Ingin Makan Di Mobil, Ini Yang Perlu Diperhatikan

09/06/2021| Abdul

Pada saat melakukan perjalanan jauh salah satu yang dapat menghemat pengeluaran adalah dengan membawa bekal dari rumah. Namun seseorang agak bimbang karena tidak dianjurkan untuk makan di dalam mobil. Apakah benar begitu?

Jangan salah paham dahulu, makan di dalam kabin mobil boleh-boleh saja. Hanya saja terdapat beberapa hal perlu diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan. Bagi pengemudi mobil, jika sambil makan tentu mempunyai resiko bahaya. Berbeda dengan penumpang yang terbilang bebas untuk makan, hubungannya adalah kebersihan. Jika penumpang makan tidak hati-hati maka sisa atau remah makanan dapat tercecer ke lantai mobil.

Gambar ini menunjukkan pengemudi sedang memegang kemudi dan makanan

Makan sambil mengemudi berpotensi membahayakan

Meskipun begitu, berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat diperhatikan saat berniat makan di mobil.

1. Memberhentikan Kendaraan

Adapun hal yang paling penting dan mendasar saat berniat makan di dalam kendaraan adalah memberhentikan kendaraan terlebih dahulu. Parkirkan mobil di tempat yang aman tidak membahayakan bagi kendaraan yang sedang ditunggangi ataupun bagi pengendara lain. Dengan memberhentikan kendaraan maka fokus pengemudi tidak terganggu. Nah, dalam hal ini jika pengemudi tidak makan dan hanya penumpang yang makan maka aroma makanannya akan sampai ke pengemudi. Apalagi pengemudi sedang fokus terhadap jalanan, jadi lebih baik berhenti terlebih dahulu untuk makan bersama di tempat yang aman.

>>> NHTSA Sarankan Pengemudi Menepi Untuk Makan, Buat Apa?

2. Memilih Makanan

Kabin mobil adalah ruangan yang terbatas sehingga dalam memilih makanan harus tepat. Tujuannya adalah supaya ketika menyajikan bisa dilakukan dengan baik tanpa kerepotan. Alangkah baiknya menghindari makanan yang mempunyai kuah atau bisa menghasilkan sisa remah-remah. Jika memaksakan diri menyajikan makanan yang mempunyai kuah atau dapat menghasilkan remah-remah maka beresiko membuat kabin kotor apabila tidak sengaja tersenggol atau faktor lainnya.

Gambar ini menunjukkan pengemudi memegang makanan dan minuman

Terdapat tips yang aman jika  ingin makan di kabin mobil

3. Menyiapkan Plastik Khusus Untuk Sampah

Ketika memilih makan di dalam mobil maka perlu menyediakan tempat sampah. Sobat bisa memanfaatkan plastik yang dikhususkan sebagai tempat sampah. Dimana plastik ini digunakan untuk tempat sisa makanan san bungkus atau hal lainnya yang sudah tidak berguna. Ikat dengan rapat dan saat menemukan tempat sampah bisa dibuang, jangan membuang sampah sembarangan.

>>> Baca Juga, Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

4. Menggunakan Alat Makan

Supaya terhindar dari kotoran yang beresiko menempel di kabin mobil serta membuat aktivitas makan lebih mudah sebaiknya menggunakan alat makan. Dalam hal ini dapat memakai pisau, sendok, garpu untuk makan dan sedotan untuk minuman. Tidak lupa siapkan serbet atau tisu yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembersihan pada mulut dan tangan atau bisa juga dipakai membersihkan makanan yang tidak sengaja menempel di bagian interior.

Gambar ini menunjukkan beberapa macam makanan di mobil

Pilih makanan yang tepat dan berhenti di tempat yang aman saat makan di mobil

5. Melakukan Pengecekan Sisa Makanan Di Kabin Mobil

Jika aktivitas makan telah selesai dilanjutkan dengan merapikan alat makan yang digunakan. Cek juga kabin mobil apakah ada remah atau sisa makanan yang terjatuh ke lantai dan sudut-sudut di interior. Segera bersihkan jika menemukannya. Hal tersebut memang terlihat sepele, akan tetapi bila di dalam kabin terlalu lama bisa membuat bau tidak sedap muncul sehingga bisa saja terdapat serangga yang masuk karena mengincar sisa makanan tersebut. Agar terhindar dari kotoran dan sisa makanan bisa memanfaatkan karpet mobil.

Apabila proses makan di dalam mobil telah selesai, barulah perjalanan dilanjutkan. Utamakan keselamatan dan jangan memaksakan diri jika tubuh merasa capek terutama saat perjalanan jauh.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International