Banyak Macam Tipe Rest Area, Ini Perbedaan Rest Area A Dan B Pada Jalan Tol Trans Jawa

17/12/2019| Abdul

Jalan tol menjadi salah satu jalur cepat menuju ke tempat yang dituju. Hal tersebut dikarenakan jalannya yang luas dengan kondisi yang mulus dan tidak ada sepeda motor berlalu lalang. Untuk panjang jalan Tol Trans Jawa adalah 740 km dan bisa membuat perjalanan lebih cepat dari 24 jam perjalanan menjadi 8 sampai 10 jam saja. Tapi jangan lupa untuk mampir rest area, namun sebelumnya ketahui perbedaan rest area A dan B pada jalan Tol Trans Jawa.

Gambar ini menunjukkan rest area tampak dari atas

Rest area menjadi tempat istirahat nyaman setelah menempuh perjalanan

>>>  Baca Juga, Jangan Lupa Mampir Di Rest Area Tol Boyolali, Ini Fasilitas yang Ada!

Meskipun begitu, pengendara tidak boleh terlena. Tetap utamakanlah keselamatan dan mematuhi rambu-rambu yang telah disediakan dan terpasang di sepanjang jalan Tol Trans Jawa. Patuhi juga batas maksimal kecepatan kendaraan, hal tersebut tentu demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan bersama.

Dengan kondisi jalan tersebut kadang bisa membuat seseorang terlena sehingga ingin memacu kendaraan sampai batas maksimal. Usahakan untuk melaju di bawah 100 km, apalagi gejala terkena microsleep bisa terjadi dan datang tanpa diketahui kapan dan dimana. Jika sudah merasa lelah maka sebaiknya beristirahat di rest area untuk memulihkan kondisi tubuh.

Pengelola jalan tol memberikan fasilitas untuk mendukung pengemudi agar tetap terasa nyaman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, salah satunya rest area. Hanya saja tidak semua rest area mempunyai fasilitas yang lengkap, karena dibagi menjadi 3 tipe yakni rest area A,B dan C. Kalau di Trans Jawa ada 2 tipe yakni A dan B, lantas apa perbedaan rest area A dan B pada jalan Tol Trans Jawa?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan rest area 391 A dengan beberapa mobil sedang terparkir

Rest area tipe A mempunyai fasilitas paling lengkap

>>> Baca Juga, Lelah Mengemudi? Jangan Asal Berhenti Di Bahu Jalan, Ini Resikonya

Rest Area A

Untuk rest area A memiliki luas yang lebih dibandingkan dengan tipe lainnya. Bahkan dari segi fitur juga lebih lengkap seperti bengkel, resto, kios, ATM, pengisian e-Toll, toilet, klinik kesehatan, minimarket, masjid/musholla, SPBU, ruang terbuka hijau, parkir luas dan lainnya.

Rest Area B

Selanjutnya untuk rest area B ukurannya lebih kecil dibandingkan tipe A. Untuk fasilitas yang disediakan meliputi isi ulang e-Toll, ATM, resto, kios, tempat parkir, toilet, musholla dan minimarket.

Rest Area C

Yang paling kecil adalah rest area tipe C, yang mana untuk fasilitas tergolong standar seperti  mushola, toilet, tempat parkir dan juga kios atau warung makan. Bahkan dalam bangunannya dibuat semi permanen dan tidak selengkap rest area tipe A.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Perbedaan Rest Area Di Jalan Tol Trans Jawa Berdasarkan Jalur

Gambar ini menunjukkan rest area 429 B di jalan tol Trans Jawa

Terdapat beberapa tipe rest area dengan fasilitas masing-masing

Sementara untuk perbedaan rest area berdasarkan jalur terbagi menjadi 2 tipe terutama di Tol Trans Jawa meliputi tipe A dan B. Untuk rest area tipe A lokasinya berada di jalur yang meninggalkan Jakarta menuju ke arah timur. Sedangkan untuk rest area B adalah jalur yang menuju ke Jakarta atau jalur menuju ke arah barat.

Itulah informasi mengenai perbedaan rest area A dan B pada jalan Tol Trans Jawa. Semoga dengan adanya informasi mengenai rest area tersebut bisa bermanfaat bagi pengendara mobil yang kerap melaju  di jalan tol terutama Tol Trans Jawa.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?

International