Ada Fitur Mode Berkendara di Mobil Anda? Pelajari Fungsi dan Waktu Yang Tepat Menggunakannya

03/11/2018 Mahmudi Restyanto Pengemudian mobil

Mode berkendara saat ini tidak hanya ada di mobil mewah atau sportscar. Mobil jenis MPV pun sudah disematkan mode berkendara seperti Sport atau Eco. Tapi apa fungsinya dan kapan waktu yang tepat menggunakannya?

Mobil modern zaman now sudah dilengkapi berbagai fitur canggih, salah satunya adalah mode berkendara. Meski dahulu fitur ini hanya dijumpai pada mobil-mobil mewah dan sportscar, namun kini sudah banyak mobil umum seperti Toyota Kijang Innova bahkan Nissan Serena yang memiliki fitur mode berkendara. Meskipun secara sistem atau cara kerjanya berbeda dengan merek premium.

>>> Dapatkan teknologi tercanggih mobil hanya ada di Mobilmo

Umumnya ada tiga mode berkendara yang umum ditemukan saat ini. Ada mode Eco, Sport dan tentunya mode normal. Ketiga mode ini mempunyai perbedaan baik dari sisi fungsi dan juga waktu penggunaan. Berikut tips menggunakan mode berkendara yang tepat dan informasi singkat fitur mode berkendara.

Mode Normal

Berbagai pilihan mode berkendara

Ada banyak pilihan mode berkendara, namun mode normal untuk aktivitas sehari-hari

Saat Anda sedang mengendarai mobil dan tidak mengaktifkan mode lain seperti Eco atau Sport maka mobil dalam kondisi normal. Beberapa pabrikan ada juga yang mengatakan mode normal adalah mode comfort. Saat mengendarai dalam mode ini seperti mobil pada umumnya dan cocok untuk aktivitas sehari-hari. Boleh dikatakan mode ini bekerja fleksibel karena bergantung pada gaya mengemudi Anda. Mesin bisa menjadi hemat bahan bakar atau melaju kencang tergantung dari injakan pedal gas dan gaya mengemudi.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Mode Eco

Mode Eco membuat mobil lebih hemat bahan bakar

Ketika Anda jauh dari SPBU dan ingin menghemat bahan bakar, aktifkan mode Eco

a Anda ingin menghemat bahan bakar karena sisa di tangki yang sudah sedikit, maka aktifkan mode Eco. Ketika aktif, mode Eco akan terasa dengan perpindahan gigi di transmisi yang lebih cepat saat mesin berada di putaran bawah. Sehingga kinerja mesin terjaga di putaran rendah dan membuat konsumsi bahan bakar lebih sedikit. Apabila mobil Anda adalah merek premium seperti BMW dan Mercedes-Benz, biasanya mode ini juga membuat suspensi lebih empuk. Salah satu indikasi mode Eco aktif bisa terlihat pada instrumen apnel ada lampu hijau atau tulisan Eco yang menyala.

>>> 6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil

Mode Sport

Mode berkendara sport bisa dipakai saat di jalan tol

Mode sport membuat mesin bekerja lebih responsif dan mengeluarkan tenaga maksimumnya

Kontras dengan mode Eco, mode sport mempunyai fungsi yang fokus pada kecepatan dan tenaga. Perbedaan paling terasa adalah pedal gas yang lebih responsif ketika diinjak. Selain itu perpindahan gigi akan berada di rpm tinggi agar mobil mendapat tenaga maksimalnya. Bahkan beberapa pabrikan seperti BMW atau Mercedes-Benz membuat suspensi terasa lebih keras. Mode ini cocok untuk digunakan saat berada di jalan tol dengan kondisi jalanan kosong. Tetapi sebagai pengemudi yang bertanggung jawab, tetap patuhi peraturan lalu lintas seperti batas kecepatan maksimal.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca