Dari Penelitian, Berkendara Dengan Hewan Peliharaan Bisa Kurangi Stress Pengemudi

12/05/2020 | Abdul

Berkendara dengan hewan peliharaan kadang dilakukan oleh sebagian orang. Namun tahukah Sobat, bahwa terdapat efek positif yang bisa didapatkan. Hal tersebut senada dengan penelitian dari SEAT, yang mana jika melakukan hal tersebut dapat mengurangi stress selama berkendara dan mengemudi jadi lebih berhati-hati.

Gambar ini menunjukkan pengemudi wanita dengan anjing di pangkuannya

Mengemudi dengan hewan peliharaan bisa mengurangi stress

>>> Baca Juga, Tips Mengajak Hewan Peliharaan Berkendara Supaya Aman Dan Nyaman

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari Motor1 pada 11/5/2020. Yang mana berdasarkan riset yang dilakukan oleh perusahaan Spanyol menyebutkan, bahwasanya setengah pengemudi yang mempunyai anjing  (54%) mengungkapkan bahwa mereka bisa lebih waspada ketika mengemudi mobil bersama hewan peliharaannya. Hal tersebut terutama pada pengendara muda yang masih berumur 18-24 tahun dengan persentase 69%.

Ditambah lagi, untuk pengemudi di North East dan London mempunyai perilaku yang mungkin berbeda dengan peliharaan mereka selama di dalam mobil. Untuk masing-masing persentasenya adalah 70% dan 60% menyebutkan bahwa berkendara dengan hewan peliharaan bisa membuatnya lebih berhati-hati.

Terdapat manfaat yang bisa didapatkan oleh pengemudi saat membawa hewan peliharaannya yaitu tingkat stress jadi berkurang. Yang mana 35% yang disurvei oleh SEAT memberikan pengakuan bahwa saat hewan di dalam mobil akan merasa lebih tenang.

Disamping hal tersebut, ternyata banyak pemilik anjing yang kurang mengetahui mengenai aturan berkendara dengan terdapat anjing di dalam mobil. Bahkan lebih dari sepertiga yang disurvei menyebutkan bahwa mereka tidak yakin bahwa terdapat aturan mengenai hal tersebut. Sementara 90% menyebutkan bahwa tidak tahu menahu mengenai hukuman 9 poin maksimum adalah 5.000 pounds atau setara 6.200 dolar AS untuk pengemudi yang memasangkan pengaman ketika berkendara dengan hewan peliharaan.

Kemudian untuk seperlima pengemudi yang mempunyai anjing mengakui bahwa selama di dalam mobil pihaknya tidak menahan anjing. Dengan begitu, mungkin saja terdapat jutaan orang yang melanggar hukum di luiar sana.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seekor anjing berada di dalam mobil

Saat bawa hewan peliharaan di dalam mobil perlu memperhatikan keamanannya

"Semua orang tahu masyarakat Inggris sangat menyukai anjing-anjingnya. Namun, penelitian ini menegaskan memiliki sahabat mereka di dalam mobil dapat berkontribusi dalam berkendara lebih aman sembari memiliki manfaat kesehatan mental yang positif dengan mengurangi tingkat stres," kata Nigel Griggs selaku kepala aftersales SEAT Inggris.

Dari pihak Nigel Griggs menambahkan, bahwa para pengemudi perlu menjaga anjingnya supaya aman saat diajak bepergian. Ditambah lagi, ketika berkendara dengan hewan peliharaan. Pengemudi juga perlu untuk menemukan aksesoris yang aman dan nyaman untuk hewan peliharaan supaya dapat terkendali di dalam mobil. Hal tersebut sama pentingnya dengan pengemudi yang menggunakan sabuk pengaman selama perjalanan dengan mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 14/05/2020 | Abdul

    Perbedaan Spoiler Dan Wing Pada Mobil

    Aksesoris pada mobil yang ditempatkan pada bagian belakang adalah spoiler dan wing. Yang mana di pasaran banyak beredar dengan berbagai jenis dan model, baik itu produk aftermarket ataupun bawaan pabrik. Lantas apa perbedaan spoiler dan wing?

  • 09/04/2020 | Abdul

    Mengemudi Sportcar Perlu keahlian Agar Tidak Terjadi Masalah

    Sportcar menjadi salah satu mobil yang cukup cepat dengan akselerasi yang sangat mumpuni. Sehingga tidak sembarangan orang bisa mengemudi Sportcar. Beberapa mobil Sportcar di Indonesia adalah Mazda6, Nissan GT-R dan juga Toyota Supra.

  • 02/04/2020 | Fatchur Sag

    Pemerintah Longgarkan Kredit Kendaraan Bermotor 1 Tahun, Ini Syaratnya!

    Meringankan dampak ekonomi karena virus Corona (COVID-19), Presiden Joko Widodo memberikan keringanan berupa penangguhan kredit kendaraan bermotor selama satu tahun.