Hati-Hati, Kurangi Kecepatan Saat Melintas di Tikungan Tajam

05/08/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Tidak seperti di jalan lurus, melintas di tikungan tajam menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara dikarenakan potensi risiko yang lebih besar. Salah satu yang wajib dilakukan bagi pengemudi yaitu mengurangi kecepatan agar mobil tetap aman di jalurnya dan terhindar dari hal buruk berupa kecelakaan.

Mengemudi tak sekadar bisa mengoperasikan kendaraan untuk maju dan mundur, tapi juga soal meminimalkan risiko sehingga pengendara bisa sampai di tempat tujuan tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Salah satu yang harus diwaspadai ketika berkendara yaitu ketika melintas di tikungan tajam. Pengemudi tidak boleh lalai, lengah atau ceroboh sebab berbagai bahaya mengintai di area ini.

Foto Bus terperosok karena pengemudi gagal mengendalikan saat melintas di tikungan

Melintas di tikungan tajam menurun memerlukan kehati-hatian ekstra

>>> Dianggap Menghabiskan Dana Negara, Ini Alasan Jalan Tol Dibuat Berkelok

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui akun Instagram resmi @kemenhub151 membagikan tips berkendara aman saat melintas di tikungan tajam.

  • Pertama; Perhatikan rambu peringatan tikungan jalan. Rambu tikungan biasa dipasang agak jauh sebelum area tikungan. Ini ditujukan agar pengedara mengetahui ke arah mana jalan menikung.
  • Kedua; Kurangi kecepatan. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat masuk di tikungan bisa membuat kendaraan tergelincir, karenanya wajib bagi pengemudi mengurangi kecepatan sejak sebelum masuk tikungan.
  • Ketiga; Tetap berada di jalurnya. Terlebih untuk untuk tikungan yang tidak terlihat karena terhalang bangunan, pepohonan atau tebing, pengemudi harus memposisikan kendaraan di jalurnya untuk menghindari tabrakan dengan kendaran dari arah berlawanan.

Foto menunjukkan rambu-rambu tikungan tajam terpampang jelas

Perhatikan rambu-rambu dan tetap waspada

>>> Belajar Mengemudi Mobil di Tikungan Sempit Agar Cepat Bisa

  • Keempat; Bunyikan klakson atau nyalakan kedipan lampu. Ini membantu pengendara dari arah berlawanan untuk lebih waspada karena ada kendaraan lain akan melintas. Sedang untuk kedipan lampu jauh berguna memberi tanda saat di malam hari.
  • Kelima; Perhatikan safety mirror atau cemin tikungan. Meski tidak setiap tikungan dilengkapi cermin berbentuk bulat cembung ini, keberadaannya sangat membantu pengemudi melihat area blindspot di arah depan untuk lebih waspada.

Foto cermin tikungan terpasang di area tikungan jalan raya

Keberadaan cermin tikungan di area tikungan sangat membantu para pengendara

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca