Hendak Overtaking? Manfaatkan Tombol O/D OFF Di Transmisi Matik Anda

21/11/2019| Arfian Alamsyah

Video mengenai cara kerja O/D OFF

Tidak semua mobil di Indonesia mengadopsi transmisi otomatis dengan teknologi tinggi. Masih banyak mobil baru yang dijual di Indonesia mengandalkan transmisi otomatis konvensional. Bagi mobil yang masih menganut transmisi otomatis konvensional dan tidak ada pilihan D-3 apalagi sport mode, Anda dapat memanfaatkan tombol O/D OFF untuk overtaking.

>>> Yuk biasakan bantu pengereman dengan engine brake via paddle shift

Gambar menunjukkan tuas transmisi otomatis Suzuki Ertiga

Transmisi otomatis konvensional masih menyediakan tombol overdrive off atau O/D OFF

Cara penggunaan O/D OFF alias overdrive off pun mudah, Anda tinggal menekan tombol saja pada tuas transmisi matik mobil Anda. Seperti yang kami lakukan pada All New Suzuki Ertiga GX kami. Ketika tombol ditekan maka biasanya ada lampu infikator pada spidometer yang menyala menandakan O/D OFF alias fungsi overdrive pada transmisi otomatis sedang aktif.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar menunjukkan spidometer Suzuki All New Ertiga GX

Di spidometer biasanya akan menyala lampu 'O/D OFF' untuk menandakan overdrive off sedang aktif

Cara kerja overdrive off atau O/D OFF di transmisi otomatis ini sederhana. Ketika tombol di tekan maka ECU pada transmisi akan memerintahkan servo untuk tidak menaikkan posisi gigi ke gear paling tinggi. Dengan demikian, maka tenaga dan torsi tetap tersedia optimal. Sayangnya, karena O/D OFF ini menaikkan putaran mesin, maka konsumsi BBM menjadi sedikit terkorbankan.

>>> Mengapa posisi tuas transmisi mobil pick up modern ada di dasbor? Ini alasannya

Gambar menunjukkan tuas transmisi di Suzuki Ertiga

Tinggal tekan saja tombol overdrive yang ada untuk mengaktifkannya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International