Ingat, Pakaian Pengaruhi Gaya Mengemudi, Perhatikan 4 Tips Berikut

21/05/2018| Fat

Situs pengemudian kendaraan, IAM RoadSmart menulis bahwa kenyamanan dan gaya mengemudi seseorang dipengaruhi juga oleh kenyamanan pakaian yang dikenakan. Head of Driving and Riding Standards IAM RoadSmart, Richard Gladman menuturkan ada empat tips berpakaian yang harus diperhatikan, baik pria maupun wanita sebelum mengemudi mobil. Poinnya adalah sebagai berikut:

1. Selalu pakai sepatu

Ini harus dilakukan untuk kenyamanan menekan pedal. Pertama selalu pakai sepatu, bukan sandal jepit. Sepatu lebih aman dipakai saat mengemudi sebab tidak berisiko ngangkut di pedal, beda halnya dengan sandal jepit. Kedua usahakan tidak memakai high heels alias sepatu hak tinggi.

Mengemudi pakai sandal jepit berpotensi bahaya tersangkut pedal

Pakailah sepatu sebelum mengemudi agar lebih aman

2. Pakai celana atau rok yang pas

Tidak terlalu longgar apalagi terlalu ketat. Pakaian terlalu ketat bisa mengganggu kenyamanan kaki dalam bergerak, seperti skinny jeans dan kain kebaya wanita. Pilih celana yang dirasa paling nyaman dipakai untuk mengemudi.

Gambar pengemudi memakai celana ketat

Celana ketat membatasi gerakan kaki saat mengemudi

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

3. Pilih jenis baju yang nyaman

Beberapa orang merasa tidak nyaman mengenakan pakaian tebal saat mengemudi. Karenanya tidak pakaian tebal tidak dianjurkan. Pakai pakaian tipis dan kecilkan AC bisa jadi salah satu solusi. 

Begitu pula dengan pakaian yang terlalu ketat bisa membatasi ruang gerak tubuh. Manuver saat mengemudi jadi kurang nyaman dilakukan dan harus memaksakan diri.

Gambar seorang cewek mengemudi mobil dengan nyaman

Pastikan pakaian yang dikenakan tidak mengganggu kenyamanan

4. Perhatikan aksesoris

Jaman dulu mengemudi cukup mengemudi saja. Asal mobil bisa jalan sampai tujuan sudah cukup. Kalaupun ada hiburan, paling-paling musik yang diputar dari kaset pita atau kepingan CD. Untuk komunikasi dengan orang lain hanya sebatas dengan orang-orang satu mobil saja. 

Seorang sopit memakai Smartwatch di tangannya

Mode getar terkadang mengalihkan fokus pengemudi ketika ada panggilan telepon masuk

>>> Waspada, Jangan Bermain Ponsel Saat Mengemudi

Sekarang beda, baik pengemudi maupun mobilnya punya aksesoris sendiri-sendiri. Sebagai contoh mobil punya touch sreen buat mengatur berbagai fitur dan sistem kendaraan. Pengemudinya punya smartwatch buat panggilan keluar masuk, ataupun smartphone dengan berbagai teknologinya.

Mode getar smartwatch saat ada panggilan masuk bisa jadi mengalihkan fokus saat mengemudi atau distraksi. Demi keamanan non aktifkan mode getar agar fokus tidak terganggu getaran saat ada panggilan masuk dari luar.

Ada yang lain, bagikan di kolom komentar!

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Berita sama topik

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

  • Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    04/08/2020| Abdul

    Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    Bumper pada mobil bukan hanya disediakan sebagai aksesoris tambahan namun juga untuk meredam atau menahan benturan. Jika diartikan, pengertian bumper adalah batang plastik atau besi yang melintang pada bagian belakang dan depan mobil yang berfungsi untuk benturan.

  • Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    12/07/2020| Abdul

    Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    Makanan penambah konsentrasi pengendara bisa dikonsumsi. Sehingga perjalanan bisa lebih fokus terhadap jalanan dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Sobat tidak perlu khawatir karena makanan yang kami infokan mudah untuk didapatkan.

International