada yang menawarkan secara trial, gratis untuk bulan pertama atau tahun pertama, namun untuk bulan atau tahun berikutnya konsumen akan dikenai biaya sewa hosting atau server.

Banyak perusahaan GPS Tracker yang gulung tikar dikarenakan tidak konsisten dalam segi pelayanan terhadap konsumen "Jika GPS Tracker yang Anda beli tidak ada lagi dukungan dan layanan, maka tidak akan ada fungsinya lagi. Pastikan Perusahaan GPS tersebut sudah beroperasi di Indonesia sejak lama," paparnya.

Dan yang lebih penting lagi, pilihlah GPS Tracker yang mana perusahaan yang memproduksi GPS Tracker tersebut sudah mengantongi ijin resmi dan sertifikat Postel. "Ini salah satu yang paling penting. Jangan sampai nanti IMEI pada GPS terblokir karena masuk Indonesia secara ilegal atau tidak resmi," tambahnya.

>>> Ini Dia Merk GPS Mobil Terbaik Lebih Akurat

  • Jangan Tergiur Dengan Harga Yang Murah

Foto menunjukkan GPS Tracker Super Spring

Lebih baik konsultasi untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas

Pepatah Jawa mengatakan 'ana rega ana rupa', artinya ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kualitas. Jika Anda ingin membeli GPS Tracker jangan sekali-kali tergiur dengan penawaran harga yang murah, apalagi murahan. Sebab hampir pasti kualitas produk maupun layanan after salesnya tidak bisa dijamin. "Yang terpenting pelayanan after salesnya. Seperti memiliki layanan support 24 jam dan layanan bantuan teknis yang tersedia di banyak kota," pungkas Habibie.

Solusi bagi Anda yang terlalu awam, konsultasikan kepada ahlinya dan bandingkan harga yang ditawarkan dengan merek-merek yang lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 15/10/2019 | Abdul

    Tips Hemat BBM, Ini Hal Yang Dilakukan Selain Teknik Eco Driving

    Mobil yang hemat bahan bakar biasanya akan lebih laris manis, hal tersebut dikarenakan dapat menekan biaya pengeluaran. Seperti yang diketahui, bahwa untuk membuat mobil lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar biasanya dengan mengandalkan teknik berkendara atau biasa disebut dengan Eco Driving. Namun ternyata tidak hanya itu saja, masih ada tips hemat BBM lainnya.

  • 24/09/2019 | Fatchur Sag

    PPJT Diteken, Jalan Tol Semarang-Demak 27 Km Segera Digarap

    Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk proyek Jalan Tol Semarang-Demak resmi ditandatangani antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, Senin (23/9/2019). Dengan demikian proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak bisa segera digarap.

  • 23/09/2019 | Fatchur Sag

    Ada Smart SIM, Yang Lama Perlu Ganti?

    Selain berlaku sebagai Surat Izin Mengemudi, Smart SIM menawarkan berbagai layanan digital yang sangat menarik seperti identitas diri layaknya KTP serta jadi uang elektronik yang bisa dipakai beragam keperluan. Lantas, perlukan SIM lama diganti dengan Smart SIM?