Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

18/09/2020 | Abdul

Mobil memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis. Nah pada pembahasan kali ini adalah tentang mobil matik. Jadi saat berada di lampu lalu lintas menyala merah maka pengemudi wajib memberhentikan kendaraannya. Untuk biasanya pada mobil transmisi otomatis disarankan menempatkan tuas persneling pada posisi netral. Jika begitu, kalau menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah bagaimana?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memagang tuas transmisi mobil matic

Mobil matik menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya

>>> Baca Juga, Hendak Overtaking? Manfaatkan Tombol O/D OFF Di Transmisi Matik Anda

Jadi ada yang berpendapat bahwa hal tersebut bisa membuat sistem transmisinya mengalami kerusakan. Sebelumnya, mobil matic menjadi kendaraan yang cukup digemari karena kemudahan yang ditawarkan. Jadi pengoperasian pedal hanya gas dan rem saja tinggal disesuaikan dengan kondisi lalu lintas dan jalan.

Berkaitan dengan menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah dari pihak Aji Prima Barus Nurcahya selaku Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebutkan, bahwasanya anggapan seperti yang telah disebutkan kurang benar. Pihak AJi menuturkan bahwa untuk sistem transmisi otomatis dapat menyesuaikan sesuai kondisi, seperti dengan melakukan pengurangan pada transfer daya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan lampu lalu lintas berwarna merah

Di lampu merah akan terdapat kendaraan lain di sekitar jadi utamakan safety

>>> Mengapa posisi tuas transmisi mobil pick up modern ada di dasbor? Ini alasannya

"Jadi ketika menahan tuas di posisi D, tidak serta merta membuat kerusakan pada sistem transmisi," bilang Aji pada saat berada dalam diskusi bertema 'Tips & Trik Penggunaan Transmisi AT' yang digelar secara virtual pada15/9/2020.

Pihak Aji juga menambahkan, turbin runner nya tidak akan berputar dengan kencang pada saat putaran mesin berkurang dan terdapat sistem yang bisa membuat transmisi mobil tetap aman. Hal tersebut dikarenakan terus berjalannya pelumasan yang terjadi pada sistem transmisi.

Jadi meskipun menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah tidak akan membuat transmisi mengalami kerusakan. Namun dari pihak Aji juga memberikan saran untuk menempatkannya ke posisi N sambil pedal rem diinjak kepada pengemudi mobil matik saat berada di lampu merah.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan banyak sepeda motor dan 2 mobil di lampu merah

Gunakan tuas transmisi posisi netral saat di lampu merah pada mobil matik

"Untuk safety, ketika berhenti tuas transmisi harus di posisi netral. Dan tidak disarankan menggeser ke posisi P, karena itu bakal melewati gigi R dan mobil bisa mundur," jelas Aji.

Jadi untuk keamanan lebih baik menempatkannya di posisi netral. Dengan membiasakan diri untuk berkendara dengan baik dan benar membuat perjalanan lebih nyaman dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 09/09/2021 | Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • 11/08/2021 | Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • 06/08/2021 | Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?