Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Saat Memakai Peta Digital Dalam Perjalanan

23/06/2021| Abdul

Ketika memakai peta digital dalam perjalanan tapi malah kesasar bisa menjadi salah satu hal yang cukup menjengkelkan. Karena hal tersebut bisa berakibat terjebak kemacetan, menemui jalan buntu ataupun melalui jalanan yang terlalu sempit. Oleh sebab itulah pengendara tidak hanya mengandalkan peta digital saja, namun terdapat beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan.

1. Melakukan Penyetingan Pada Peta Digital

Gambar ini menunjukkan tele[on di tempatkan di atas dashboard

Setting peta digital dengan baik supaya bisa menunjukkan arah dengan tepat

>>> Ini Dia Merk GPS Mobil Terbaik Lebih Akurat

Untuk hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk seting peta digital yang digunakan sebagai bantuan untuk menunjukkan jalan. Pengaturan disesuaikan dengan kebutuhan seperti misalnya moda transportasi yang digunakan. Dengan begitu ketika menggunakan mobil tidak diarahkan menuju ke jalanan yang terlalu sempit yang hanya dapat dilewati sepeda motor saja. Manfaatkan fitur dan menu lain di dalam peta digital seperti pemilihan jalur apakah ingin lewat jalan tol atau tidak.

2. Mempelajari Rute Yang Ditunjukkan

Ketika telah memasukkan alamat yang ingin didatangi dengan memasukkan nama alamat, sebaiknya melihatnya terlebih dahulu dan jangan terburu-buru jalan. Tujuannya adalah untuk mempelajari rute yang ditunjukkan sehingga diketahui jalur mana yang akan dilewati serta mendapatkan gambaran terkait perjalanan yang dilakukan.

Dengan begitu maka resiko tersesat bisa dicegah. Tidak sampai disitu saja, ketika melihat rute perhatikan jalanan yang dilewati, apakah jalan raya atau jalan kecil dan berliku atau tidak. Biasanya kemacetan juga akan ditunjukkan dengan warna jalur pada peta digital. Lihat juga jalur yang menggunakan warna abu-abu, bisa saja rutenya lebih cepat nyaman dan sudah pernah melewatinya.

>>> Jangan Risau Tak Ada GPS, Inilah 5 Penunjuk Jalan Lain Yang Bisa Digunakan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang handphone tampilan GPS

Akan ada beberapa rute yang ditunjukkan dengan perbedaan waktu tempuh

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Mengikuti Peta Dengan Tetap Berhati-Hati

Pada saat dalam perjalanan dan memakai peta digital dalam perjalanan sebaiknya tetap fokus terhadap jalanan. Jangan sampai terlalu sering melihat layar ponsel karena bisa beresiko berbahaya. Sobat bisa memanfaatkan suara yang diberikan oleh peta digital karena suara biasanya beriringan dengan arah yang ditunjukkan. Hindari untuk keluar pintu tol saat sudah terlewat atau melawan arah.

4. Melihat Legenda Peta

Biasanya terdapat legenda-legenda peta yang terdapat pada peta digital. Dengan adanya hal tersebut maka membaca peta bisa lebih mudah dan bisa menjadi patokan ketika menunjukkan arah jalan. Namun tetap memperhatikan rambu lalu lintas yang sudah disediakan di jalan. Mempelajari rambu lalu lintas diperlukan dan tidak 100% percaya pada peta digital. Hal tersebut dikarenakan untuk Indonesia peta digital masih perlu dilakukan peningkatan.

5. Bertanya Jalan Yang Tepat Kepada Warga Setempat

Apabila selama perjalanan dan mengikuti rute yang ditunjukkan pada peta digital namun masih ragu. Alangkah baiknya menanyakan tempat yang dituju dengan menanyakannya langsung kepada warga setempat. Untuk contohnya adalah saat mobil diarahkan ke jalan sempit, pematang sawah ataupun hutan. Dengan bertanya maka resiko terjadi hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.

>>> Baca Juga, Ingin Membeli GPS Tracker Untuk Mobil Anda? Simak Tips Penting Berikut!

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang bertanya pada pengendara sepeda motor

Bertanya kepada warga setempat akan lebih jelas arah jalur yang sedang dilewati

Demikianlah informasi mengenai beberapa tips memakai peta digital dalam perjalanan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International