Hati-Hati, Ini Beberapa Penyebab Sakit Pinggang Saat Mengemudi Mobil

06/07/2021| Abdul

Sakit pinggang saat mengemudi bisa saja dialami. Tentu saja terdapat penyebab yang perlu diperhatikan oleh pengemudi. Karena jika mengalaminya tidak akan nyaman dan berkendara menjadi tidak menyenangkan. Jadi ketika mengemudi mobil terlalu lama dan tidak cukup dalam beristirahat maka sakit pinggang dapat terjadi. Selain hal tersebut, terdapat penyebab sakit pinggang saat mengemudi mobil.

Gambar ini menunjukkan 2 tangan memegang kemudi mobil

Mengemudi mobil posisikan tubuh dengan nyaman

Penyebab Sakit Pinggang Saat mengemudi Mobil

Ketika mengemudikan mobil dan muncul rasa sakit pada pinggangnya tentu tidak akan menyenangkan. Disamping itu, terdapat banyak macam alasan mengapa bisa muncul sakit pinggang pada saat menyetir kendaraan. Untuk lebih waspada dan bisa menghindarinya, berikut ini merupakan beberapa penyebab yang bisa membuat pinggang sakit ketika mengemudikan mobil.

>>> Lihat Juga, Ada Masalah Dan Mengharuskan Berhenti Di Jalan Tol? Ini Etikanya

1. Salah Dalam Mengatur Posisi Mengemudi

Mengemudi mobil tidak hanya soal duduk dan mengendalikan kemudi mobil saja. Akan tetapi posisi mengemudi juga perlu diperhatikan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti sakit pinggang. Mobil saat ini jok pengemudi telah diberikan pengaturan, meskipun ada yang lengkap dan ada yang tidak. Akan tetapi dengan pengaturan yang diberikan maka pengemudi bisa menyesuaikannya dengan postur tubuh yang dimiliki.

Selain pengaturan jok mobil, kenyamanan juga bisa didapatkan dengan karakter tempat duduk dan sandaran pada jok mobil. Jika jok empuk dan memiliki sandaran yang nyamanan maka dapat menjadi salah satu hal yang bisa mencegah terjadinya sakit pinggang. Apabila mobil yang dimiliki joknya kurang nyaman, maka bisa menambahkan bantal duduk dan bantal leher supaya tetap nyaman dan terhindar dari yang namanya sakit pinggang.

Gambar ini mneunjukkan pengemudi memegang pinggang

Atur jok dan kemudi supaya pengemudian bisa maksimal

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

2. Tidak Istirahat Saat Mengemudi Lama

Pada saat menempuh perjalanan jauh, kadang pengemudi ingin cepat sampai sehingga melupakan istirahat. Padahal banyak tempat yang bisa digunakan untuk beristirahat seperti rest area, SPBU dan lain-lain. Hal tersebut bisa menjadi penyebab sakit pinggang saat mengemudi mobil karena terlalu lama duduk dalam kendaraan.

Tidak hanya itu saja, rasa lelah juga dapat menghampiri dan beresiko menyebabkan kecelakaan. Jadi ketika berkendara dengan jarak yang cukup jauh sebaiknya melakukan pengaturan untuk waktu sejenak yang digunakan beristirahat. Tujuannya tidak hanya agar terhindar dari sakit pinggang saja, akan tetapi juga mengurangi resiko terjadi kecelakaan akibat kelelahan.

3. Tubuh Dalam Kondisi Tidak Fit

Hal terakhir dan menjadi paling umum bisa jadi penyebab pinggang sakit ketika mengemudi mobil adalah kurang fit kondisi tubuh. Dimana saat tubuh dalam kondisi kurang fit maka kelelahan akan mudah dirasakan. Oleh sebab itulah sangat penting sebelum mengemudi mobil mengetahui kondisi tubuh apakan benar-benar sehat atau sedang tidak enak badan. Ketika merasa kurang enak badan bisa mencari sopir dan lebih baik jadi penumpang atau menunda perjalanan yang dilakukan.

>>> Baca Juga, Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Saat Memakai Peta Digital Dalam Perjalanan

Gambar ini menunjukkan pengemudi tertunduk dan memegang pinggang 

Pastikan tubuh fit agar di perjalanan tidak terjadi masalah seperti sakit pinggang

3 hal yang telah disebutkan merupakan beberapa penyebab sakit pinggang saat mengemudi mobil. Jadi sebaiknya memperhatikannya dengan seksama supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Langkah pencegahan diperlukan supaya tidak mengalaminya. Mengingat sakit pinggang membuat seseorang akan merasa tidak nyaman untuk meneruskan perjalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International